Jumat, Mei 24, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Cara Gunakan Fitur 4×4 Pada Suzuki Jimny 5 Pintu, Libas Medan Off-road Semakin Seru

by Tigor Sihombing
Cara Gunakan Fitur 4x4 pada Suzuki Jimny 5 Pintu

Bagaimana cara gunakan fitur 4×4 pada Suzuki Jimny 5 pintu? Sama seperti pendahulunya, Suzuki Jimny 5 pintu juga dibekali dengan fitur 4×4 yang oleh Suzuki diberi nama ALLGRIP PRO 4WD.

Adapun cara penggunaan ALLGRIP PRO 4WD pada Suzuki Jimny 5 pintu tergolong mudah. Pengemudi bisa langsung menggeser tranfercase yang lokasinya berada tepat di bawah tuas porsneling.

Pada tranfercase Suzuki Jimny 5 pintu tertulis 2H (penggerak dua roda, high range), 4H (penggerak empat roda, high range), dan 4L (penggerak empat roda, low range).

Transfercase Suzuki Jimny 5 pintu
Transfercase Suzuki Jimny 5 pintu

Yang artinya mobil Suzuki Jimny 5 pintu ini memiliki kemampuan berjalan di dua medan on-road maupun medan jalan off-road. Misal jika pengemudi berjalan dalam kondisi jalan beraspal ringan, cukup pindahkan tranfercase ke posisi 2H agar tidak membebani mesin.

“Kalau bertemu jalan off road yang lebih berat, bisa turunkan tuas ke 4L, untuk masuk ke posisi 4L (rasio low), mobil harus dalam keadaan berhenti dengan posisi transmisi netral. Setelah mobil dalam keadaan tersebut, lalu tekan tuas transfer case lalu menariknya ke posisi paling belakang,” kata Wing Sasongko, instruktur safety driving dari Indonesia Off-Road Federation (IOF) kepada Moladin.

Baca juga  Seberapa Irit Konsumsi BBM Suzuki XL7 Hybrid, Hasilnya Bikin Kaget!
Test Drive Suzuki Jimny 5 Pintu

Lebih mudah lagi, jika melewati jalan berlumpur. “Sambil diaktifkan fitur Brake LSD (Limited Slip Differential). Brake LSD masuk fitur aktif yang bekerja secara otomatis ketika sistem membaca adanya perbedaan traksi pada seluruh ban.”

“Dengan fitur ini kontrol traksi via rem otomatis ini akan menjaga penyaluran daya rem dan torsi ke roda sehingga akan mendapat traksi yang lebih pas. Misal ketika mobil melewati obstacle yang tinggi dan tak rata, dan salah satu ban terangkat, fitur ini akan memberi atau mengurangi daya pada ban roda yang dibutuhkan,” tambah Wing.

Selanjutnya jika sudha memasuki medan off road ringan, supaya kinerja mesin lebih optimal sebaiknya memindahkan tuas ke mode 4H.

Yang artinya mobil menggunakan gerak 4×4 dengan rasio gigi standar. Cara memindahkan adalah dengan memberhentikan mobil bisa sambil berjalan dengan kecepatan rendah geser tuas tranfercase ke 4H, dengan posisi transmisi di D.

Spesifikasi Suzuki Jimny 5 Pintu

Suzuki Jimny 5 pintu memiliki dimensi panjang mobil 3.965 mm dan kapasitas bagasi 211 liter, membuat Jimny 5 pintu memberikan kelegaan ruang penumpang dan barang bawaan.

Baca juga  Harga Mobil Suzuki April 2022, Terhitung PPN 11 Persen

Dengan jarak jarak wheelbase sepanjang 2.590 mm, mobil ni bahkan terasa lebih nyaman di banding versi 3 pintunya.

Suzuki Jimny 5 pintu juga dibekali dengan rear view camera, dan 4 spots parking sensor. Pada interior juga dilengkapi head unit 9” yang dapat tersambung dengan smartphone. Sebagai piranti keamanan Suzuki Jimny 5 pintu memiliki 6 airbags dan fitur unggulan Hill Descent Control (HDC) dan Hill Hold Assist (HHA), yang harusnya bisa membuat pengemudinya lebih percaya diri.

Demikian ulasan Cara Gunakan Fitur 4×4 pada Suzuki Jimny 5 Pintu. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika