Mobil Cina Siap Gempur GIIAS 2023: Neta Hingga Great Wall!

Berbagai mobil Cina siap gempur GIIAS 2023. Menariknya merek yang benar-benar baru di Indonesia juga akan ikut berpameran, seperti Neta, Ora, Tank, hingga Haval.

Informasi tersebut kami dapatkan langsung dari Ketua III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GIIAS 2023, Rizwan Alamsjah dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (24/5/2023). Menurut dia, merek-merek baru dari Cina kemungkinan belum akan jual mobil.

“Ini pertama kali mereka ikut pameran (GIIAS), kami juga tidak tahu mereka mau langsung jualan atau tidak. Kalau kami rasa mereka akan pamerkan produknya, karena melihat pasar otomotif Indonesia yang semakin bagus,” beber Rizwan.

Untuk booth pamerannya, Neta akan berada di Hall 8 yang berseberangan dengan Daihatsu di ICE BSD City. Walau belum pernah jualan mobil di Indonesia, tapi Neta sendiri merupakan merek mobil Cina yang cukup menggemparkan Tanah Air. Penyebabnya adalah tersebar gambar reka digital produknya yaitu Neta U yang di-rebadge dengan merek lokal, Esemka.

Kemudian Ora, Tank, dan Haval bakal memiliki booth bareng di Hall 3, bersebelahan dengan Citroen. Wajar kalau mereka gabung di satu booth yang sama, karena ketiganya berada di bawah naungan Great Wall Motor (GWM).

Neta V Siap Masuk Indonesia?

Sosok mobil listrik Neta V yang sudah dijual di Thailand dan Malaysia

Sejauh ini yang kami tahu cuma mobil Cina siap gempur GIIAS 2023. Bagaimana dengan produk yang akan dipamerkan?

Belum ada informasi resmi soal itu. Walau demikian, kita tetap bisa memprediksinya. Apalagi baik Neta, Ora, Haval, dan Tank sudah lebih dulu hadir di Thailand selaku negara tetangga dari Indonesia. Maka produk yang bakal ditampilkan di Tanah Air, kemungkinan akan sama dengan yang sudah diluncurkan di Negeri Gajah Putih.

Kalau melihat di Thailand, Neta sendiri sudah menjual mobil listriknya yaitu Neta V. Ini adalah crossover canggih kapasitas baterai 40,7 kWh yang bisa melaju dengan jarak tempuh hingga 384 Km.

Soal harga Neta V di Thailand juga sangat terjangkau yaitu 549.000 Baht atau setara Rp 236 juta. Menarik bukan?

Presiden Direktur Sevent Events selaku penyelenggara GIIAS 2023, Romi mengatakan bahwa merek mobil baru asal Cina yang ikut pameran pada tahun ini punya rencana untuk menjual mobil di Indonesia. Hanya saja untuk saat ini, mereka masih dalam tahap mencari partner di Tanah Air.

“Kami berhubungan langsung dari Cina, mereka ingin perkenalan dulu dan saat ini sedang penjajakan dengan distributor di Indonesia,” beber Romi saat konferensi pers.

Apa Saja Mobil Great Wall Motor yang Tampil di GIIAS 2023?

GWM Tank 500, mobil Cina saingan Land Cruiser (sumber: Bangkok Post)

Mobil Cina siap gempur GIIAS 2023, salah satunya dari group Great Wall Motor (GWM). Lalu kira-kira produk seperti apa yang bakal mereka tampilkan?

Jika melihat Bangkok Motor Show 2023 yang berlangsung Maret lalu, maka GWM siap menghadirkan mobil-mobil istimewa. Dari merek Tank misalnya ada Tank 500 yang punya desain mirip Toyota Land Cruiser.

SUV Cina tersebut punya tiga baris bangku di interiornya. Soal mesin, Tank 500 pakai 2.000 cc turbo hybrid. Istimewa bukan?

Kemudian mobil Cina siap gempur GIIAS 2023 dari merek Haval, kemungkinan ada Haval Jolion HEV dan Haval H6. Keduanya adalah SUV dengan teknologi elektrifikasi dari Cina. Di mana untuk Haval Jolion pakai mesin hybrid. Sementara Haval H6 tersedia dalam opsi hybrid dan plug-in hybrid (PHEV).

Terakhir dari GWM ada merek Cina, Ora. Di Thailand produknya yaitu mobil listrik, Ora Good Cat yang punya desain mirip Porche. Kemungkinan inilah yang juga bakal hadir di GIIAS 2023. Keistimewaannya ada di kapasitas baterai besar hingga 64,1 kWh, sehingga mampu membuat mobil melaju dengan jarak tempuh 500 Km.

Sementara untuk harga Ora Good Cat di Negeri Gajah Putih mencapai 959.000 Baht atau setara Rp 414 juta. Masih terjangkau bukan?

Merek Mobil yang Hadir di GIIAS 2023

Total ada 26 merek mobil yang siap tampil di GIIAS 2023

GIIAS 2023 akan menghadirkan puluhan merek otomotif kelas dunia. Khusus untuk Agen Pemegang Merek (APM) mobil atau kendaraan roda empat ada 26 merek: Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Mazda, Mercedez-Bens, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Subaru, Suzuki, Tank, Toyota, VW, dan Wuling.

“Masih ada satu lagi brand yang benar-benar baru (akan tampil di GIIAS 2023), namun kepastiannya masih 80 persen dan belum bisa dipublish saat ini,” kata Romi.

Kemudian dari merek kendaraan komersial, ada Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, dan UD Trucks. Tiga merek Karoseri juga hadir pada GIIAS 2023, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem.

Sementara dari sepeda motor ada empat belas APM yang ikut serta di GIIAS 2023: Astra Honda Motor, Aprilia, Benelli, Exotic, Harley Davidson, Ion Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Segway, Vespa. Tidak ketinggalan, lebih dari 100 merek peserta dari industri pendukung juga telah memastikan siap berpartisipasi dalam penyelenggaraan GIIAS 2023 The Series.

“Antusiasme peserta sangat luar biasa, GIIAS tahun ini diikuti lebih banyak merek, dengan area lebih besar. Bocoran sedikit, infonya banyak launching mobil baru yang akan dihadirkan pada GIIAS tahun ini. Ada merek baru yang sudah bergabung, dan masih ada beberapa merek yang dalam proses kepesertaan, melihat perkembangannya kami optimis pameran tahun ini akan menjadi GIIAS dengan jumlah merek terbanyak.” ungkap Rizwan.

Itulah tadi bahasan soal mobil Cina siap gempur GIIAS 2023. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related posts

Spesifikasi Ducati Monster Senna Terbatas Cuma 341 Unit

Geber Pesta Trade-In Hyundai Sekarang di Seluruh Indonesia

Ratusan Toyota bZ4X Dukung Event World Water Forum 2024