Uji Coba Kendaraan Otonom Pertama di BSD

Uji coba kendaraan otonom pertama di lakukan di Tangerang BSD. Peresmian dilakukan oleh Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi.

Dalam keterangan resmi Kemenhub dikutip 23 Mei 2022 dikatakan hal ini untuk memaksimalkan teknologi digital. Di mana banyak diterapkan untuk mengakselerasi elemen kota pintar yang meliputi aspek keamanan, efisiensi waktu, kesehatan, kualitas lingkungan, hubungan sosial dan partisipasi masyarakat.

Penerapan teknologi digital ini diupayakan oleh berbagai pihak termasuk sektor swasta untuk meningkatkan kualitas hidup sehingga ke depannya dapat meningkatkan ekonomi dan sosial masyarakat, sejalan dengan visi dan misi G20 yang perhelatannya akan berlangsung akhir tahun ini di Indonesia.

Salah satu agenda negara-negara maju dalam mewujudkan kota pintar berenergi hijau adalah pengoperasian autonomous electric vehicles (AEV) atau mobil listrik tanpa awak. Seperti yang dilakukan Sinar Mas Land yang mentransformasi BSD City sebagai integrated smart digital city pun menghadirkan inovasi ini dengan Mitsubishi Corporation.

Kendaraan listrik otonom ini berasal dari Prancis dengan merek dagang Navya varian Arma akan beroperasi di dua titik lokasi yakni Q Big BSD City dan Kawasan BSD Green Office Park.

Peresmian uji coba kendaraan otonom tersebut dilakukan oleh Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan Republik Indonesia) bersama dengan Bambang Susantono (Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara), Dhony Rahajoe (Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara), Muhamad Yusuf (Asisten Perekonomian Setda Provinsi Banten), A. Zaki Iskandar (Bupati Tangerang), Masami Tamura (Charges d’Affairs Ad-Interim Kedutaan Besar Jepang), Takuji Konzo (Kepala Perwakilan Mitsubishi Corporation Jakarta Office), dan Michael Widjaja (Group CEO Sinar Mas Land) di Q Big BSD pada 20 Mei lalu.

Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi mengapresiasi upaya Sinar Mas Land dalam mengembangkan transportasi masa depan dalam kota pintar yang berkesinambungan di Tanah Air.

“Semoga teknologi inipun bisa kita tunjukan saat G20 Summit sehingga mata dunia tau bahwa Indonesia punya visi masa depan dan membuat terobosan. Kami terus mendukung BSD City untuk menjadi labolatorium inovasi, dapat dicontoh oleh tempat-tempat lain dan menghadirkan paradigma baru sesuai visi Presiden.”

Spesifikasi Navya Otonom

Sosok mobil Navya otonom

Navya Autonom Shuttle memiliki penggerak listrik dan battery pack berkapasitas 33 kWh yang dapat bertahan selama 9 jam. Kendaraan listrik itu berdimensi 4,7 m x 2,1 m dengan kapasitas penumpang 15 orang, dengan pembagian 11 duduk dan 4 berdiri.

Autonom Shuttle dilengkapi dengan beragam sensor mulai dari pemanfaatan GNSS (Global Navigation Satellite Systems), dan sensor LIDAR (Light Radar) yang digabungkan dengan kamera resolusi tinggi untuk big data analysis, yang kemudian akan diproses oleh komputer yang memiliki spesifikasi tinggi yang tertanam di dalam mobil.

Transportasi listrik otonom ini dapat mendeteksi, melacak dan mengklasifikasi halangan di sekitar secara real time/waktu sebenarnya untuk menentukan lintasan dan profil kecepatan yang optimal, termasuk kemampuan akselerasi, kemudi, dan pengereman secara otomatis.

Masyarakat umum dapat turut mencoba kendaraan listrik otonom ini dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran dan mengisi survei sebelum dan sesudah menikmati pengalaman berkendara, melalui aplikasi OneSmile.

Demikian ulasan terkait uji coba kendaraan otonom pertama di BSD. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related posts

Penjualan Honda Brio April 2024 Tembus 3.434 Unit

Tes Nanjak Fuso Canter FE SHDX Dengan Beban Penuh

Harga Mobil CR-V Bekas, Termurah Rp 50 Jutaan!