Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Adu Skuter Listrik, Honda EM1 e: VS Yamaha NEO’S

by Tigor Sihombing
Honda EM1 e: VS Yamaha NEO'S

Kami tertarik untuk komparasi antara Honda EM1 e: VS Yamaha NEO’S mana yang lebih baik? Secara keduanya memiliki kelebihan masing-masing.

Honda EM1 e: sudah diperkenalkan pada ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun 2023 lalu.

Kabarnya, skuter listrik ini akan memulai produksi resmi di Indonesia pada awal tahun 2024 ini. Secara spek akan menantang dominasi Yamaha NEO’S yang lebih dulu meramaikan pasar Eropa dan Vietnam.

Di Indonesia sendiri Yamaha NEO’S belum akan dijual, meski akan tetap hadir di IIMS 2024 nanti.

“Yamaha Neo’s telah berhasil diperkenalkan di beberapa pasar, termasuk Vietnam dan Eropa,” ungkap Direktur Pemasaran PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Hiroshi Takeyama, beberapa waktu lalu.

“Kalau kemungkinan, antara E01 dan Neo’s, peluang penjualan hanya terbuka untuk Neo’s. Karena bagi E01, tidak ada niat untuk menjualnya di manapun di dunia. Tujuannya berbeda. E01 dihasilkan semata-mata sebagai model penelitian,” tambahnya.

Nah untuk kamu yang penasaran dengan perbandingan speknya, berikut perbedaan keduanya.

Baca juga  Bocoran Honda CRF 250 Terbaru, Lebih Ringan!

Spesifikasi Mesin dan Performa

Honda EM1 e: VS Yamaha NEO'S

Neo’s memiliki keunggulan dalam torsi yang lebih tinggi, memberikan performa yang potensial lebih baik dalam beberapa situasi.

Honda EM1 e: mengusung motor listrik  in-wheel 3 phase brushless dengan tenaga 1,7 kW, kecepatan maksimal 45 Kpj, dan torsi 90 Nm.

Sedangkan Yamaha NEO’S dilengkapi dengan dinamo generasi kedua YIPU electric motor air cooled, dengan tenaga 2,3 kW, kecepatan maksimal yang setara, dan torsi yang lebih tinggi mencapai 138,3 Nm di 40 rpm.

Artinya Yamaha NEO’S memiliki keunggulan dalam torsi yang lebih tinggi, memberikan performa yang potensial lebih baik dalam beberapa situasi.

Daya Jelajah dan Baterai

Honda EM1 e: VS Yamaha NEO'S

Yamaha NEO’S juga unggul dalam jarak tempuh, membuatnya lebih cocok untuk perjalanan jarak sedang hingga jauh.

Honda EM1 e: menggunakan baterai berkapasitas 50,26V 26,1Ah atau sekitar 1,3 kWh, dengan jarak tempuh hingga 41,1 km.

Sedangkan Yamaha NEO’S memiliki baterai dengan kapasitas 51,1V 23,2Ah, dan daya jelajah mencapai 72 km pada kondisi konstan 30 kpj dengan berat pengendara 75 kg.

Baca juga  Spesifikasi Yamaha FZ-S, Calon Pengganti Byson Seharga Rp19 Jutaan

Dari hasil ini bisa kita lihat jika Yamaha NEO’S juga unggul dalam jarak tempuh, membuatnya lebih cocok untuk perjalanan jarak sedang hingga jauh.

Dimensi dan harga

Honda EM1 e: VS Yamaha NEO'S

Harga Yamaha NEO’S di Vietam setara dengan Rp 50 jutaan. Yang dipasarkan sudah termasuk charger dan dua baterai.

Honda EM1 e: memiliki dimensi yaitu panjang 1.795. lebar 680, dan tinggi 1080 mm. Ukuran ini lebih kecil dibandingkan Yamaha NEO’S dengan panjang 1.875, lebar 695, dan tinggi1.120 mm.

Sedangkan harga, Honda EM1 e: sudah dijual, pada Desember 2023 lalu dengan harga Rp 33.000.000 untuk Honda EM1 e: dan Rp 33.500.000 untuk Honda EM1 e: PLUS. Harga tersebut sudah termasuk satu baterai, tetapi tidak dengan charger yang dibanderol sekitar Rp 5 juta hingga Rp 6 juta.

Namun konsumen bisa menggunakan sistem swab dengan biaya Rp 8 ribu untuk sekali pergantian baterai penuh.

Sedangkan harga Yamaha NEO’S di Vietam setara dengann Rp 50 jutaan. Yang dipasarkan sudah termasuk charger dan dua baterai.

Baca juga  Yamaha Gear 125 Kuat Nanjak?

Demikian ulasan terkait Honda EM1 e: VS Yamaha NEO’S. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika