by

Cara Mengecat Helm Motor Mudah, di Rumah Saja Bisa!

Cara Mengecat Helm – Ada dua fungsi utama dari helm: menunjang penampilan dan keselamatan berkendara. Keduanya sama-sama penting. 

Dari sisi keselamatan, kamu tentu wajib mengenakan helm dengan standar yang terbaik. Kenapa? Helm merupakan pelindung kepala pengendara saat terjadi kecelakaan.

Coba kamu bayangkan, ketika kecelakaan, kepala tidak terlindungi oleh helm. Pastinya bakal berakibat fatal. Terlebih di dalam kepala manusia terdapat otak yang merupakan organ vital dalam tubuh manusia.

Diibaratkan sebuah komputer, otak merupakan processor yang menjalankan seluruh sistem di dalam komputer. Untuk itu, sangat penting bagi kita untuk selalu melindungi kepala dari kecelakaan sekecil apapun.

Untuk itu, sangat penting bagi masyarakat mengubah pola pikir mereka. Bahwa menggunakan helm bukan hanya karena takut di tilang pihak berwajib. Melainkan untuk tujuan keselamatan ketika berkendara, bagi diri sendiri dan orang lain juga.

Sekalipun kita sudah berhati-hati, namun kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi di jalan. Jadi alangkah baiknya, meski dalam perjalanan pendek pun kita tetap menggunakan helm.

Helm Mampu Menunjang Tampilan

Cara Mengecat Helm
RSV Windtail Carbon

Seiring dengan perkembangan zaman, kini helm juga sudah menjadi fashion dalam mengendarai sepeda motor. Helm dianggap mampu menunjang penampilan ketika berkendara. Banyak kalangan menganggap bahwa helm bisa menunjang kamu jadi terlihat tampan ataupun cantik.

Meskipun kondisi helm kamu tertutup oleh kaca. Alasannya, orang lain mungkin saja melihat bentuk dan warna helm yang kamu gunakan. Selain itu, helm pun kini dipasarkan dengan beragam motif yang keren dan enak dipandang.

Kendala mendapatkan helm yang bagus tentunya, kamu harus merogoh kocek yang besar. Terlebih saat ini, beragam barang mengalami kenaikan harga, seiring dengan meroketnya nilai tukar dolar, terhadap rupiah. Dalam kondisi seperti ini, sebaiknya kamu lebih menghemat pengeluaran.

Pun begitu, kamu ngga perlu khawatir karena untuk menghasilkan helm ya kece dan sesuai impian, kita bisa berkreasi. Salah satu caranya, dengan cara mengecat helm dalam waktu singkat.

Lalu apa saja sebenarnya yang perlu kamu persiapkan untuk mengecat helm. Ingin tahu cara yang tepat? Simak ulasannya berikut ini.

Langkah – Langkah Mengecat Helm Sendiri Yang Mudah Dari Rumah!

Persiapan dan Cara Mengecat Helm

Cara mengecat helm yang dianjurkan
Mengecat helm bisa kamu lakukan sendiri

Langkah pertama yang kamu perlu lakukan sebelum mengecat helm adalah persiapkan helm yang akan kamu cat, dan pastinya kamu harus memiliki niat yang kuat terlebih dahulu. Karena jangan sampai ketika mengecat, setengah jalan kamu tinggalkan begitu saja.

Baca juga  7 Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot, Mudah dan Praktis!

Simpelnya sebagai percobaan, mungkin kamu bisa menggunakan helm bawaan pabrik yang kamu dapat ketika membeli motor. Selanjutnya siapkan beberapa refrensi, yang sekiranya sesuai dengan selera kamu.

Setidaknya bisa menjadi patokan kamu ketika memutuskan untuk melakukan pengecatan. Terlebih saat ini sangat mudah, tinggal berselancar di dunia maya. Maka kamu bisa mendapatkan beragam refrensi yang mungkin bisa kamu pergunakan.

Bila sudah menemukan contohnya, kamu mungkin bisa menyiapkan cat dengan warna yang kamu inginkan. Kini warna cat pun beragam, jadi bisa disesuaikan dengan warna helm impianmu.

Pakai Helm Bahan dengan Standar Keselamatan yang Baik

kyt full face carbon
Helm asal Indonesia, KYT selain sudah punya label SNI juga DOT

Sebelum mengetahui cara mengecat helm, kamu harus paham standar keselamatan helm yang digunakan. Setidaknya ada empat yang perlu diketahui:

  • SNI
  • DOT
  • SNELL

Wajib hukumnya untuk memakai helm bahan dengan salah satu standar keselamatan tersebut. Semua helm yang pakai standar tersebut, setidaknya sudah terjamin bisa melindungi kepala dengan baik.

