Isuzu ELF EV Resmi Meluncur, Truk Listrik untuk Indonesia?

Isuzu ELF baru

Isuzu ELF EV resmi meluncur untuk market Jepang. Walau hadir dalam versi elektrik, tapi Isuzu tetap menyediakan ELF dengan mesin konvensional yang ramah lingkungan, khususnya untuk model N Series dan F Series.

Dikutip dari laman Isuzu Jepang, pabrikan yang lebih banyak memproduksi kendaraan komersial ini meluncurkan model baru N Series (light-duty trucks) dan F series (medium-duty trucks). Adapun kedua truk ini dihadirkan oleh Isuzu untuk menjawab kebutuhan kendaraan komersil yang menghasilkan emisi gas buang yang ringan, menciptakan kebiasaan pengemudi yang lebih baik dan mencegah kecelakaan di jalan.

Selain itu, Isuzu juga menjawab tantangan kritis dalam industri logistik tanpa mengorbankan kenyamanan kepada seluruh konsumen di dunia dengan menghadirkan kendaraan komersial masa depan. Menariknya, ELF baru juga menawarkan platform I-MACS*8 yang memungkinkan konsumen bisa memilih sumber tenaga kendaraan, konvensional atau EV.

Isuzu ELF N Series hadir dengan enam pembaharuan yang ditawarkan. Mulai dari desain, kelengkapan, efektifitas, keselamatan, dan konektivitas. N Series juga hadir dalam model EV atau ELF EV yang merupakan kendaraan komersial berbasis BEV (Battery Electric Vehicle) pertama yang diproduksi dan akan dipasarkan secara massal. Ada 3 pilihan paket baterai yang di tawarkan, yaitu:

  • Standard cab: 2 pack (40 kWh)
  • High cab: 3 pack (60 kWh)
  • Wide cab: 5 kWh (100 kWh)

Sementara itu, untuk F Series mengalami pembaharuan dari sisi eksterior dan interior yang akan mendukung kenyamanan dan keselamatan pengemudi selama berkendara. Oh ya, untuk F Series rencananya akan diluncurkan pada musim panas tahun 2023.

Keunggulan Isuzu ELF N Series

Fitur lebih lengkap dengan ADAS

Desain Eksterior & Interior Lebih Segar

Desain eksterior dan interior yang diusung dari truk Isuzu ELF N Series diperbaharui dengan konsep “Pleasure to Carry”. Dimana konsep tersebut menggbaungkan antara ketangguhan dan fungsionalitas untuk mendukung kenyamanan dan keselamatan pengemudi.

Selanjutnya, untuk bagian interior menyuguhkan kualitas material yang kuat serta fitur yang mendukung untuk perjalanan jarak jauh. Kemudian untuk jok, doortrim dan dashboard diberikan warna hitam yang lebih netral untuk semua selera pengemudi.

Kabin Interior Lebih Luas & Nyaman

Untuk mendukung kenyaman bekendara, ruang kabin Isuzu ELF baru  juga diperluas mulai dari sisi atas kepala (head room), depan dan samping pengemudi. Selain itu, handle untuk membuka pintu juga hadir lebih besar dengan aksen grip untuk memudahkan akses keluar masuk kabin. Selain itu, diameter setir juga dirubah serta pada bagian jok disematkan armrest.

Oh ya, panel cluster juga hadir dengan desain baru berukuran 7 inch yang dapat menampilkan informasi kendaraan serta fitur lain.

Mesin Lebih Ramah Lingkungan

Isuzu ELF N Series hadir dengan teknologi yang bisa menekan emisi CO2 dari pembakaran mesin internal dan penghematan bahan bakar dengan sistem transmisi yang baru.

Yaitu transmisi dual-clutch (DCT) 9-percepatan bernama Isuzu Smooth Intelligent Transmission (ISIM) adalah transmisi manual otomatis (AMT) yang dipadukan dengan mesin 4JZ1. Adapun perpaduan mesin dan sistem transmisi itu diklaim mampu menekan emisi CO2 sebanyak 15 persen.

Transmisi ISIM tersebut diklaim mampu menjaga RPM tetap rendah untuk efisiensi BBM dan mengurangi kebisingan. Selain itu, struktur kopling ganda juga memberikan perubahan perpindahan gigi yang lebih cepat untuk mengurangi kehilangan torsi dan guncangan saat perpindahan gigi.

Fitur Keselamatan Lengkap

Isuzu ELF EV dan varian lainnya hadir dengan fitur keselamatan ADAS yang lengkap. Hal ini tentunya untuk mendukung keselamatan pengemudi selama di jalan. Berikut fiturnya:

  • Pre-collision Braking System
  • Full Speed Range Adaptive Cruise Control
  • Lane Keep Assist
  • Driver Status Monitor
  • Emergency Driving Stop System & Driver Emergency Assist System
  • Adaptive Driving Beam
  • Traffic Sign Recognition Assist
  • Intelligent Speed Limiter
  • Front Blind Spot Monitor

Moladiners, itulah ulasan mengenai Isuzu ELF EV yang hadir untuk pertama kali di dunia. Setelah Jepang, apakah Indonesia akan kebagian unit? Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related posts

PHEVS 2024: Pakai OMODA E5 Semakin Aman, 17 Dealer Chery Bisa Tangani EV

PEVS 2024: Pabrik BYD Indonesia Siap Dibangun di Subang, Luas Lahan 108 Hektar!

PEVS 2024: Harga Resmi Wuling Cloud EV, Lebih Murah Dari BYD Dolphin!