Tips Berkendara Aman di Bulan Ramadhan

Bulan puasa tinggal beberapa hari, selain menahan lapar dan dahaga, aktivitas harian tentu tidak boleh kendor dan ibadah harus ditingkatkan lagi. Aktivitas yang tadinya biasa-biasa saja menjadi luar biasa melelahkan ketika bulan puasa, karena kita dituntut tetap beraktivitas dengan asupan energi yang sedikit di siang hari. Aktivitas seperti riding pun jadi lebih melelahkan selama puasa. Baik itu berkendara ketika berangkat maupun pulang kerja, atau yang sehari-harinya memang berprofesi sebagai ojek online.

[product product=”KTM Duke 390 New” images=”https://cdn.moladin.com/motor/ktm/KTM_Duke_390_New_9968_59441_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/ktm/ktm-ktm-duke-390-2017-naked-4-stroke-engine-water-cooled-390cc?utm_source=ktm_duke_390_new&utm_medium=blog_tips-berkendara-aman-bulan-ramadhan_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dktm_duke_390_new” price=”Rp. 3.182.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Namun, puasa di bulan suci ini janganlah dijadikan alasan, kamu harus tetap meningkatkan kewaspadaan saat berkendara sambil menjalankan ibadah puasa. Jinny mau bagi-bagi nih tips berkendara aman bulan ramadhan ini, agar kamu tidak mudah celaka meski dengan kondisi badan yang tidak sama di hari-hari biasanya. Cek yuk tipsnya!

 

Manajemen Waktu Berkendara

Cobalah berangkat atau melakukan perjalanan sekitar 15-30 menit lebih awal agar terhindar macet. Berangkat lebih awal tentu saja ada keuntungan lain. Misalnya, jika kalian setiap hari berangkat pukul 7 pagi, lalu membiasakan berangkat 30 menit lebih awal, risiko terkena sengatan sinar matahari tidak terlalu panas dan terkena macet pun bisa diminimalisir.

Ada dua opsi jika hendak pulang kerja dari kantor pada saat bulan puasa. Opsi pertama, kalian bisa pulang lebih awal agar terhindar macet dan bisa berbuka puasa bersama keluarga di rumah. Biasnaya, perusahaan menerapkan aturan khusus pulang lebih awal selama bulan Ramadhan. Opsi kedua, pulang setelah jam berbuka puasa, kemungkinan besar traffic di jalanan akan lebih lengang dengan jalanan yang sedikit lebih sepi. Risiko akan terjadinya kecelakaan pun lebih minim.

Gunakan Pakaian yang Membuat Tubuh Tidak Cepat Dehidrasi

Pakailah jaket yang memiliki sirkulasi udara yang lancar alias breathable, supaya tubuh tidak cepat mengeluarkan keringat. Semakin banyak keringat yang keluar, maka kalian akan lebih cepat mengalami dehidrasi. Jaket kulit yang tidak mempunyai banyak ventilasi sebaiknya dihindari, apalagi ketika cuaca sedang panas, sebab hal ini  cenderung membuat badan mudah terasa gerah. Ketika riding juga sebisa mungkin bagian belakang leher ini tertutup sehingga tidak terpapar panas dari sinar matahari.

Apabila tetap saja kepanasan, opsi pertama, cobalah berhenti menepi sejenak dan berteduh sampai suhu badan kembali normal. Kemudian ada opsi kedua, kalian bisa mencari masjid atau musholah terdekat kemudian mengambil air wudhu dan melakukan ibadah sunnah. Jangan paksakan tubuh kalian menerjang teriknya matahari, tubuh yang terlalu banyak mengeluarkan keringat akan lebih cepat dehidrasi dan kemudian kehilangan fokus di jalan raya. Jika kalian belum memiliki safety gear yang aman untuk berkendara, kalian bisa lihat referensi apparel dari Moladin.