Kalau SNI yang menjamin adalah Badan Standarisasi Nasional (BSN). Sementara DOT adalah kependekan dari Department of Transportation yang pengijuannya dilakukan National Highway Traffic Safety Association (NHTSA) Amerika Serikat.

Sementara SNELL merupakan standarisasi yang dikeluarkan oleh Snell Memorial Foundation (SMF). Ini merupakan lembaga swadaya masyarakat yang juga berasal dari Amerika Serikat.

Peralatan yang Wajib Tersedia, Ketika Ingin Mengecat Helm

Cara Mengecat Helm Mudah dan Cepat
persiapkan seluruh peralatan sebelum benar-benar mengecat helm
  • Obeng
  • Amplas kasar dan halus
  • Cat semprot
  • Selotip
  • Cutter

Setelah peralatan dipastikan sudah tersedia, langkah awal yang perlu kamu lakukan bisa dengan melepas atribut helm. Seperti melepas bagian busa di dalam helm, lalu kaca muka, dudukan kaca, dan sejumlah perangkat lainnya yang ada di helm kamu.

Untuk melepasnya, kamu bisa menggunakan obeng yang sudah kamu persiapkan. Biasanya saat melucuti helm, kamu akan menggunakan obeng (+). Setelah melepas busa di helm, mungkin bisa sekalian kamu cuci, agar ketika dipasang kembali dalam kondisi bersih dan wangi.

Tak lupa, pahami langkah-langkah ketika kamu melepas atribut di helm yang kamu miliki. Agar setelah selesai semua kamu tak lupa cara memasangnya kembali.

Cara Awal Mengecat Helm, Melalui Proses Pengamplasan

Cara amplas helm sebelum mengecat
Amplas terlebih dulu helm yang akan kamu cat

Helm yang sudah kamu perangkatnya lucuti, selanjutnya kamu bisa memulai proses pengecatan dengan cara melakukan pengamplasan terlebih dulu. Proses ini membutuhkan kesabaran yang besar dari diri kamu. Karena pengerjaannya harus dilakukan secara pelan-pelang dan sangat teliti.

Amplas yang kamu gunakan, usahakan pakai amplas kasar. Agar dapat menghilangkan warna cat yang lama, dan proses pewarnaan menggunakan warna cat baru dapat berjalan dengan sempurna.

Baca juga  Mengenal Kelebihan Busi Iridium dan Cara Merawatnya

Proses pengamplasan ini usahakan sesekali disiram dengan air, agar debu dari hasil pengamplasan tidak kemana-mana dan proses pengamplasan lebih mudah. Selanjutnya, kamu bisa mengamplasnya dengan amplas halus, tujuannya bisa menghasilkan proses pengamplasan yang lebih baik.

Sesudah di amplas secara menyeluruh, dan cat pada helm lamamu sudah hilang. Jangan lupa untuk mencuci seluruh bodi helm hingga bersih.

Helm yang sudah bersih, selanjutnya kamu bisa menutup bagian-bagian yang mungkin tak ingin terkena cat, seperti karet2 yang ada di pinggiran helm. Proses ini membutuhkan ketekunan kamu, karena kamu harus berusaha serapih mungkin.

Memulai Pengecatan Helm

pengecatan helm
Pengecatan helm yang benar

Sehabis itu, kamu baru bisa melakukan pengecatan. Dalam pengerjaannya harus dilakukan dengan sabar dan hati-hati. Karena prosesnya mesti dilakukan berulang-ulang, untuk teknik mengecat mungkin kamu bisa latihan terlebih dulu.

Hal terpenting ketika mengecat helm adalah jaga jarak pengecatan antara cat semprot dengan helm. Usahakan tidak terlalu dekat, dan terlalu jauh agar semprotan menjadi maksimal dan rata. Jika kamu bingung, mungkin bisa melihat anjuran jarak pengecatan yang tertera di kemasan cat.

Nah.. yang tak kalah penting ketika melakukan proses pengecatan, sebaiknya kamu lakukan dibawah sinar matahari langsung. Agar spray cat yang tidak menempel di helm bisa langsung terbang tertiup angin dan tidak mengganggu pernafasan.

