Ini Daftar Pemenang Toyota Dream Car Art Contest ke-17

Daftar pemenang Toyota Dream Car Art Contest ke-17

Mendukung semangat untuk terus berkontribusi pada dunia pendidikan, PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan para pemenang Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) ke-17.

TDCAC merupakan lomba menggambar mobilitas masa depan yang berlangsung secara global sejak tahun 2004, dimana secara global alumninya telah melampaui 8 juta anak-anak.

Mengusung tagline “Inspire The World with Your Dream!” sejak tahun 2004, Toyota Indonesia rutin mengadakan TDCAC. Sejalan dengan visi ‘Creating Mobility for All’ dan misi ‘Producing Happiness for All’, Toyota mengajak anak-anak di Indonesia untuk menciptakan desain kreatif mobility impian masa depan dengan mengambil tema kebutuhan sosial dan lingkungan sebagai pijakan ide dan desain.

Adapun tema TDCAC Ke-17 (2023-2024) ialah Let’s Change the Future of Cars dan mengajak anak-anak Indonesia untuk menciptakan desain mobilitas impian yang unik, penuh fantasi, kreatif, inovatif, penuh warna, dan berbeda dari mobil-mobil yang ada saat ini

Kompetisi ini terbagi dalam 3 kategori usia, yaitu kategori 1 untuk peserta berusia di bawah 8 tahun, kategori 2 untuk peserta usia 8—11 tahun, dan kategori 3 untuk peserta usia antara 12—15 tahun, Toyota memilih masing-masing 3 pemenang perkategori yang akan dibawa berlomba di tingkat global di Jepang.

“Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional, PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan para pemenang Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) ke-17. TDCAC yang secara konsisten dilaksanakan sejak tahun 2004, merupakan implementasi salah satu dari empat pilar aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) Toyota Indonesia di bidang pendidkan, yaitu ‘Toyota Berbagi Ilmu’. TDCAC fokus untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif anak-anak Indonesia, sekaligus menumbuhkan empati dan kepedulian atas masalah lingkungan dan social, serta mewujudkan jalan keluar dalam bentuk mobility solution yang inovatif, canggih, kreatif, dan out-of-the-box,” jelas Henry Tanoto Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM).

Rangkaian Program Toyota Dream Car Art Contest ke-17

Rangkaian kegiatan Daftar pemenang Toyota Dream Car Art Contest ke-17

Sebelumnya, PT Toyota-Astra Motor (TAM) telah menggelar pre-event bertajuk Prelude Event program TDCAC Ke-17 di Taman Wisata Alam Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta Utara, di bulan Oktober 2023. Dalam kesempatan ini, Toyota juga menggelar reuni alumni TDCAC dan memberikan apresiasi kepada 2 wakil Indonesia yang berhasil meraih penghargaan The Best Finalist di Global TDCAC Ke-16.

Alumni TDCAC berkesempatan mewujudkan impian akan bumi yang lestari dengan mendonasikan bibit pohon mangrove. Toyota turut mengadakan talkshow dengan narasumber keluarga TDCAC Indonesia yang berperan besar di industri kreatif, yaitu Ario Anindito yang sudah berkolaborasi dengan DC Comics, Marvel, dan Star Wars, serta Debby Rahmalia sebagai ilustrator puluhan buku komik best seller terbitan internasional.

Saat ini, TDCAC tidak hanya fokus pada lomba menggambar. Bersama alumni dan para stake holders pendidikan, serta didukung jaringan dealer resmi Toyota di penjuru Indonesia, Toyota Indonesia menghadirkan rangkaian program yang dilaksanakan secara berkelanjutan, di antaranya adalah:

1. Fun Education

Aktivitas belajar interaktif yang fokus untuk mendorong kreativitas, imajinasi, dan inovasi sembari meningkatkan awareness dan empati terhadap isu lingkungan dan sosial.

2. Inspiring Art Competition

Kompetisi menggambar mobil masa depan yang dapat mengatasi isu lingkungan dan sosial. Masyarakat dapat menyaksikan karya-karya peserta TDCAC pada galeri virtual di www.tdcacindonesia.com.

