by

Beli Honda CB150 Verza atau Yamaha Byson?

Honda CB150 Verza atau Yamaha Byson – Pasar kendaraan roda dua banyak didominasi oleh motor jenis matik. Meski begitu, motor bergaya sporty tetap tak kehilangan pamor terutama di kalangan pengendara pria.

Di antara deretan motor sporty yang dijual di pasaran, Honda CB150 Verza dan Yamaha Byson menjadi salah satu incaran. Terlebih karena harganya cukup terjangkau. Kisarannya masih Rp20 jutaan.

Bagi Anda yang tengah mempertimbangkan beli Honda CB150 Verza atau Byson, berikut ulasan komparasi dua motor tersebut:

Komparasi Harga Honda CB150 Verza VS Yamaha Byson

cb150 verza atau byson
Yamaha Byson punya tampilan gagah dengan ban lebar dan suspensi besar

Dalam menentukan motor mana yang akan dibeli, harga menjadi salah satu faktor yang sering dipertimbangkan. Kalau bisa mendapatkan motor berkualitas bagus dengan harga murah, mengapa tidak?

Nah, bicara soal harga, Honda CB150 Verza dan Yamaha Byson dijual dengan harga yang tak jauh berbeda. Yamaha Byson hanya memiliki satu varian yang dibanderol sebesar Rp22.950.000 untuk OTR Jakarta.

Beda halnya dengan Honda CB150 Verza, motor ini hadir dalam dua varian dengan harga berbeda. Honda CB150 Verza Spoke atau pelek jari-jari dijual seharga Rp20.082.000, sedangkan varian CW dipasarkan dengan harga Rp20.733.000.

Jika melihat harga, tentu Verza lebih unggul dibanding Byson. Motor sport pabrikan berlambang sayap tersebut lebih terjangkau.

Baca juga  Cara Reset Indikator Oli atau Oil Trip di Yamaha Nmax

Baca juga:

Honda CB150 Verza atau Byson, Manakah yang Memiliki Performa Terbaik?

cb150 verza atau byson
Byson punya mesin dengan performa lebih baik

Selain harga, faktor lain yang perlu dipertimbangkan ketika memilih motor adalah performanya. Bila diperhatikan, sebenarnya spesifikasi antara ke dua motor ini memiliki banyak kemiripan.

Bagian transmisi misalnya. Baik Honda CB150 Verza atau Byson dilengkapi dengan transmisi penyaluran 5-speed.

Uniknya, tenaga maksimal yang dihasilkan dua motor dari pabrik berbeda ini ternyata mirip. Yamaha Byson mampu menghasilkan daya maksimum sebesar 12,88 HP/8000 rpm, sedangkan daya maksimum Honda CB150 Verza yaitu 12,86 HP/8.500 rpm.

Bicara mengenai torsi, Yamaha Byson tampil lebih unggul dengan torsi maksimal sebesar 12,98 Nm/6.000 rpm. Sementara pesaingnya yaitu Honda CB150 Verza memiliki torsi lebih sedikit yaitu 12,7 Nm/6.000 rpm.

Satu lagi kemiripan ke dua motor ini adalah sama-sama dibekali teknologi Fuel Injection, SOHC single cylinder, dan pendingin udara yang sama. Urusan kubikasi mesin, tampaknya Yamaha Byson lebih unggul dengan 149,7 cc, sedangkan Honda CB150 Verza hanya 147,22 cc.  

Baca juga  Mau Beli Yamaha R25 Movistar? Ini Review dan Spesifikasi Lengkapnya

Desain Mana Lebih Baik?

New Honda CB150 Verza fokus pada tampilannya yang semakin tangguh
Verza tampilannya lebih klasik dengan lampu depan bulat dan pilihan pelek jari-jari

Bagaimana perbandingan desain Honda CB150 Verza dengan Yamaha Byson?

Perbedaan desain paling menonjol terletak pada bagian bodi motor. Bodi Yamaha Byson tampak gagah dan bongsor. Ukuran bannya juga lebih lebar. Di depan 100/80-17 inci dan belakang 130/70-17 inci.

Kehadiran ban lebar juga membuat berkendara lebih stabil. Terlebih saat kecepatan tinggi dan melewati jalan bergelombang.

Sedangkan Honda CB150 Verza terlihat lebih klasik. Coba saja perhatikan desain lampu depannya, menggunakan desain lampu bundar khas motor retro. Ukuran bannya juga lebih kecil. Di depan pakai 80/100-17 inci dan belakang 100/90-17 inci.

Dilihat dari segi warna, Yamaha Byson hadir dengan 3 pilihan warna seperti matte red, matte brown, dan matte grey. Di sisi lain, Honda CB150 Verza sejatinya hanya punya 2 pilihan warna yaitu merah dan hitam. Untuk warna hitam dibedakan lagi menjadi 3 jenis dengan model strip berbeda.

Bergeser ke area bawah motor, tepatnya bagian suspensi belakang. Honda CB150 Verza masih menggunakan suspensi dual shock yang bisa diatur kelenturannya. Sementara itu,  suspensi Yamaha Byson sudah mono shock yang diletakkan di pangkal swingarm. Untuk ukuran ban Yamaha Byson terlihat lebih besar dan lebar daripada Honda CB150 Verza.

Baca juga  Jangan Beli Yamaha Vixion Bekas, Sebelum Baca Ini!

Fitur Mana Lebih Baik?

Honda cb150 verza 002
Verza punya tambahan fitur keamanan shuttered key

Faktor terakhir yang perlu ketahui bila bingung memilih Honda CB150 Verza atau Byson, adalah fitur yang disematkan. Keduanya sama-sama pakai panel instrumen digital. Lalu untuk sistem pencahayaan masih bohlam.

Rem cakram juga cuma ada di roda depan saja. Sementara yang belakang mengandalkan tromol. Meski demikan, ada satu perbedaan. Kamu bisa melihatnya dari fitur keamanan. 

Meskipun harga jualnya lebih murah, Honda CB150 Verza sedikit lebih unggul soal keamanan.  Guna meminimalisasi risiko pencurian, Honda CB150 Verza tampil lebih modern dengan Secure Key Shutter, sistem penguncian dengan cover bermagnet dan cover penutup yang kuat.

Kesimpulan

cb150 verza atau byson
Honda CB150 Verza merupakan salah satu motor yang pakai transmisi dengan kopling

Jadi, pilih Honda CB150 Verza atau Byson? Masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan. Kalau Yamaha Byson istimewa dari sisi performa serta punya tampilan gagah.

Bila kamu pilih Honda CB150 Verza, tampilan retro lebih ditonjolkan. Kemudian ada fitur keamanan yang mampu mencegah maling. Harganya pun lebih murah.

Apapun pilihan kamu, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan ya!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru