oleh

Harga Spion Retractable, Tertarik Punya?

Harga spion retractable di pasaran bervariasi. Di market place, kisarannya mulai Rp 1 – 3 jutaan.

Spion jenis retracable ini ada yang dijual orisinil pabrikan, alias spion bawaan mobil. Ada juga spion aftermarket.

Di Jakarta, toko-toko offlinenya terbilang menjamur. Kamu bisa mendatangi sentra pusat otomotif Mall Kemayoran, Mall Atrium Senen, atau di toko-toko sentra onderdil di kota kamu.

Umumnya jika kamu membeli spion retrackable kamu akan mendapatkan kit. Misal untuk Honda Mobilo, kit terdiri dari 2 pcs rumah spion dan kaca, 2 pcs motor retract, bracket khusus Honda Mobilio untuk kiri dan kanan, 1 set kabel panjang dan 2 set kabel pendek. Plus di dalamnya termasuk modul.

Selain itu, pembeli spion retractable juga akan mendapatkan switch original atau tombol khusus untuk merek mobil tertentu. Dalam hal ini, artinya tombol khas mobil Honda.

Sebagai informasi tambahan, spion retractable juga bisa modulnya saja. Harganya berkisar mulai  Rp 200 – Rp 350 ribu. Ini berfungsi bila terjadi kerusakan di komponen tersebut, jadi mudah dilakukan penggantian.

“Kalau biaya pasang bervariasi, tergantung jenis mobil. Kisarannya mulai dari Rp 300-500 ribu,” kata Putera mekanik mobil di bilangan Otista Jakarta Timur.

Aplikasi Spion Retractbale, Tidak Perlu Ganti Spion

Harga Spion Retractable
Umumnya penjualan retract mirror kit sudah termasuk 2 motor retract, breket khusus spion untuk kiri dan kanan, 1 set kabel panjang, 2 set kabel pendek dan switch tombol original bawaan mobil.

Satu yang perlu diperhatikan, mobil kamu sebaiknya harus sudah memiliki spion electric terlebih dulu sebelum pasang retractable. Pasalnya ini akan sangat memudahkan untuk pengaplikasian spion retractable. Terutama dari sisi jalur kelistrikan.

Baca juga  Sejarah Plat Nomor Indonesia dan Dunia, Menarik!

Bila sebelumnya sudah electric, maka tinggal mengikuti saja jalur kelistrikan yang ada untuk upgrade ke spion retractbale. Kamu juga tidak perlu lagi membeli yang sepaket dengan rumah spion. Pakai saja spion bawaan atau yang lama. Alhasil harga spion retractable yang kamu inginkan bisa lebih murah.

“Untuk pemasangan spion retract yang mirror kit tidak perlu melepas semua bagian spion, tidak perlu lem, tidak perlu bor, tidak ada pasang kabel, dan tidak merusak spion bawaan mobil,” tambah Putera.

Pemasangan Spion Retractable Tidak Sulit

Harga Spion Retractable
Tapi yang meringankan disini adalah kamu tidak perlu membutuhkan spesial tools untuk membukanya seperti komponen mobi lainnya yang lebih rumit.

Bagi orang yang sudah pengalaman, hanya butuh kurang lebih satu jam untuk memasang spion retractable. Bagi awam, mungkin cara pasangnya agak rumit.

Namun jika dilakukan secara teliti kamu pasti bisa melakukanya. Untuk yang termudah adalah pada saat membuka doortrim.

“Nah yang tersulit di bain alarm. Karena ada kabel-kebel yang harus dilepas pasang,” kata Putera.

Tapi yang meringankan di sini adalah, kamu tidak perlu membutuhkan spesial tools untuk membukanya seperti komponen mobi lainnya yang lebih rumit. Seperti yang sudah ditulis sebelumnya, cara pasang spion retracable bisa dilihat pada link ini.

