by

7 Cara Membersihkan Blok Motor, Mudah dan Murah

Cara Membersihkan Blok Motor – Biasanya kita memang terlalu fokus pada tampilan bodi motor. Sampai-sampai lupa dengan kondisi blok mesin motor.

Bodi bersih tapi blok kotor, tentu tampilan motor bakal kurang sedap dipandang. Terlebih blok merupakan komponen vital di kuda besi, salah satu bagian dari mesin. Jadi kebersihannya wajib dijaga.

Kalau blok motor dibiarkan kotor, bukan cuma masalah tampilan yang menganggu. Potensi karat juga menghantui. Hal ini biasanya muncul setelah kamu melewati jalan becek. Kemudian pasir dan lumpur mengendap di blok mesin.

Di samping karat, blok mesin yang kotor pun sulit untuk dicek kondisinya. Kamu bakal sulit untuk membedakan antara kotoran dan rembesan oli. Bila ada retak di blok, pun jadi tidak kelihatan. 

Padahal bahaya kalau membiarkan oli bocor sampai lama. Efeknya komponen mesin tidak terlumasi dengan baik. Kemudian cepat aus. Paling parahnya bisa turun mesin.

Maka untuk melakukan pencegahan, ada baiknya kamu selalu menjaga blok mesin motor tetap bersih. Tujuannya supaya bila ada masalah, dapat terlihat mudah secara kasat mata.

Bagaimana cara membersihkan blok motor dengan baik? Tentu hal ini bisa dilakukan di rumah dan tidak susah. Kalau tertarik, simak bahasan berikut:

1. Siapkan Peralatan untuk Membersihkan Blok Motor

Header knalpot Ixil Silencers untuk mesin 3 silinder
Mesin motor wajib rutin dibersihkan agar tidak timbul noda air dan kerak

Sebelum masuk ke cara membersihkan blok motor, kamu wajib mempersiapkan peralatannya dulu. Tenang saja, semua peralatan ini mudah ditemukan di rumah. Kalau harus beli, harganya terjangkau.

Apa saja peralatannya? Cek di bawah ini:

  • Sikat gigi
  • Kuas cat
  • Mangkok Plastik
  • Bensin
  • Sabun Cuci Piring
  • Amplas halus

2. Kamu Wajib Cuci Bersih Motor Terlebih Dulu

cara membersihkan blok motor
Cairan pencuci piring berguna untuk menghilangkan noda air dan kerak

Cara memberishkan blok mesin adalah dengan mencuci keseluruhan motor terlebih dulu. Hal tersebut dimaksudkan agar debu ringan, pasir, dan lumpur tidak lagi menempel. Alhasil tugas selanjutnya tinggal membersihkan kerak-kerak, karat, dan noda air.

Baca juga  7 Penyebab Mesin Ngebul Yang Harus Kamu Waspadai

Memang tiga masalah tersebut sangat sulit dibersihkan, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan.

3. Campur Bensin dengan Cairan Pembersih Piring

cara membersihkan blok motor
Ambil bensin dari tanki motor, masukkan ke wadah dan campur dengan cairan pencuci piring

Segala macam kerak dan noda air, dijamin hilang kalau kamu mengikuti cara membersihkan blok motor ini sampai tuntas. Pertama-tama kamu harus mencampur bensin dengan cairan pembersih piring.

Khusus bensin, bisa diambil dari tangki motor. Copot selang bensin sebentar untuk mendapat kurang lebih setengah gelas. Kemudian  masukkan bensin tersebut ke wadah mangkok plastik.

Campurkan bensin tersebut dengan cairan pembersih piring. Selanjutnya aduk pakai kuas cat sampai menyatu. Percayalah cairan pembersih piring tidak cuma mampu membersihkan lemak di peralatan makan.

Kerak-kerak di blok mesin motor juga bisa dibersihkan. Kalau kamu tidak punya di rumah, cairan seharga tidak sampai Rp5 ribu persachet ini juga dapat ditemukan di warung kelontong.

Sebenarnya ada beberapa alternatif bahan yang juga dapat digunakan. Misal kamu tidak punya sabun cici piring, bisa pakai sabun cuci baju, dan pembersih lantai kamar mandi. Lalu untuk menggantikan bensin dapat pakai cuka.

4. Kuas Blok Mesin Sampai Merata

cara membersihkan blok motor
Bersihkan pakai kuas secara merata dan lakukan berulang. Kalau di bagian yang sulit bisa gunakan sikat gigi

Cara memberihkan blok motor selanjutnya, kuas campuran bensin dan cairan pembersih ke blok motor secara merata. Pastikan cairan itu masuk juga ke sela-sela. Kamu bisa gunakan sikat gigi untuk menyapu bagian yang sulit dijangkau.

