Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

5 Kelebihan BAIC X55-II Dibandingkan Honda HR-V

by Ivan
5 kelebihan BAIC X-55 dibandingkan Honda HR-V

Beijing Automotive Group Co., Ltd. (BAIC) resmi menancapkan taring di pasar otomotif Indonesia, Selasa (14/5). Menggandeng distributor tunggal PT JIO Distribusi Indonesia (PT. JDI), keduanya secara resmi menghadirkan dua produk andalan yakni BAIC BJ-40 Plus dan BAIC X55. Ini dia 5 kelebihan BAIC X55-II dibandingkan Honda HR-V.

Kami cukup tergelitik dengan potensi dan spesifikasi BAIC X55-II yang akan terjun di kelas panas Compact SUV. Artinya mobil ini akan berhadapan langsung dengan para rival populer semisal Honda HR-V, Chery Omoda, Hyundai Creta, Toyota Yaris Cross, Mitsubishi XForce dan masih banyak lagi.

Soft launching BAIC X-55 dan BAIC BJ-40
Soft launching BAIC X55-II dan BAIC BJ-40 Plus

“Hari ini adalah hari yang sangat Istimewa! Dengan bangga kami menampilkan dua produk andalan BAIC untuk pertama kalinya di Indonesia langsung dihadapan rekan-rekan Media, selain itu juga dilakukan penandatanganan beberapa investor yang sepakat untuk segera membangun jaringan diler BAIC di beberapa wilayah di Indonesia” ujar Dhani Yahya, selaku Chief Operating Officer PT. JDI – Dhani Yahya di markas BAIC Alam Sutera.

Adapun HR-V kami jadikan pembanding mengingat mobil ini kerap menjadi raja di segmen Compact SUV. Tanpa berlama-lama, ini dia 5 kelebihan BAIC X55-II dibandingkan Honda HR-V.

1. Mesin BAIC X55-II Lebih bertenaga dibanding HR-V

Meski keluaran tenaga sama, BAIC X-55 punya torsi lebih besar dibanding HR-V
Meski keluaran tenaga sama, BAIC X-55 punya torsi lebih besar dibanding HR-V

Honda HR-V Turbo RS jelas satu momok menakutkan bagi para rivalnya untuk urusan performa. Dengan mengusung teknologi VTEC, mesin Honda HR-V Turbo RS berkapasitas 1.500 cc 4 silinder mampu merilis tenaga sebesar 175 hp pada 6.000 RPM dan torsi sebesar 240 Nm pada 4.500 RPM.

Baca juga  Honda HR-V Gen 3 Vs Hyundai Creta, Unggul Mana?

Mesin ini memang tergolong bandel dan sudah digunakan sebelumnya oleh Honda CR-V 1.5L Turbo meski memiliki keluaran tenaganya lebih besar. Selain itu transmisi CVT mobil ini juga sudah disesuaikan untuk HR-V.

HR-V rajai penjualan SUV Honda di bulan Mei 2023
Honda HR-V Turbo bermesin 1.500 cc 4 silinder merilis tenaga 175 hp

Jadi walau kubikasinya kecil, namun tenaganya tergolong berlimpah dibanding jantung mekanis 1.800 cc milik HR-V lama. Bahkan hasil pengetesan kami akselerasi Honda HR-V bisa sprint dari 0-100 Km/jam hanya dalam 8,7 detik.

Meski demikian, sang penantang BAIC X55-II datang dengan amunisi komplet terkhusus di dapur pacu. Mesin yang terpasang menggunakan unit 1.498 cc 4 silinder dengan atensi turbocharger. Mesin tersebut lahir atas kerjasama BAIC Motor dengan META Engineering dari Jerman, yang terkenal sebagai pemasok mesin dan teknologi kepada merk-merk otomotif ternama lain seperti Mercedes-Benz.

Mesin BAIC X55-II ini menyemburkan tenaga sama dengan HR-V yaitu 175 hp tapi punya torsi lebih buas mencapai 300 Nm. Kami memang belum tes langsung akselerasi BAIC X55 ini, namun dengan torsi 60 Nm lebih besar dibanding HR-V, kami rasa X55 akan jauh lebih cepat. Bahkan klaim akselerasi 0-100 km/jam mampu dikunci cuma dalam 7 detik.

