Mengenal Fungsi dan Kelebihan Ventilated Seat, Mengemudi Jadi Lebih Nyaman!

Fungsi dan kelebihan Ventilated Seat

Berikut akan kami ulas mengenai fungsi dan kelebihan Ventilated Seat yang sudah ada dibeberapa mobil baru. Fitur ini berfungsi membuat pengemudi dan penumpang menjadi lebih nyaman selama berkendara.

Ventilated Seat merupakan sebuah jalur yang digunakan untuk udara lewat di dalam jok. Dengan begitu maka penumpang atau pengemudi akan merasakan udara sejuk melalui ventilated seat yang bekerja sebagai sirkulasi udara, serta bisa memberikan rasa sejuk pada bagian badan seperti punggung.

Fitur satu ini sangat berguna ketika Anda sedang berjalan di tengah terik matahari, sebab dengan adanya fitur tersebut maka punggung, paha dan pantat Anda tidak akan merasakan panas.

Umumnya fitur ventilated seat ini bisa dinyalakan sesuai yang diinginkan. Anda juga dapat mengatur ataupun menyesuakan kekuatan dari udara yang akan berhembus. Ventilated seat ini juga akan bekerja secara otomatis ketika sensor mendeteksi adanya suhu panas dari luar mobil.

Kelebihan Jok Mobil Yang Sudah Dilengkapi Ventilated Seat

Tinggal di negara dengan iklim tropis, masyarakat di Indonesia sangat sering merasakan udara yang panas. Maka dari itu, beberapa merek mobil seperti Hyundai dan Chery menyematkan fitur barunya yaitu ventilated seat untuk memberikan rasa sejuk bagi pengguna mobil walaupun sedang dalam cuaca yang panas. Nah, berikut ini keuntungan adanya ventilated seat pada mobil.

1. Mengontrol Sirkulasi Udara

Ventilated seat ini merupakan fitur yang berguna untuk jalannya sirkulasi udara pada bagian jok mobil. Udara yang diterima oleh ventilasi ini akan masuk melalui rongga-rongga jok mobil dan ditampung pada ventilated seat. Kemudian udara dingin akan dihembuskan kembali melalui rongga-rongga jok untuk diterima oleh pengguna mobil.

Ketika Anda terlalu lama duduk di jok mobil, tentu bagian punggung maupun paha yang menempel pada jok akan mudah berkeringat. Namun dengan adanya ventilated seat ini, sirkulasi udara pada jok akan berputar dengan normal dan punggung maupun paha Anda akan terasa sejuk disepanjang jalan.

2. Mengatur Temperatur Suhu

Ventilated seat selain dapat memberikan udara sejuk, juga dapat memberikan udara panas. Fitur ini akan otomatis mengatur temperatur suhu yang didapat. Ketika mobil berada di cuaca yang panas, maka ventilated seat akan otomatis diatur menjadi suhu dingin sehingga memberikan udara dingin pada punggung pengemudi mau pun menumpang. Namun, ketika mobil berada di cuaca yang dingin, maka ventilated seat akan otomatis mengatur suhunya menjadi hangat untuk memberikan udara hangat pada punggung pengguna mobil.

3. Memberikan Kesan Dingin

Ventilated seat berfungsi untuk memberikan jalur udara lewat, mulai dari masuk jok hingga keluar melalui rongga-rongga jok. Ventilated seat ini akan memberikan rasa dingin dan sejuk bagi pengguna yang duduk di jok mobil karena fitur satu ini diciptakan untuk hal tersebut. Keuntungannya, ventilated seat tidak menggunakan mesin pendingin melainkan menggunakan udara alami sehingga fitur ini tidak akan membuat Anda masuk angin.

4. Mengontrol Kelembaban Udara

Anda sudah mengetahui bahwa ventilated seat ini bekerja sebagai alat sirkulasi udara. Dan sirkulasi udara yang baik mampu mengatur kelembapan udara yang sesuai. Dengan adanya ventilated seat ini, kelembapan jok mobil dan bagian punggung mau pun paha Anda akan terkontrol. Maka, ketika udara panas, ventilated seat akan menyesuaikan kondisi dan memberikan kenyamanan bagi pengguna mobil.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related posts

7 Destinasi Wisata Untuk Touring Motor di 2024, Pilih Pantai Atau Pegunungan?

Great Wall Bikin Motor Bermesin 2.000cc Serupa Honda Gold Wing

Laporan Langsung dari Korea : Tes Maksimal Hyundai Ioniq 5 N