Diamkan beberapa saat. Kemudian barulah kuas lagi sampai bersih. Bila kotorannya membandel, lakukan sapuan dengan lebih kuat dan berulang. Kalau kerak dan noda air benar-benar membandel, memang tidak bisa langsung besih. Kamu wajib memberi sapuan berulang.

Baca juga  Jok Motor Robek? Ini Cara Memperbaiki yang Benar

Tidak ada salahnya, kamu juga sekaligus kuas komponen lain seperti leher knalpot yang berkerak. Pasalnya membersihkan pipa knalpot dan blok mesin, kurang lebih punya metode yang sama.

Ingat, dalam proses ini jangan sampai kamu ikut menyapu bodi motor. Tentu kalau dilakukan bakal sangat berbahaya. Cat bodi motor kamu bisa terkelupas. Oleh karena itu, berhati-hatilah dengan beroperasi hanya di sektor mesin dan knalpot saja yang berbahan metal.

Baca Juga :

5. Siram dengan Air Bersih

alat cuci motor
Siram dengan air bersih untuk mengetahui, apakah karat dan kerak sudah hilang?

Usai semua itu dilakukan, cara membersihkan blok motor selanjutnya adalah dengan menyiram air bersih. Setelah dilakukan, pastinya langsung terlihat kalau noda air dan kerak mulai hilang di sebagian tempat. Wujud asli blok mesin kamu yang mengilap bakal terlihat jelas.

Hanya saja, mungkin ada beberapa komponen yang masih berkerak. Itu biasa. Kamu cuma butuh mengulangi langkah-langkah yang sudah dijelaskan sebelumnya.

6. Menggunakan Amplas Sebagai Cara Membersihkan Blok Motor untuk Karat Bandel

 

Amplas Motor
Pakai ampls halus dan hati-hatilah jangan sampai blok mesin tergores

Bila cara membersihkan blok mesin tersebut sudah kamu lakukan semua, namun ada karat membandel yang tampak maka pakai langkah berikut. Kamu bisa ambil amplas halus 400 dan 100.

Salah satu yang perlu diperhatikan dalam proses ini, kehati-hatian. Kalau amplas sampai terlalu kuat digosok, bisa menyebabkan goresan di blok mesin. Tentu itu tidak mu sampai terjadi, bukan?

Oleh karenanya, sebelum dipakai kamu bisa celupkan amplas ke air yang sudah berisi cairan cuci piring terlebih dulu. Kemudian mulailah dengan amplas 100.

Baca juga  Biaya Ganti Plat Motor, Ini Syarat dan Ketentuannya!

Gosok bagian berkarat secara perlahan. Sesudahnya, seka sisa-sisa kotoran dengan menggunakan lap kering. Kalau selesai dengan amplas 100 dan masih terdapat kotoran, berganti ke amplas 400.

Prosesnya memang perlu kesabaran, terlebih kalau ada karat di sela-sela blok mesin. Meski demikian, hasilnya setelah dipoles pasti bakal sangat memuaskan. Percayalah!

7. Bisa Tambahkan Metal Polish

Krim Pembersih Karat
Metal polish yang bisa digunakan, salah satunya Autosol

Setelah semua kotoran hilang, cuci motor untuk kedua kali. Gunanya untuk memastikan blok motor bersih sempurna. Tahapan melakukan pembersihan sudah semua dijalankan, hanya saja ada satu hal lagi yang dapat kamu lakukan.

Blok mesin yang sudah bersih dapat dilapis dengan metal polish atau autosol agar terlihat lebih mengkilap. Caranya tuang autosol ke kain kerang. Jangan banyak-banyak, sedikit saja.

Kemudian poles seluruh blok mesin motor secara perlahan dan merata. Perlahan saja, sampai benar-benar bersih. Kalau semua langkah itu dilakukan dijamin blok meisn motor kamu tampil seperti baru.

Tips berikutnya dari kami, rutinlah membersihkan blok motor supaya tidak sampai muncul noda air, kerak, dan karat. Pembersihan rutin disarankan sehabis pemakaian di bawah hujan atau setelah melewati banjir. 

Kemudian jika ingin mengecat ulang blok motor agar terlihat seperti baru, pastikan hanya menggunakan cat tahan panas. Jangan sembarangan pakai cat, karena nantinya bisa membuat tampilan motor jadi semakin jelek.

Semoga cara membersihkan blok motor di atas bermanfaat buat kamu. Mudah, murah, dan bisa lakukan di rumah. Tunggu apalagi? Langsung coba yuk!

Baca Juga :

Comment

Leave a Reply

Terbaru