3. Empowering Community

TDAC melibatkan berbagai komunitas

Toyota Indonesia percaya jika pendidikan adalah tanggung jawab bersama. Mulai tahun ini, TDCAC melibatkan komunitas untuk ambil bagian di berbagai aktivitas, termasuk mengajar di workshop untuk meningkatkan skill dari guru dan sistem pendukung pengembangan anak.

Tidak hanya pada produk dan layanan, visi continuous improvement juga Toyota implementasikan di ajang TDCAC ke-17, mengingat animo anak-anak Indonesia yang terus meningkat dimana tahun ini ada lebih dari 7.000 artworks dari 29 Provinsi dikirimkan, meningkat dibanding TDCAC ke-16 dengan 6.161 artwork dari 23 Provinsi.

TDCAC ke-17 berkolaborasi dengan berbagai pihak seperti para alumni TDCAC, lebih dari 50 sekolah, dan sanggar seni dengan keterlibatan guru juga untuk meningkatkan ketrampilan peserta. Keterlibatan 10 Dealer Resmi Toyota yaitu Dunia Barusa, Wira Megah, Auto2000, Plaza Toyota, Asri Motor, Tunas Toyota, Nasmoco, Kalla Toyota, Hasjrat Toyota, dan Sinar Suri juga berperan penting mendukung lomba ini dari Aceh hingga Papua.

Dari 7.000 lebih karya hebat anak Indonesia, tersaring2.648 desain mobilitas impian yang lolos seleksi ide oleh tim juri. Selanjutnya, dipilih lagi 100 karya dari tiap kategori (total 300 karya). Tim juri kemudian memilih 10 besar masing-masing kategori, berikutnya dipilih 3 pemenang pada tiap kategori lomba yang diumumkan bersamaan dengan Hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2024.

Daftar Pemenang Lomba Toyota Dream Car Art Contest ke-17

Sienna Arielle Kedna, pemenang kategori 1

Kategori 1 (di bawah 8 tahun):

  1. Sienna Arielle Kedna (7) / Bandung, Jawa Barat / Mobil Pembawa Kehangatan
  2. Eleandra Zefanya Marjorie (7)/ Depok, Jawa Barat/ Trash Cleaner & Fish Hospital Car
  3. Alecia Anindya Maheswari (7/ Malang, Jawa Timur / Mobil Eco Enzym

Kategori 2 (usia 8—11 tahun):

  1. Albert Ryan (10) / Jakarta Utara, Jakarta / Toyota Mobilitas Untuk Semua
  2. Alya Martha Satriani (11) / Bengkulu, Bengkulu / Stork Car Detecting Water Springs
  3. Talia Tirza (9) / Surabaya, Jawa Timur / Happy Hospital Car

Kategori 3 (usia 12—15 tahun):

  1. Damion Deven (15) / Surabaya, Jawa Timur / P3TRUCK (Provision-Promotion-Prosperity Truck)
  2. Hilmi Susilo Wahyudi (13) / Jakarta Utara, Jakarta / Toyota Peace Car
  3. Anindya Nakesha Zara (14) / Bengkulu, Bengkulu / Mobil Perawatan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa)

Special Awards TDCAC ke-17

Special Awards merupakan penghargaan khusus yang pemenangnya dipilih langsung oleh PD dan VPD PT TAM. Terdapat 2 orang pemenang yaitu:

  1. Best Inspirational Award
    Diberikan kepada karya yang mempunyai ide orisinal dan pesan yang kuat mengenai harapan tentang mobil impian. Penghargaan diberikan kepada: Alecia Anindya Maheswari (7) / Malang, Jawa Timur / Mobil Eco Enzym
  2. Best Indonesia Theme
    Diberikan kepada karya yang mempunyai karakter khusus dan keunikan yang mewakili kebudayaan Indonesia. Penghargaan diberikan kepada: Alya Martha Satriani (11) / Bengkulu, Bengkulu / Stork Car Detecting Water Springs

Selain menerima hadiah berupa dana pendidikan, piala, dan sertifikat khusus, pemenang juga akan mewakili Indonesia pada kontes TDCAC tingkat global di Jepang, bersaing dengan karya-karya dari 75 negara lain di dunia.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related posts

Spesifikasi Ducati Monster Senna Terbatas Cuma 341 Unit

Geber Pesta Trade-In Hyundai Sekarang di Seluruh Indonesia

Ratusan Toyota bZ4X Dukung Event World Water Forum 2024