2. Transmisi Lebih Halus

Tuas transmisi otomatis 7-Percepatan Double Clutch (7-Speed DCT) milik X-55 terasa smooth
Tuas transmisi otomatis 7-Percepatan Double Clutch (7-Speed DCT) milik X-55 terasa smooth

Hal menyenangkan lain ialah saat kami mencoba langsung BAIC X55-II di seputaran area Alam Sutera, potensi tenaga yang dimiliki mobil ini mampu teraplikasi secara instan begitu pedal gas di kick-down.

Baca juga  Honda HR-V 2023 Punya Warna Baru, Seri Monochrome!

Tenaga mesin yang besar mampu tersalur ke kedua roda depan dengan smooth via transmisi otomatis 7-Percepatan Double Clutch (7-Speed DCT). Tak saja saat digeber yang minim turbo leg, ketika mobil deselerasi. Transmisi ini secara optimal mampu mengatur gigi turun secara bertahap dan cepat sehingga tetap terasa halus dan nyaman.

Tak heran jika transmisi ini mampu jadi China Top-Ten Transmission. Berbeda rasanya ketika kami menggeber Honda HR-V yang transmisinya masih terasa turbo leg dan tidak sehalus penghantaran tenaga yang dilakukan transmisi X-55.

3. Ruang Kaki dan Kepala Lapang

Ruang kaki dan kepala lapang jadi salah satu 5 kelebihan BAIC X-55
Ruang kaki dan kepala lapang jadi salah satu dari 5 kelebihan BAIC X55-II

Mengambil posisi di balik kemudi, kami tidak merasakan perbedaan kentara di jok pengemudi BAIC X-55 dan HR-V. Kedua mobil mampu menyugukan posisi berkendara yang baik. Namun menjadi keunguulan BAIC X-55, kabin mobil ini terasa lebih lapang tak saja di depan tapi hingga ke baris kedua.

Jok X55-II juga terasa lebih empuk, bahkan di baris belakang masih bisa direbahkan sedikit sehingga lebih rileks. Hal yang bertolak belakang dengan kabin HR-V yang cenderung lebih sempit ruang kaki dan ruang kepalanya.

Malahan kabin BAIC X55-II ini juga sudah disuguhkan panoramic sunroof yang luas sehingga menambah kesan mewah dan hal ini tidak didapatkan di kabin Honda HR-V.

Baca juga  Peluncuran HR-V Terbaru, 23 Maret 2022?

4. Voice Command Bikin Praktis

Layout dasbor simpel namun fitur kabin bisa dioperasionalkan via voice command
Layout dasbor simpel namun fitur kabin bisa dioperasionalkan via voice command

Kami juga mengapreasi sederet fitur yang disuguhkan dari kabin BAIC X55-II. Salah satunya tentu saja voice command alias perintah suara yang tidak dimiliki Honda HR-V.

Perintah suara ini bisa digunakan untuk membuka dan menutup sunroof, mematikan bahkan mengecilkan hembusan blower AC meski dalam Bahasa Inggris. Dengan bantuan perintah suara tentu aktivitas mengemudi akan lebih konsentrasi dan tidak terdistraksi.

5. Harga Kompetitif

Busa jok empuk
Busa jok empuk

Datang belakangan membuat PT JDI dan BAIC rasanya akan mampu meracik formula harga terbaik untuk X55-II. Beberapa bocoran menyebutkan jika Compact SUV berparas modern ini akan dijual kisaran harga mulai Rp 300-500 jutaan.

Artinya harga tersebut akan beririsan langsung dengan harga Honda HR-V yang saat ini dijual mulai rentang harga Rp 383,9 juta untuk varian S (entry level) hingga Rp 540,3 juta untuk varian RS Turbo.

Namun dengan keunggulan mesin, kenyamanan kabin dan fitur berlimpah yang disuguhkannya membuat value for money BAIC X-55 akan lebih tinggi dan pas untuk ditebus bagi mereka yang menginginkan sebuah Compact SUV unggul.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika