Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Harga Duplikat Kunci Mobil dan Motor: Immobilizer hingga Keyless!

by Firdaus Ali
Harga duplikat kunci

Berikut kan kami ulas mengenai harga duplikat kunci untuk mobil dan motor 2023. Baik duplikat di diler resmi dan tukang duplikat kunci umum. Lalu untuk jenis kuncinya, dari mulai immobilizer hingga keyless.

Sebagaimana diketahui bahwa sering kali pemilik mobil dan sepeda motor kehilangan kunci, tentu hal ini membuat panik dan kendaraan tidak bisa dihidupkan. Ukuran yang tergolong kecil membuat kunci sering terselip di tempat-tempat yang tak terduga atau terjatuh saat akan dimasukan kantong celana atau tas.

Untuk menghindarinya, sebagian pemilik kendaraan menduplikat kunci untuk berjaga-jaga jika kuncinya hilang. Namun begitu, menduplikat kunci juga tidak boleh sembarangan. Disarankan yang sudah terpercaya demi keamanan kendaraan.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai harga duplikat kunci immobilizer hingga keyless, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu jenis-jenis kunci kendaraan. Ini informasinya:

Jenis Kunci Kendaraan Bermotor

harga dupliat kunci

Jenis kunci kendaraan bermotor

Ada beberapa jenis kunci kendaraan bermotor, yaitu kunci biasa, kunci Immobilizer dan keyless. Untuk saat ini, mayoritas kendaraan bermotor yang dijual sudah menggunakan Immobilizer dan keyless.

Kunci Biasa

Jenis pertama adalah kunci biasa yang umumnya digunakan mobil keluaran tahun 2000 ke bawah, seperti Toyota Kijang, Isuzu Panther, dan lain-lain. Sementara untuk motor, masih banyak digunakan oleh motor bebek seperti Yamaha Jupiter, Honda Revo, serta masih banyak lagi.

Jenis kunci mobil dan motor ini punya teknologi yang sangat sederhana, cara kerjanya mirip kunci pintu rumah konvensional. Ada gerigi khusus yang memang dibuat pabrikan hanya untuk satu kendaraan. Dengan kata lain, setiap kendaraan akan punya desain gerigi kunci masing-masing.

Kendaraan yang masih menggunakan jenis kunci biasa tergolong rawan terkena pencurian. Sebab maling akan lebih mudah mengakalinya.

Baca juga  5 Penyebab Kunci Kontak Mobil Tidak Bisa Diputar

Kunci Immobilizer

Secara fisik, kunci Immobilizer mirip dengan kunci biasa, hanya saja punya teknologi yang lebih canggih. Immobilizer adalah sistem yang terdiri dari beberapa komponen, seperti transmitter, transponder, dan theft deterrent system, hingga electric control unit (ECU). Tujuannya jelas, untuk menjaga keamanan mobil dari pelaku kejahatan seperti maling.

Sistem kunci Immobilizer mempunyai cara kerja yang cukup kompleks. Ketika anak kunci dimasukan ke dalam lubang kontak yang ada di mobil atau sepeda motor, komponen transmitter akan mengirimkan gelombang ke theft deterrent system.

Selanjutnya, gelombang tersebut akan diidentifikasi oleh transponder. Jika gelombang tersebut sudah sesuai dengan pengaturan pabrikan, maka transponder akan mengirimkan gelombang tersebut ke engine control module.

Nah, jika gelombang sudah diterima oleh engine control module, maka tahapan selanjutnya adalah rangkaian sistem pengapian di mobil akan aktif dan bisa menghidupkan relay fuel pump. Alhasil ketika kunci kontak diputar atau tombol start & stop engine ditekan, mesin otomatis menyala.

Lalu, bagaimana jika gelombang yang diterima tidak sesuai dengan yang telah disetting pabrikan? Jawabannya mesin mobil tidak akan bisa hidup, karena ECU akan memblokir gelombang tersebut dan otomatis tidak bisa mengaktifkan relay fuel pump. Di sinilah kehebatan dari sistem kunci immobilizer yang disebut-sebut bisa menghalau maling. Contoh motor dengan kunci immobilizer adalah Vespa matic terbaru seperti Sprint, Primavera, LX, dan S. Sementara untuk mobil dengan immobilizer yaitu Suzuki Carry.

Kunci Keyless

harga duplikat kunci motor keyless

Contoh kunci keyless di motor

Selanjutnya ada jenis kunci keyless atau remote keyless ignition (RKI). Seperti namanya, jenis kunci ini tidak punya anak kunci, gantinya adalah remote pintar. Jadi kalau remote itu mendekat ke mobil atau motor, maka sistem akan mendeteksi, kemudian kamu cukup tekan tombol start and stop engine button atau putar kenopnya untuk mengaktifkan kendaraan. Istimewa bukan?

Baca juga  Fitur Keyless Mobil, Bikin Mobil Aman dari Maling?

Nah umumnya kunci mobil dan motor keyless, juga sudah mengadopsi immobilizer, jadi sangat aman dari tindakan pencurian. Di mobil, keyless ini umumnya terintegrasi pula dengan entry system atau remote keyless entry (RKE). Jadi masuk ke dalam kabin kendaraan juga bisa dilakukan tanpa kunci. Hal ini dimungkinkan dengan mengandalkan radio frequency identification (RFID).

Contoh motor yang sudah pakai kunci keyless adalah Honda PCX 160, Yamaha Lexi, Yamaha Nmax 155, Yamaha Fazzio, dan lain-lain. Sementara untuk mobil dengan kunci keyless, ada Toyota Agya GR Sport, Suzuki Ignis, Daihatsu Sirion, dan lain-lain.

Biaya Duplikat Kunci Kendaraan Bermotor Tahun 2023

harga dupliat kunci

Harga duplikat kunci berbeda-beda. Tergantung kondisi truk dan keselatam

Biaya atau harga duplikat kunci kendaraan bermotor tentunya berbeda-beda, tergantung jenis kuncinya dan tempatnya. Di sini, tempat duplikat kunci ada dua pilihan, umum alias pengrajin kunci dan bengkel resmi.

Biaya Duplikat Kunci Biasa

Harga duplikat kunci biasa tergolong murah, berkisar antara Rp 50 ribu sampai Rp 100 ribu untuk mobil dan Rp 30 ribu sampai Rp 50 ribu untuk sepeda motor.

Kendaraan yang masih pakai jenis kunci biasa memang tidak perlu repot duplikat kunci ke diler resmi. Sebab para pengrajin kunci umum sudah bisa melakukannya.

Eits, meski mudah untuk diduplikasi, sebaiknya pilih pengrajin kunci yang sudah ternama dan terpercaya. Karena sudah banyak sepeda motor dan mobil yang hilang dicuri maling yang sudah bekerjasama dengan pengrajin kunci.

Baca juga  Indikator Gambar Kunci di Mobil Menyala, Awas Eror

Kisaran Harga Duplikat Kunci Immobilizer

Selanjutnya harga duplikat kunci Immobilizer. Sebagian pengrajin kunci umum memang sudah bisa membuat duplikasi kunci Immobilizer dengan kisaran harga mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 1 juta untuk sepeda motor. Sementara itu untuk mobil mulai dari Rp 800 ribu hingga Rp 2 jutaan, tergantung jenis kendaraanya.

Laih halnya dengan bengkel resmi, untuk biaya duplikat kunci Immobilizer kisaran Rp 2 juta hingga Rp 3 jutaan. Selain itu, salah satu syaratnya juga pemilik mobil masih punya fisik anak kuncinya.

“Kalau beli mobil baru kan dapat 2 kunci (Immobilizer). Nah, sebaiknya salah satunya disimpan dengan baik. Karena jika kunci yang digunakan mengalami kerusakan atau hilang maka masih ada kunci cadangan. Sebab jika kedua kuncinya hilang maka bengkel resmi juga akan sulit untuk membuat kunci duplikasi,” jelas Service Advisor Daihatsu, Aris Triyono beberapa waktu lalu.

Harga Duplikat Kunci Keyless

Harga duplikat kunci jenis keyless tidak jauh berbeda dengan jenis kunci Immobilizer, yaitu mulai dari Rp 1,2 juta hingga Rp 2 jutaan, tergantung jenis kendaraan bermotornya. Namun begitu, duplikat kunci keyless juga tidak bisa dilakukan oleh bengkel sembarangan.

“Kita tidak mau sembarangan menduplikasi kunci keyless kendaaan, pemilik harus memperlihatkan STNK asli dan KTP untuk memastikan bahwa kendaraan tersebut bukan barang curian,” jelas pemilik Tian Kunci, Suyatno.

Moladiners, itulah ulasa mengenai haga duplikat kunci. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika