by

Butuh Dana Tunai Tanpa Jaminan? Simak 10 kelebihan dan kekurangannya

Setiap orang pasti punya daftar kebutuhan yang berbeda. Dalam kondisi seperti ini, seseorang cenderung melakukan pinjaman agar segera mendapatkan dana yang diinginkan. Salah satu yang bisa jadi solusi terbaik adalah kredit dana tunai tanpa jaminan. Layanan ini menjadi salah satu yang banyak dicari masyarakat.

Pinjaman ini banyak dipilih, lantaran tidak memerlukan banyak persyaratan, sudah begitu prosesnya juga tidak lama. Meski begitu pinjaman dana tunai tanpa jaminan, sepertinya kurang cocok bagi Anda yang membutuhkan pinjaman dengan nilai yang besar. 

Bagi Anda yang akan mengajukan pinjaman tanpa jaminan, berikut 10 kelebihan dan kekurangan dari kredit tanpa jaminan (KTA).

 

Kelebihan Pinjaman Dana Tunai Tanpa Jaminan

butuh-dana-tunai-tanpa-jaminan?-simak-10-kelebihan-dan-kekurangannya
KTA pencairan dana cepat dan tidak ribet

Dari hari ke hari, layanan kredit uang tanpa jaminan banyak ditawarkan lantaran memiliki banyak peminat. Sebenarnya apa sih keuntungan dari pinjaman uang tanpa jaminan atau KTA ini?

  1. Mengingat layanan KTA kian menjamur, maka menemukan lembaga yang menawarkan pinjaman dana tunai tanpa jaminan bukanlah hal yang susah. Dari bank hingga perusahaan fintech pun menyediakannya.
  2. Syarat mengajukan KTA terbilang mudah dan tidak ribet. Apalagi Anda tak perlu khawatir aset berharga seperti rumah, kendaraan bermotor, dan surat penting disita sebagai jaminan.
  3. Proses pencairan dana lebih cepat karena approval dilakukan dalam hitungan jam dan pencairan dana KTA dilakukan dalam minimal 3 hari kerja. Setelah dana cair, uang akan langsung dikirim ke rekening bank Anda.
  4. Meminjam uang lewat KTA terbilang praktis karena kini kredit uang tanpa jaminan ini banyak hadir dalam bentuk digital seperti yang ditawarkan oleh Tunaiku, Aturduit, dan Cermati.com.
  5. Karena banyak layanan KTA yang hadir secara online, maka calon nasabah bebas menentukan plafon dan tenor pinjaman. Biasanya telah tersedia simulasi kredit yang akan memberikan informasi lebih detail tentang total pengembalian.
Baca juga  7 Penyebab Motor Mati Saat Digas dan Solusinya

Baca juga;

 

Kekurangan Pinjaman Dana Tunai Tanpa Jaminan

butuh-dana-tunai-tanpa-jaminan?-simak-10-kelebihan-dan-kekurangannya
KTA tidak pakai jaminan alhasil suku bunga yang ditawarkan cukup tinggi

Setiap ada kelebihan, tentunya ada kekurangan. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan bila ingin mengajukan pinjaman dana tunai tanpa jaminan.

  1. Anda pasti sudah tahu bahwa fungsi jaminan dalam kredit adalah sebagai ganti rugi apabila nasabah mengalami wanprestasi – kondisi di mana nasabah gagal melaksanakan kewajibannya untuk melunasi pinjaman. Karena KTA tidak menggunakan jaminan, alhasil suku bunga yang ditawarkan cukup tinggi bahkan dari yang awalnya bunga flat dapat berubah menjadi bunga floating.
  2. Ketika memutuskan mengambil pinjaman secara online, maka harus siap dengan risiko data pribadi Anda diakses oleh orang lain sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Apabila diakses oleh orang yang salah, maka bukan tidak mungkin data Anda akan digunakan untuk mendapatkan keuntungan sepihak dan akan merugikan Anda.
  3. Tidak cocok untuk nasabah yang membutuhkan pinjaman dalam jumlah besar. Sebagian besar KTA online menawarkan plafon pinjaman yang minim. Salah satu alasannya karena tidak ada jaminan saat transaksi.
  4. Karena plafon pinjaman yang ditawarkan minim, maka tenor yang disediakan juga terbilang singkat. Oleh karena itu, Anda harus pintar mengatur keuangan agar tidak terjadi wanprestasi.
  5. Satu lagi kekurangan apabila Anda mengajukan KTA lewat online adalah rentan akan penipuan. Oleh sebab itu, pilihlah lembaga penyedia dana pinjaman yang telah terdaftar di OJK.
Baca juga  Urus Perpanjang SIM Jadi Mudah, Asalkan Punya Ini

Demikian 10 kelebihan dan kekurangan pinjaman dana tunai tanpa jaminan yang perlu Anda tahu. Tertarik? Sebelum memulainya lebih dulu Anda tentukan lembaga penyedia dana mana yang Anda pilih. Untuk mengetahui perusahaan fintech yang telah terdaftar di OJK, silakan cek langsung ke laman resmi OJK.

Tips ke dua adalah menyiapkan syarat dan dokumen yang diperlukan. Masing-masing lembaga biasanya punya syarat yang berbeda terutama dari segi usia peminjam dan minimal penghasilan karena harus disesuaikan dengan masing-masing produk yang ditawarkan.

Akan tetapi, pada dasarnya ada beberapa syarat umum yang perlu Anda siapkan. Di antaranya yaitu KTP, slip gaji, NPWP bagi karyawan, rekening tabungan bagi wirausaha. Setelah dua tahap di atas selesai dilakukan, barulah Anda bisa mengajukan pinjaman. Tunggu beberapa waktu untuk mengetahui apakah pengajuan pinjaman disetujui atau ditolak.

Anda sedang mencari pinjaman dana tunai? Sekarang caranya mudah dan gak ribet. Cukup dengan melakukan klik link ini! Proses cepat dan pastinya mantap!

Terbaru