Baca juga  6 Penyebab Toyota Agya Boros Bensin, Waspadalah

Ada pun langkah-langkahnya mulai dari membuaka baut yang nempel di doortrim, buka panel atau pegangan di doortrim, dan lepas soket-soketnya. Kemudian tinggal menyambungkan kabel-kabel yang terdapat pada modul dan motor di sambungkan ke sistem eletrick mirror.

Kalau pasang sendiri, tentu harga spion retractable bisa lebih murah. Pasalnya biaya pasang atau jasa pasang tidak akan dikenakan oleh pihak toko atau bengkel. Hanya saja, resikonya bisa jadi malah spion retractable tidak bisa digunakan kalau pemasangan yang kamu lakukan salah.

Cara Merawat Spion Retractable

Harga Spion Retractable
Kaca spion elektronik paling rentan mengalami kerusakan ketika musim hujan. Bukan hanya karena terganggu pada sistem kelistrikan tetapi jika spion kendaraan anda terkena lumpur, jangan dibiarkan sampai kering.

Sekarang kamu sudah tahu harga spion retractable, apakah tertarik untuk punya? Sebelum punya, penting pula bagi kamu mengetahui cara merawatnya, agar spion retractable tidak mudah rusak.

Putera mengatakan pada umumnya keluhan terkait kerusakan kaca spion elektronik dari konsumen sangat jarang. Ini terjadi karena sistem kelistrikan pada kaca spion mobil tidak serumit pada sistem kelistrikan yang lainnya.

Meski demikian, tetap ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan spion retractable. Pertama, pemilik kendaraan harus memperhatikan kebersihan dari motor spion, apalagi spion aftermarket yang bukan bawaan pabrikan.

Baca juga  Deretan Masalah Nissan X-Trail T31 Bekas

Kedua, pastikan air tidak terperangkap di dalam rumah spion. Utamanya usai mencuci mobil. Ketiga, lumasi dengan grease atau gemuk agar kinerja motor spion retractable tetap terjaga.

Selain itu, pemilik kendaraan juga harus sering menekan tombol elektronik berulang kali agar gerakan buka tutupnya fleksibel. Hal ini penting, karena jika terlalu lama memarkir kendaraan dan jarang membuka kaca spion, maka kotoran akan sangat mengganggu gerakan pada saat buka tutup tersebut.

“Kaca spion elektronik paling rentan mengalami kerusakan ketika musim hujan. Bukan hanya karena terganggu pada sistem kelistrikan tetapi jika spion kendaraan anda terkena lumpur, jangan dibiarkan sampai kering,” katanya.

Jika terlanjur mengering karena lupa tidak dibersihkan akan semakin sulit. Untuk menghilangkan lumpur yang terlanjur mengering, lakukan cara khusus selain menggosok.

Cukup dengan mencipratkan air sabun ke spion yang terkena. Didiamkan beberapa saat, kemudian gosok perlahan bagian sampai lumpur terlepas dan bersih.

Air hujan juga bisa menyebabkan karat pada motor gerak spion. Karat menjadikan spion sulit digerakkan dan diatur. Cara membersihkan karat adalah dengan melepas spion, lalu bersihkan rongga gerak spion dengan menggunakan kuas kecil.

Jika masih sulit bisa di amplas dengan menggosoknya secara perlahan. Jika sudah dirasa bersih, pasang kembali spion. Adapun, ketika usai hujan, bercak air memang sering muncul pada kaca spion kendaraan yang terkena hujan.

Cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan yakni dengan campuran vinegar (cuka apel) dan air, ukurannya perbandingan 2:1. Sebab Vinegar merupakan zat asam yang aman untuk kaca spion.

Demikian ulasan terkait harga spion retracable di pasaran. Kiranya bisa menjadi sumber refrensi dalam menemukan spion terbaik untuk mobil kamu.

Simak terus Moladin.com untuk udapte berita terbaru seputar otomoitf.

Terbaru