[product product=”Kawasaki Ninja 250 FI” images=”https://cdn.moladin.com/motor/kawasaki/Kawasaki_Ninja_250_FI_2100_67389_large.jpg” url=”https://moladin.com/motor/kawasaki/kawasaki-ninja-250-fi-sports-4-langkah-2-silinder-segaris-dohc-250cc?utm_source=Kawasaki_Ninja_250_FI&utm_medium=blog_tips-berkendara-aman-bulan-ramadhan_button_biru&utm_campaign=utm_name%3DKawasaki_Ninja_250_FI” price=”Rp. 1.750.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Cek Kondisi Motor Kamu

Hal yang jangan sampai terlewat agar tetap aman berkendara selama menjalankan ibadah puasa adalah cek kondisi kendaraan bermotor kamu agar selalu dalam kondisi prima. Pastikan motor, part motor, dan bagian penting lainnya dalam kondisi yang baik.

Jika kamu belum punya motor yang layak untuk berkendara sehari-hari, kamu bisa kredit motor baru di Moladin. Diskon DP hingga 50% selama bulan Ramadhan.

Perhatikan Etika Agar Aman Berkendara

Menjaga etika saat berkendara merupakan hal yang sangat penting, terutama ketika terjebak kemacetan. Hal ini dapat membantu kalian untuk menghemat sisa-sisa energi selama diperjalanan. Etika aman berkendara juga dapat menjauhkan diri dari nafsu ugal-ugalan di jalan yang mana dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Etika berkendara di jalanan yang baik contohnya, tidak mencoba memaksa menyalip kendaraan besar di sata jalan sedang ramai. Tidak menerobos lampu merah, dan sebagainya.

Jangan Terburu-buru

Tips berkendara aman bulan ramadhan yang terakhir, saat jam pulang kantor dan mendekati waktu berbuka, banyak pengendara terburu-buru untuk sampai rumah. Tantangan di jalan pun semakin beragam. Mulai dari ramainya pedagang di pinggir jalan sehingga timbul kemacetan, sampai dengan konsentrasi pengendara lain yang juga berkurang karena puasa dan fokus pad awaktu berbuka.

Sudah sepatutnya, sebagai pengendara yang baik harus lebih berhati-hati dan sebisa mungkin tidak membahayakan orang lain. Atur kecepatan motor sesuai kondisi jalan pada saat pulang bekerja. Bila bertemu kemacetan berkendaralah perlahan, buat posisi riding paling nyaman namun aman. Sabar adalah kuncinya agar kalian dapat berkendara dengan rileks.

Nah, sekian tips berkendara aman bulan ramadhan dari Jinny. Kalian bisa jadikan referensi agar bisa tetap aman dan nyaman saat berkendara sekaligus beribadah. Selalu perhatikan perlengkapan standar agar aman berkendara baik untuk keseharian ataupun touring, seperti helm, masker, sepatu, celana dan jaket. Selalu taati peraturan lalu lintas dan jadilah pelopor keselamatan berlalu lintas.

[product product=”Honda CBR 150R All New” images=”https://cdn.moladin.com/motor/honda/Honda_CBR_150R_All_New_2095_88459_large.jpg” url=https://moladin.com/motor/honda/honda-cbr-150r-all-new-sports-4-langkah-dohc-4-katup-150cc?utm_source=honda_cbr_150r_all_new&utm_medium=blog_tips-berkendara-aman-bulan-ramadhan_button_biru&utm_campaign=utm_name%3Dhonda_cbr_150r_all_new” price=”Rp. 1.546.000,-*” description=”*Angsuran mulai dari” button=”AJUKAN SEKARANG”]

Bagikan tips berkendara aman bulan ramadhan ini ke orang-orang sekitar kamu agar tetap aman dan nyaman berkendara di bulan puasa.

Ingat Motor, Ingat Moladin!

Related posts

Riding Cantik Keliling Jakarta, Ini 5 Tips Berkendara Motor Aman Bagi Wanita

6 Langkah Merawat Sepeda Motor Setelah Berkendara Jarak Jauh

6 Tips Aman Mudik Lebaran Pakai Motor