oleh

Biaya Restorasi Suzuki Jimny SJ410, Semahal Apa?

Apakah mahal, biaya restorasi Suzuki Jimny SJ410? Tentu mahal atau murah, sangat relatif. Semua tergantung restorasi yang dimaksud.

Hanya saja kalau di bengkel Lot 32, setidaknya kamu bisa mmebuat estimasi terlebih dulu. Pasalnya mereka mau membeberkan kisaran harga untuk Jimny generasi kedua bisa direstorasi.

“Kalau Jimny itu biaya jasa restorasi sekitar Rp 70-150 juta, di luar sparepart,” kata Andri selaku punggawa Lot 32 dan Beberes Garasi.

Jasa yang dimaksud Andri, dalam hal ini adalah merawat kondisi mobil luar dalam. Artinya mobil bekas dalam keadaan baik dicopot satu-satu hingga ke baut. Kemudian kalau butuh plating, sandblasting, dan cat maka sudah termasuk ke dalam biaya restorasi Suzuki Jimny SJ410 yang disebutkan.

“Jadi bagian yang tidak terlihat pun kita treatment, karena kadang-kadang customer beli mobilnya juga bukan murah, dan tidak mungkin kita menyia-nyiakan invenstasi yang sudah mereka beli,” beber Andri.

Sementara untuk lama waktu pengerjaannya kisaran 3-6 bulan. Pasalnya memang semua itu membutuhkan ketelitian yang sangat baik. Alhasil nanti konsumen jadi benar-benar puas.

Baca juga  Daftar Harga Suzuki Ertiga Bekas, Mulai Rp 95 Jutaan

Walau demikian, waktu tersebut bisa dilakukan dengan catatan semua suku cadang yang dibutuhkan untuk restorasi sudah tersedia. Sering kali pemilik Jimny bekas yang datang ke Lot 32 masih belum punya komponennya secara lengkap. Jadilah timeline pengerjaan restorasi bisa mundur, karena perlu pencarian suku cadang.

Di Lot 32, Jimny Bisa Kembali Ke Fitrahnya

biaya restorasi suzuki jimny sj410 001
Ilustrasi Suzuki Jimny yang sudah direstorasi oleh Lot 32

Restorasi Suzuki Jimny SJ410 di Lot 32, sesungguhnya bisa dilakukan dengan menyeluruh. Dalam hal ini bukan cuma mengembalikan kondisinya seperti ketika beli, tapi membuat kenyamanannya bahkan lebih istimewa lagi.

Jadi menurut Andri, Jimny yang dijual di Indonesia itu merupakan produk dengan spesifikasi bawah. Misalnya suspensi keras, jok kurang empuk, lalu berbagai komponen juga sudah disunat bila dibanding Jimny di Jepang. Alhasil kenyamanan jadi terkorbankan. 

Padahal aslinya di Jepang, Jimny generasi kedua ada yang suspensinya empuk bahkan pakai per keong. Kemudian untuk interior seperti jok, busanya juga tebal dan nyaman kalau dipakai duduk.

Downgrade Jimny SJ410 di Indonesia, tidak lepas dari strategi Suzuki Indonesia yang ketika itu ingin menghadirkan Jimny dengan harga terjangkau. Bukti paling nyata dari downgrade ini adalah kehadiran Suzuki Katana sebagai varian dari Jimny. Padahal nama Katana tidaklah dikenal di dunia, karena memang cuma ada di Tanah Air. Buat kamu yang belum tahu, Katana adalah versi 4×2 dari Jimny.

Baca juga  BMW X7 2023, SUV Mewah yang Bisa Jalan Sendiri

“Jimny yang dijual di Indonesia mengalami spek down, saya cuma mengembalikan kondisi Jimny pada seutuhnya,” beber Andri.

Kalau konsumen mau, komponen-komponen Jimny dengan spesifikasi yang aslinya seperti di Jepang pun bisa disediakan oleh Lot 32. Caranya tentu dengan melakukan impor dari Negeri Sakura.

“Kebetulan 5-10 tahun ke belakang ini waktunya Jimny generasi kedua ini mengalami scrap di Jepang. Jadi sangat melimpah nih sparepartnya,” beber Andri.

Tentunya penggunaan sparepart dari Lot 32 tersebut di luar dari biaya restorasi Suzuki Jimny SJ410 yang sudah disebutkan di atas. Jadi siap-siap saja kocek tebal, kalau kamu memang ingin mengembalikan ke kondisi aslinya.

Lot 32 sesungguhnya bukan cuma bengkel restorasi untuk Jimny, tapi juga bisa mengerjakan mobil lain seperti Land Cruiser FJ40. Kemudian di sini juga bagian penjualan mobil-mobil hobi dalam kondisi bekas hingga merchandise. Jika kamu tertarik mampir, Lot 32 berlokasi di bilangan Jatiwarna, Pondok Melati, Bekasi.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Baca juga  5 Resiko Beli Mobil Bekas Rental dan Tipsnya!

Terbaru