Minggu, September 25, 2022

7 Cara Agar Tidak Mabuk Perjalanan Saat Naik Mobil

by Tigor Sihombing
Cara Agar Tidak Mabuk Perjalanan Saat Naik Mobil

Banyak cara agar tidak mabuk perjalanan saat naik mobil, mulai dari minum obat seperti Antimo, makan permen jahe, hingga buka kaca. Hal ini penting untuk dipahami, karena mual bahkan muntah di dalam mobil sungguh membuat tidak nyaman saat berkendara.

Bahkan mabuk di dalam mobil, bisa merepotkan seisi kendaraan. Bayangkan jika kamu sedang melakukan perjalanan jauh di dalam tol, tiba-tiba kamu sebagai penumpang muntah mendadak, tidak bisa tertahankan. Atau kamu harus meminta pengemudi untuk menepi dahulu ke pinggir jalan untuk menghilangkan rasa mual di perut, yang jadinya menghambat perjalanan.

Hal ini bisa dicegah, karena mabuk perjalanan saat naik mobil biasanya terjadi disebabkan karena beberapa hal. Berdasar pengalaman pribadi, mabuk dalam perjalanan saat naik mobil bisa dibabkan, karena misalnya bermain gadget, membaca buku, mengetik di laptop. Apalagi jika kamu sedang migrain, sedang mengalami perubahan hormonal karena penggunaan pil KB, menstruasi, dan atau kehamilan hal – hal tersebut bisa menjadi pemicu terjadinya mabuk di kendaraan.

Untuk mengatasi kondisi ini, berikut cara agar tidak mabuk perjalanan saat naik mobil.

Baca juga  Cara Membuat Suspensi Mobil Empuk, Ini Tipsnya

moladin tampil baru blog banner

1. Menghirup Minyak Angin 

Cara Agar Tidak Mabuk Perjalanan Saat Naik Mobil

Minyak angin bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi rasa mual saat naik mobil

Cara agar tidak mabuk perjalanan saat naik mobil adalah dengan menghirup minyak angin. Karena minyak angin pada umumnnya dibuat dari bahan rempah-rempah mengandung menthol, minyak eukaliptus, dan methyl salisilat. Di mana kandungan-kandungan ini bisa membantu meringankan sakit kepala, perut kembung, mual, dan muntah.

Minyak angin yang dimaksud bisa merek Minyak Kayu Putih merek Caplang, hingga Freshcare. Merek apapun boleh saja.

2. Makan Permen

Cara Agar Tidak Mabuk Perjalanan Saat Naik Mobil

Aroma dan rasa dari jahe dan juga daun mint bisa menenangkan badan.

Cara agar tidak mabuk perjalanan saat naik mobil berikutnya bisa dengan mengunyah permen. Baiknya yang mengendung jahe atau mint. 

Karena kandungan peremen jahe atau mint dinilai ampuh untuk meredakan gejala mabuk perjalanan, seperti mual dan juga muntah. Selain itu aroma dan rasa dari jahe dan juga daun mint bisa menenangkan badan.

Apabila kamu seringkali mengalami kondisi mabuk perjalanan, cobalah untuk menyiapkan jahe dan atau permen mint guna mengatasi keluhan ini.

Baca juga  Masih Perlukah Memanaskan Mesin Mobil?

Selain permen makan makanan ringan bisa membantu mengisi perut yang sedang kosong dan tak memicu kondisi mual dan atau muntah.

3. Minum Air Mineral

Cara Agar Tidak Mabuk Perjalanan Saat Naik Mobil

Dengan cukup minum air mineral, maka dapat mengembalikan kondisi badan.

Cara agar tidak mabuk perjalanan saat naik mobil berikutnya adalah dengan minum air mineral. Mengkonsumsi air mineral adalah keharusan saat mual di perjalanan.

Hal ini karena badan akan berada dalam kondisi kekurangan cairan dan berakibat dehidrasi apabila muntah. Dengan cukup minum air mineral, maka dapat mengembalikan kondisi badan.

4. Paksa Tidur dan Buka Kaca

Cara Agar Tidak Mabuk Perjalanan Saat Naik Mobil

Selain itu jangan lupa untuk membuka kaca jendela dan juga menghirup udara segar dalam jangka waktu beberapa menit. Membuka kaca jendela penting untuk sirkulasi udara.

Cara agar tidak mabuk perjalanan saat naik mobil selanjutnya dengan memaksakan badan tidur. Hal ini dilakukan jika kepala sudah mulai terasa pusing. 

Selain itu jangan lupa untuk membuka kaca jendela dan juga menghirup udara segar dalam jangka waktu beberapa menit. Membuka kaca jendela penting untuk sirkulasi udara.

Baca juga  Ban Mobil AT vs MT, Mana yang Lebih Baik?

Tidak hanya itu, kamu juga harus beristirahat sejenak apabila sudah menempuh perjalanan jauh, 2 jam misalnya. Dengan cara saat turun dari mobil, maka kamu dapat berjalan kaki di sekitar tempat peristirahatan sambil hirup udara segar.

5. Mengubah Posisi Duduk

Cara pakai Car Seat di mobil

Posisi duduk seperti ini jika dilakukan pada perjalanan jauh beresiko  membuat mabuk.

Cara agar tidak mabuk perjalanan saat naik mobil berikutnya dengan mengubah posisi duduk. Karena mabuk di kendaraan juga bisa disebabkan salah posisi duduk. 

Mabuk perjalanan mudah kambuh saat kamu duduk menghadap ke belakang dan atau samping. Karena itu, coba ubah posisi duduk menghadap ke depan. Tindakan ini mungkin dapat membantu mengurangi gejala mabuk perjalanan.

6. Minum Obat Anti Mabuk

Cara Agar Tidak Mabuk Perjalanan Saat Naik Mobil

Agar lebih maksimal sebaiknya obat ini harus diminum sebelum bepergian dengan mobil.

Apabila mabuk perjalanan belum juga mereda, kamu dapat minum obat mabuk perjalanan. Obat yang dimaksud seperti dimenhydrinate atau scopolamine yang dijual bebas di pasaran dengan merek dagang Antimo. Agar lebih maksimal sebaiknya obat ini harus diminum sebelum bepergian dengan mobil.

7. Hindari Makan Terlalu Kenyang

Cara Agar Tidak Mabuk Perjalanan Saat Naik Mobil

Mengisi perut sebelum pergi adalah penting, tetapi jangan berlebihan dan terlalu kenyang.

Terakhir, jika kamu merasa orang yang mudah mabuk ketika bepergian dengan mobil, sebaiknya sebelum pergi hindari makan terlalu kenyang.

Mengisi perut sebelum pergi adalah penting, tetapi jangan berlebihan dan terlalu kenyang. Alasannya karena, guncangan dari mobil dapat membuat mual dan pusing. Kondisi ini dapat mengarah kepada kondisi mabuk perjalanan.

Demikian ulasan cara agar tidak mabuk perjalanan saat naik mobil. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

banner bawah

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika