Ini Dua Mobil yang Akan Digunakan Paus Fransiskus Selama di Jakarta

Paus Fransiskus akan melakukan kunjungan apostolik ke Indonesia pada 3-6 September 2024. Ini dua mobil yang akan digunakan Paus Fransiskus selama di Jakarta yang dijamin siap menarik perhatian publik.

Pertama, ia memilih menggunakan Toyota Innova, kendaraan yang umum digunakan oleh masyarakat Indonesia. Uskup Agung Jakarta, Ignatius Kardinal Suharyo, mengatakan pada media. “Beliau memilih mobil yang banyak digunakan oleh masyarakat, di sini Toyota Innova,” ujarnya pada 2 September 2024.

Paus Fransiskus menggunakan Innova Zenix putih (foto : Antara)

Menurutnya Toyota Innova dipilih Paus Fransiskus sebagai simbol kesederhanaan dan kedekatan dengan masyarakat.

Kendaraan ini dikenal tangguh dan sering digunakan sebagai mobil keluarga di Indonesia. Pilihan Paus Fransiskus untuk menggunakan Innova mencerminkan sikap rendah hatinya dan keinginannya untuk lebih dekat dengan umat.

Spesifikasi Popemobile Buatan Pindad

Popemobile ini akan digunakan saat Paus Fransiskus memimpin misa di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

Selain Toyota Innova, Paus Fransiskus juga akan menggunakan Popemobile yang dibuat khusus oleh Pindad. Popemobile ini berbasis pada Pindad Maung MV3 Tangguh, sebuah kendaraan yang dirancang untuk keperluan militer dan sekarang dimodifikasi untuk keperluan kepausan.

Kendaraan ini dilengkapi dengan atap terbuka dan penutup khusus di bagian depan, memberikan perlindungan sekaligus memungkinkan Paus menyapa umat.

Popemobile ini akan digunakan saat Paus Fransiskus memimpin misa di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Ketua Panitia kunjungan, Ignasius Jonan, menyatakan bahwa Popemobile akan membantu Paus berinteraksi dengan umat yang hadir di acara tersebut.

Kendaraan ini juga dilengkapi dengan pelat nomor khusus “SCV 1,” yang berarti “Status Civitatis Vaticanae” atau Negara Kota Vatikan.

Fisker Ocean adalah SUV listrik dengan desain ramah lingkungan dan interior yang terbuat dari bahan daur ulang.

Selain dua mobil tersebut, Paus Fransiskus juga pernah mendapat tawaran dari Fisker Automotive, perusahaan otomotif Amerika Serikat, untuk menggunakan mobil listrik terbaru mereka, Fisker Ocean. Mobil ini adalah SUV listrik dengan desain ramah lingkungan dan interior yang terbuat dari bahan daur ulang.

Henrik Fisker, pendiri Fisker Automotive, menyebutkan bahwa Fisker Ocean akan menjadi simbol baru komitmen terhadap perlindungan lingkungan.

Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia adalah bagian dari perjalanan apostoliknya di Asia dan Pasifik, setelah sempat tertunda akibat pandemi Covid-19. Setelah dari Indonesia, Paus dijadwalkan melanjutkan kunjungan ke negara tetangga seperti Papua Nugini dan Singapura.

Demikian ulasan Dua Mobil yang Akan Digunakan Paus Fransiskus Selama di Jakarta. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related posts

2 Varian dan Harga Neta X Akan Rilis Minggu Depan, Lebih Murah Dari Pre-book di GIIAS 2024?

Motor Listrik Polytron Fox-500 Meluncur di 49 Tahun Kiprah Polytron

Harga BMW i5 Touring 2025 Tembus Rp 2,2 Miliar Off The Road di Indonesia