Pengecatan Lapisan Dasar

Cat warna dasar helm yang kamu warnai
Cat warna dasar helm

Proses pengecatan pertama yang kamu lakukan adalah lapisan awal. Biasanya untuk warna dasar yang digunakan berkelir putih atau hitam. Biar warna akhir yang dihasilkan lebih orisinal. Lakukan pengecatan secara perlahan, dan usahakan pengecatan secara tipis-tipis terlebih dulu.

Tunggu hingga kering dahulu, lalu lanjutkan lagi ke lapisan selanjutnya. Biasanya warna terbaik dihasilkan dilapisan ke-3 hingga ke-5. Namun biasanya pada proses pengecatan ke-3 cat atau pylox yang kamu gunakan biasanya sudah habis.

Bila kamu ingin menggunakan warna yang bervariasi atau lebih dari satu warna. Sebelum kamu memulai dengan warna lainnya, kamu harus pastikan dulu cat yang sebelumnya sudah benar-benar kering.

Model dual tone atau dua warna pada helm tentunya bakal semakin menarik. Namun sebelum itu, kamu bisa memastikan refrensi helm yang kamu inginkan, agar bisa dikreasikan ke helm kamu.

Cara Mengecat Helm Dua Warna

harga suzuki saluto 125 indonesia
Bagasi Suzuki Saluto cukup besar untuk menyimpan helm half face dan jas hujan

Proses ini dilakukan agak sedikit susah, karena kamu sebelumnya harus menutup sejumlah bagian dengan selotip. Supaya warna dasar yang sebelumnya kamu cat, tidak terkena cat yang baru.

Baca juga  Ini Cara Mutasi Motor yang Perlu Kamu Tahu

Seluruh bagian yang tak ingin terkena semprot harus dalam kondisi tertutup oleh selotip terlebih dulu. Sebelum kamu memulai mengecat dengan warna yang baru. Lakukan dengan perlahan dan serapi mungkin agar hasilnya sempurna.

Proses pengerjaannya tak ada beda dengan proses awal. Pastikan seluruh cat warna yang baru merata dan tidak belepotan kemana-mana. Pasalnya cat warna baru ini akan menjadi warna dari helm kita tersebut, dan yang akan terlihat oleh pengendara lain.

Perhatikan helm yang sudah kamu cat tadi, jika hasilnya menurut kamu sudah oke. Selanjutnya kamu bisa diamkan terlebih dahulu beberapa saat, agar cat dapat meresap dan kering.

Proses Penghalusan Cat Helm

Tips Merawat Helm
Helm dua warna lebih menarik perhatian dan terkesan retro

Jangan lupa pastikan terlebih dahulu seluruh cat sudah kering secara merata. Selanjutnya kamu bisa haluskan, setelah yakin bahwa cat di helm kamu sudah benar-benar kering.

Cara awalnya kamu bisa lepaskan selotip yang menempel di helm. Sementara untuk beberapa selotip yang tersedia di helm sebaiknya kamu diamkan terlebih dahulu. Bila sudah yakin, selanjutnya kamu bisa menyemprotkan clear.

Clear berfungsi untuk menghaluskan bodi helm yang sudah di cat, hasilnya bodi helm akan tampak mengkilap dan mulus. Selain itu clear juga merupakan pelindung warna helm, agar tidak cepat luntur dan usang.

Penyemprotan clear bisa dilakukan seperti layaknya proses pengecatan. Harus dilakukan secara merata, semprot tipis-tipis hingga seluruh bagian terkena, lalu jemur kembali hingga kering

Penyelesaian Akhir

cara mengecat helm 003
Pastikan semua prosesnya dilalui dengan sempurna

Yakin seluruh cat dan clear sudah kering? Selanjutnya kamu bisa lihat, apakah sudah memuaskan atau belum. Jika belum silahkan ulangi proses pengecatan dari awal lagi. Namun jika sudah memuaskan, kamu bisa melanjutkan ke proses penyelesaian akhir.

Kamu bisa melepaskan selotip yang masih menempel di karet-karet helm, lalu pasang kembali seluruh busa. Dilanjutkan pasang kaca helm serta atribut helm lainnya. Bila kamu rasa kurang bagus, mungkin saja kamu bisa tambahkan stiker sebagai pemanis.

Semoga informasi mengenai cara mengecat helm ini dapat bermanfaat buat kamu, dan bisa kamu aplikasikan di rumah ya. Selamat mencoba!

Baca juga:

Terbaru