Cara Membersihkan Blok Motor yang Benar, Bisa Lakukan di Rumah!

Cara Membersihkan Blok Motor – Moladiners, habit kurang baik yang biasa kita lakukan terhadap motor kesayangan adalah memperhatikan tampilannya saja, namun, tidak tahu cara membersihkan blok motor yang benar. Padahal, blok motor yang kotor efeknya tidak baik untuk kesehatan motor kamu, lho!

Kotornya blok motor bisa karena faktor pemakaian sehari-hari seperti terkena hujan dan kurangnya sirkulasi udara di ruang pembakaran. Pasir sisa hujan dapat mengendap bersama oli dan efek yang paling fatal adalah saat campuran pasir dan oli itu masuk ke mesin karena adanya kebocoran oli sehingga harus turun mesin. Moladiners tahu sendiri kan berapa biaya turun mesin? Maka dari itu lebih baik mencegah daripada nombok di kemudian hari. Tanpa adanya kebocoran oli pun, endapan pasir dan kerikil sisa air hujan akan menyebabkan kerak pada blok motor.

Kurangnya sirkulasi udara di ruang pembakaran pun akan menyebabkan kerak. Bahan bakar tidak terbakar sampai habis lalu sisa bahan bakar itulah yang akan mengkristal menjadi kerak. Jika dibiarkan, kerak akan menjadi karat. Kerak pun bisa membuat tarikan kurang mantap dan motor jadi lebih berat.

Sebelum motor butuh banyak perbaikan, yuk, mulai rajin membersihkan blok motor kamu! Berikut ini Moladin kasih kamu cara membersihkan blok motor yang benar dan mudah. Simak sampai akhir, kamu!

Menggunakan Cairan Pembersih Piring

Cara Membersihkan Blok Motor Menggunakan Cairan Pencuci Piring

Moladiners, cairan pembersih piring nggak cuma buat bersihkan lemak di peralatan makan saja lho. Kerak-kerak di blok mesin motor juga bisa dibersihkan dengan cairan seharga Rp. 2 ribu perak ini. Murah berfaedah, kan?

Caranya, campurkan air dengan cairan pembersih seperti saat mencuci piring. Gosok bagian blok motor yang berkerak dengan kain lap atau spons pembersih yang telah dicelupkan ke dalam campuran air. Tekan dan gosok yang kuat untuk noda membandel atau gunakan sikat gigi bekas. Bersihkan kotoran dan sisa sabun dengan air, keringkan mesin dengan kanebo. Mudah, bukan?

Menggunakan Bensin Atau Solar

Cara Membersihkan Blok Motor Menggunakan Bensin atau Solar

Jika membersihkan blok motor dengan cairan pembersih cuci piring dirasa belum optimal, ada bensin atau solar yang lebih maksimal membersihkan kerak-kerak itu. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah kuas atau sikat gigi bekas dan bensin atau solar yang telah dituang ke dalam bak cuci.

Langkah pertama, bersihkan permukaan blok motor agar debu dan kotoran yang menempel hilang. Lalu gosok spot-spot blok motor yang diendapi kerak. Dijamin, kerak-kerak tersebut akan rontok seketika.

Baca Juga :

 

Menggunakan Cairan Pembersih WC

Cara Membersihkan Blok Motor Pembersih WC

 

Moladiners tahu kan, di WC atau kamar mandi kerap kali terdapat kerak-kerak membandel dan untuk membersihkannya dibutuh cairan pembersih WC? Nah, cairan itu juga bisa untuk membersihkan kerak-kerak pada blok motor. Kekuatan membersihkan cairan tersebut lebih maksimal ketimbang sabun biasa.

Cara membersihkan blok motor menggunakan cairan pembersih WC adalah dengan cara menuangkan langsung ke blok mesin sedikit demi sedikit, diamkan mengendap selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, sikat bagian tersebut hingga bersih. Bilas dengan air lalu keringkan.

Menggunakan Cuka

Menggunakan Cuka

Cara membersihkan blok motor berikutnya adalah dengan menggunakan cuka. Akan tetapi, harus hati-hati menggunakan larutan asam cuka ini sebab salah-salah bisa mengenai cat body motor. Untuk mencegah terkelupasnya cat, sebaiknya tutupi dulu bagian body dekat blok dengan selotip kertas. Jangan selotip biasa ya, sebab justru akan menempel dan mengelupas cat.

Cara pengaplikasiannya sama seperti menggunakan cairan pembersih lainnya. Tuang cuka ke wadah, gosok bagian yang berkerak menggunakan sikat. Jika rutin membersihkan blok motor dengan cuka, lama-lama bisa juga untuk menghilangkan karat-karat lho, Moladiners.

Menggunakan Amplas

Menggunakan Amplas

Pengamplasan merupakan cara membersihkan karat pada blok motor paling ampuh. Untuk menghindari goresan, celupkan amplas ke dalam air sabun lebih dulu kemudian mulailah dengan amplas yang paling lembut.

Gosok bagian berkarat, secara bertahap mulai dari amplas lembut hingga kasar. Sesudahnya, seka sisa-sisa kotoran dengan menggunakan lap kering.

Tips Tambahan

Setelah dibersihkan, lapisi blok motor dengan metal polish agar terlihat lebih mengkilap. Jika ingin mengecat ulang blok motor agar terlihat seperti baru, pastikan hanya menggunakan cat tahan panas. Rutin membersihkan blok motor pun sangat disarankan terutama sehabis pemakaian di bawah hujan atau setelah melewati banjir. Membersihkan blok motor secara rutin berarti mencegah terbentuknya endapan-endapan serta karat.

Moladiners, sampai di sini dulu cara membersihkan blok motor. Selalu jaga kebersihan agar motor kamu tetap sehat dan awet, ya. Untuk mendapatkan segala kebutuhan berkendara dengan harga dan kualitas terbaik, mampir-mampir, yuk, ke website Moladin. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, Moladiners!

Baca Juga :

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *