Tips Berkendara Motor yang Aman untuk Wanita

Moladin – Mengendarai motor sudah menjadi kegiatan yang lumrah bagi laki-laki dan wanita sebab motor adalah kendaraan yang paling efisien untuk masa kini, terutama saat menembus kemacetan kota besar.

Nah, berikut adalah tips berkendara motor yang aman bagi wanita masa kini. Tips ini cocok buat kalian sobat Moladin yang masih lajang maupun yang sudah menikah dan sedang hamil.

Banyak orang bilang apabila hamil maka dilarang untuk mengendarai sepeda motor. Padahal pendapat itu tidak sepenuhnya tepat lho, sobat Moladin. Sah-sah saja kok untuk wanita hamil mengendarai motor, asal mematuhi beberapa rambu-rambu yang akan Moladin bagikan. Yuk, simak baik-baik tipsnya.

 

Tips Mengendarai Motor yang Aman Buat Wanita

Usahakan Tidak PakaiRok Saat BerkendaraUsahakan jangan pakai rok yang terlalu

Pergi ke kantor maupun ke kampus paling nyaman memang menggunakan motor. Supaya tetap aman, sobat perempuan Moladin yang setiap hari menggunakan motor silakan perhatikan hal-hal sebagai berikut saat mengendarai motor.

1. Hindari Memakai Rok yang Terlalu Lebar 

Memakai rok saat mengendari motor itu memang sangat nyaman, namun usahakan rok yang kalian pakai tidak terlalu lebar sehingga menghindarkan kalian dari bahaya terbelit roda motor.

Apabila kalian berkendara menggunakan motor, gunakan dalaman berupa celana untuk menghindari tersingkapnya rok. Jangan lupa menduduki bagian rok yang terlalu lebar untuk keamanan kalian sehingga tidak sampai ke area ban motor.

2. Hindari Pakai High Heels

High heels sudah jadi hal wajib buat wanita masa kini, namun bukan berarti kalian bisa menggunakannya untuk mengendarai motor. High heels rentan patah saat harus menahan beban yang berat, seperti beban kaki yang menahan motor.

Moladiners pun nantinya kesulitan mengendalikan jalannya motor saat sepatu yang dipakai patah pada bagian hak. Moladin sarankan kalian menggunakan sepatu dengan alas yang datar sehingga memudahkan pengoperasian kopling apabila kalian menggunakan motor yang bukan matic.

 

Yamaha Mio S

*DP mulai dari

 

Kalian bisa membawa dua sepatu saat bepergian dengan motor. Gunakan sepatu dengan alas datar saat mengendarai motor dan satu sepatu gaya untuk dipakai di tempat tujuan. Bagasi motor yang cukup lega muat banget kalau cuma menyimpan sepasang sepatu high heels dengan ukuran ramping.

3. Jangan Pakai Perhiasan yang Mencolok

Perempuan suka menggunakan aksesori beraneka macam. Demi kemanana kalian, ada baiknya saat menggunakan motor jangan menggunakan perhiasan yang mencolok maupun berlebihan sehingga mengundang datangnya kejahatan. Sembunyikan kalung kalian di dalam jaket dan pergunakan sarung tangan untuk menutup cincin yang kalian pakai. 

Baca juga;

 

Tips Mengendarai Motor bagi Ibu Hamil

Jangan duduk menyamping ketika berboncenganKalau buat wanita hamil jangan sampai duduk miring saat berboncengan

Usia kandungan yang paling aman untuk mengendarai motor adalah trimester ke dua, sobat Moladin. Pada trimester ke dua biasanya janin sudah dalam kondisi yang baik dan air ketuban dalam kandungan sudah cukup banyak sehingga dapat melindungi buah hati kalian dengan baik.

Hal penting lainnya adalah, pada fase kehamilan ini biasanya wanita hamil sudah tidak mengalami pusing, mual, maupun keinginan untuk muntah sehingga dapat mengganggu konsentrasi saat menyetir motor.

Walaupun wanita hamil tidak dilarang naik motor di usia kandungan ini, apabila Moladiners mengalami flek atau mengeluarkan bercak darah setelah berkendara menggunakan motor, ada baiknya kalian menghindari risiko keguguran dengan puasa mengendarai motor terlebih dahulu. 

Berikut adalah hal-hal yang wajib diperhatikan oleh ibu hamil saat berkendara menggunakan motor:

1. Pergunakanlah Helm Berstandar SNI

Helm ini selain dapat menjaga keselamatan kalian apabila terjadi benturan, juga dapat menghindarkan kalian dari terik matahari yang kerap jadi biang keladi sakit kepala yang tiba-tiba datang saat suasana panas menyerang.

2. Pergunakan Jaket WindBreaker

Hindarkan pegal-pegal karena masuk angin pada ibu hamil dengan jaket yang bisa memecah angin atau windbreaker. Jaket ini cocok digunakan saat siang hari maupun malam hari. Selain bisa menghindarkan pakaian sehari-hari dari bau asap, jaket yang baik juga bisa menghalau udara dingin saat berkendara di sore hari maupun panas saat siang hari.

3. Jangan Berkendara Terlalu Jauh

Tidak dilarang berkendara dengan motor bukan berarti sobat Moladin yang sedang hamil bisa ikutan touring ya. Kalian diperkenankan berkendara dengan motor untuk jarak yang tidak terlalu jauh, maksimal 30 menit saja dari rumah. Kalau memang jarak yang ditempuh cukup jauh, lebih baik gunakan kendaraan roda empat.

 

Honda Beat All New eSP

*Angsuran mulai dari

 

4. Hindari Jalan Rusak dan Berlubang

Terlalu banyak guncangan tidak baik bagi bayi di dalam kandungan. Oleh karena itu pelan-pelan saja berkendaranya dan hindari jalan yang berlubang dan tidak rata, serta jalan yang memiliki banyak polisi tidur.

5. Jangan Duduk Menyamping

Demi keamanan, apabila Moladiners dibonceng, jangan duduk menyamping karena beban badan malah tidak terbagi dengan sempurna. Solusi lainnya untuk meredam guncangan motor adalah menggunakan bantal yang empuk di atas jok. Kalian bahkan bisa mengganti jok sepeda dengan bahan yang lebih empuk. 

Itu dia beberapa tips mengendari motor bagi sobat perempuan Moladin. Tidak susah kan menjalankan tips ini, terutama demi keselamatan kalian. Selamat mencoba, Moladiners!

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *