by

Fitur Honda Sensing, Bisa Cegah Kecelakaan?

Jajaran produk terbaru Honda saat ini sudah dilengkapi dengan fitur Honda Sensing, sebut saja BR-V 2022, CR-V Facelift 2021, Accord, hingga Odyssey. Pertanyaannya kemudian, apa itu Honda Sensing?

Honda Sensing merupakan rangkaian teknologi keselamatan yang memberikan perlindungan komprehensif bagi pengemudi dan penumpang dengan cara memberikan peringatan hingga secara otomatis mengambil tindakan untuk mengurangi resiko terjadinya kecelakaan,” seperti dikutip dari rilis resmi pabrikan berlogo H.

Cara kerja teknologi keselamatan ini dengan memanfaatkan bantuan dari dua alat utama. Pertama adalah sensor Millimeter-Wave Radar yang terdapat pada grille depan. Kemudian yang kedua, berupa Monucular Camera yang terpasang di bagian dalam pada kaca depan mobil.

Mau tahu lebih detail soal fitur Honda Sensing? Sejauh mana bisa membuat berkendara jadi lebih selamat? Untuk jawbaannya, simak bahasan berikut:

Ragam Fitur Keselamatan yang Ada di Honda Sensing

fitur Honda Sensing
Adaptive cruise control sudah ada di BR-V generasi kedua varian tertinggi

Mengulas lebih dalam mengenai fitur Honda Sensing yang jadi perangkat keselamatan di beberapa produk pabrikan berlogo H. Ternyata, teknologi ini tidak berdiri sendiri, melainkan sebagai wadah dari berbagai fitur lain.

Baca juga  Singapura Kedatangan Honda Jazz Terbaru, Harga Rp 1 Miliar!

Sebut saja Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC), hingga Auto High Beam. Masing-masing fitur, memiliki tugas tidak hanya untuk mencegah kecelakaan, tapi juga membantu pengemudi supaya bisa berkendara semakin nyaman.

Ambil contoh Collision Mitigation Brake System (CMBS), ini merupakan sistem yang membantu ketika terdapat kemungkinan kendaraan berbenturan dengan kendaraan lain atau pejalan kaki di depan. CMBS mampu  mencegah kecelakaan dengan memberi peringatan, sekaligus otomatis mengurangi laju kendaraan.

Kemudian Lane Keeping Assist System (LKAS), membantu kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada pada jalur. Caranya dengan memberi getaran getaran dan visual jika kendaraan terdeteksi keluar dari jalur.

Lalu Road Departure Mitigation (RDM), berfungsi memberi peringatan dan jika diperlukan melakukan koreksi secara otomatis pada setir. Hal ini berlaku ketika pengendara keluar jalur, setir dikoreksi supaya mobil kembali ke jalur yang benar.

Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow punya fungsi beda lagi. Fitur Honda Sensing ini membantu menjaga kestabilan kecepatan kendaraan dan mengatur jarak dengan kendaraan di depan. Menariknya lagi ACC bisa membuat mobil melaju dan mengerem, tanpa kamu harus menginjak rem atau gas.

Baca juga  Honda Recall Mobil 85 Ribu Unit Masalah Fuel Pump

Terakhir ada Auto-High Beam, sistem ini secara intuitif akan mengaktifkan lampu jauh bila dibutuhkan. Kemudian saat kondisi jalan sudah normal, maka lampu dekat kembali diaktifkan secara otomatis.

Honda Sensing 360, Tahap Selanjutnya

fitur honda sensing 360
Honda Sensing 360 akan diaplikasikan pertama kali di Cina pada 2022

Fitur Honda Sensing tidak hanya itu saja. Pabrikan berlogo H terus mengembangkan teknologinya supaya bisa membuat rasa berkendara semakin nyaman.

Salah satu yang sedang dikembangkan adalah Honda Sensing 360. Keunggulannya, punya sensor lebih banyak sehingga bisa mencakup seluruh bagian mobil. Totalnya ada lima milimeter-wave radar yang tersebar sebagai kombinasi dengan monocular camera yang sudah diterapkan di Honda Sensing saat ini.

“Honda Sensing 360 merepresentasikan langkah selanjutnya dari apa yang telah diaplikasikan untuk teknologi keselamatan dan bantuan pengendara,” kata Assistant Vice President of Product Planning American Honda Motor Co., dalam rilis resmi Rabu (13/10/2021).

Rencananya fitur Honda Sensing 360 bakal diaplikasikan ke mobil-mobil di Cina pada 2022. Kemudian di Amerika akan dipakai sebagai standar seluruh kendaraan Honda pada 2030.

Jika kamu ingin merasakan langsung keunggulan Honda Sensing, dapat test drive Honda CR-V Facelift 2021, Accord, dan Odyssey. Lalu pada 2022, teknologi keselamatan ini juga akan dipunya oleh BR-V generasi terbaru.

Baca juga  Honda CR-V Facelift Mulai Terlihat, Siap Dijual di Indonesia?

Sebenarnya di Tanah Air, bukan cuma mobil-mobil Honda saja yang punya sistem keselamatan canggih. Toyota juga memilikinya dengan nama Toyota Safety Sense (TSS) yang sudah dibenamkan ke beberapa produk, salah satunya Toyota Raize varian tertinggi. Daihatsu pun punya Advance Safety Assist (A.S.A) yang telah hadir di Rocky.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin! (Editor: Baghendra Lodra)

Baca juga:

Terbaru