3 Ide Modifikasi Yamaha R15 yang Wajib Anda Tiru!

Modifikasi Yamaha R15 – Yamaha R15 hadir untuk memanjakan para penikmat big bike. Di Indonesia, Yamaha R15 memiliki pamor yang cukup bagus karena ditunjang dengan performa yang mumpuni.

Meski begitu, beberapa dari pengguna motorsport berkapasitas mesin 150cc ini ingin tampil beda dengan melakukan beberapa ubahan alias modifikasi. Bila Anda tertarik untuk melakukan perubahan, berikut 3 ide modifikasi Yamaha R15 yang bisa dijadikan referensi.

 

1. Rombak Yamaha R15 Menjadi R1M

Terlihat elegan dengan menjadikan R1M kiblat modifikasi

Saat melakukan modifikasi, beberapa akan melakukan perombakan yang cukup signifikasi agar hasilnya lebih totalitas. Namun, biaya yang harus dikeluarkan biasanya cukup mahal. Apabila motor yang akan dimodifikasi merupakan motor baru, maka garansi yang Anda dapat akan hangus.

Kalau mau modifikasi murah, coba intip salah satu kisah modifikator asal Bandung yang berhasil mengubah tampilan Yamaha R15 menjadi motor sport super gahar seperti Yamaha YZF R1M. Sesuai proses modifikasi yang telah dilakukan, Anda tak perlu mengubah sasis (kerangka mesin) asli. Komponen ala R1M hanya dipasang secara plug and play.

Jadi langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah membeli 1 set komponen duplikat dari R1M mulai dari fairing bawah, depan, hugger samping, sampai buritan. Selain itu, nantinya Anda juga perlu mengganti spatbor kolong dengan ukuran yang lebih besar sehingga mampu menampung ban dengan ukuran 180.

Selanjutnya, silakan lepas semua perangkat asli R15 mulai dari cover tangki, tebeng, buritan, dan spatbor belakang. Setelah itu, Anda bisa pasang komponen baru.

 

2. Menggabungkan Yamaha R15 dengan Yamaha RX100

ide-modifikasi-yamaha-r15-yang-wajib-anda-tiru
Tampil klasik dengan gaya Yamaha RX100

Ide modifikasi Yamaha R15 selanjutnya adalah dengan menggabungkannya dengan model Yamaha RX100. Hasilnya, tentu saja unik sekaligus klasik. Yamaha RX100 pertama muncul pada tahun 1985 dan sempat menjadi primadona sebelum akhirnya proses produksi dihentikan pada tahun 1996.

Modifikasi ini berawal dari unggahan gambar yang dibuat Autologue Design. Perincian tentang penggabungan Yamaha R15 dan RX100 pun dijelaskan. Secara fisik, bagian lampu, tangki, dan dudukan dibuat mirip seperti RX100. Joknya pun tampak keren dengan model cafe racer.

Sementara itu, bagian suspensi depan tampil lebih modern dengan tipe upside down sedangkan suspensi belakang menggunakan model monoshock. Pemasangan pelat motor dilakukan dekat ban belakang yang disertai mudguard.

Soal kombinasi warna, modifikasi dari Autologue Design didominasi oleh warna hitam mulai dari stang, jok, knalpot, hingga pelek dan jerujinya. Meski pemilihan warnanya cukup simpel, namun hal ini justru membuat tampilan modifikasi Yamaha R15 tampak gahar dan elegan.

Daftar Harga Motor Sport 150cc di Indonesia

Produk Kelebihan Harga
Yamaha R15 Performa Mesin Mantap Cek Promo di Sini!
Suzuki GSX-R150 Fitur Keyless dan Harga Terjangkau Cek Promo di Sini!
Honda CBR150R Desain Keren Cek Promo di Sini!

 

3. Sulap Yamaha R15 Jadi BMW HP4 Race

ide-modifikasi-yamaha-r15-yang-wajib-anda-tiru
Begaya layaknya motor balap sungguhan tiru dari BMW

Terakhir, Anda bisa membuat Yamaha R15 tampil keren seperti BMW HP4 Race. Saat ini, pemasaran BMW HP4 Race memang belum sampai ke Indonesia. Namun, motor asal Jerman ini sempat dipamerkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 dan akhirnya laku terjual setelah 7 hari setelah pameran. Harga BMW HP4 Race yang mencapai milirian rupiah menjadi alasan mengapa seri motor BMW satu ini tidak dipasarkan di tanah air.

Secara penampilan, BMW HP4 Race dibuat eksklusif mengingat hanya ada 750 unit saja di dunia. Superbike ini didominasi oleh warna putih, merah, dan biru. Bagian fairing-nya dibuat unik menyerupai insang ikan hiu.

Dengan segala daya tariknya, sebuah bengkel bernama LeeAT Motor yang berlokasi di Vietnam berhasil memodifikasi Yamaha R15 menjadi superbike keren ala BMW HP4 Race. Hasilnya pun cukup detail dan presisi. Menariknya, biaya yang dikeluarkan saat itu juga tak begitu besar daripada harus membeli unit BMW yang asli, yakni sekitar 19 juta.

Jadi, seperti apa hasil modifikasinya? Bagian depan dibuat mirip dengan BWM dengan menghilangkan headlamp. Suspensi depan menggunakan model upside down keluaran Ohlins, sedangkan suspensi belakang ditopang oleh monoshock swing-arm dari Ohlins. Untuk knalpot, Anda bisa menggunakan jenis Akrapovic. Supaya tampilannya lebih maksimal, kombinasi warna pun dibuat mirip dengan BMW HP4 Race. 

Itulah 3 referensi modifikasi Yamaha R15 yang bisa Anda lakukan. Selain ide-ide di atas, Anda juga bisa berkreasi sesuai dengan bujet yang ada. Satu lagi, sekalipun Anda melakukan modifikasi, jangan lupa untuk tetap memperhatikan kenyamanan dan keamanan berkendara. Selamat berkreasi!

 Baca juga:

Share this!

REKOMENDASI PRODUK

Yamaha YZF-R15
Yamaha Yamaha YZF-R15
Lihat Produk

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *