Friday, February 3, 2023
Banner

5 Kekurangan Honda City Sedan 2021, Wajib Tahu!

by Tigor Sihombing
Kekurangan Honda City Sedan

Mengetahui kekurangan Honda city sedan tebaru penting, terutama jika kamu sedang berencana membeli unit ini. Seperti pada bahasan sebelumnya, Honda City baru saja merilis model terbaru.

Dengan hadirnya All New Honda City, berarti sudah ada 5 generasi dari mobil ini yang beredar di Indonesia sejak tahun 1997.

Saat ini, All New Honda City menggunakan mesin 1.5L DOHC i-VTEC yang telah diperbaharui untuk menghasilkan tenaga maksimum sebesar 121 PS pada 6600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm.

All New Honda City merupakan produk sedan yang diimpor untuh (CBU) langsung dari Thailand. Mobil ini hadir sudah sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan seperti G-CON + ACETM, Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist.

Selain itu ada juga emergency Stop Signal, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Assist (VSA), Brake Override System, Seatbelt Reminder dan ISOFIX & Tether.

Dengan sederet fitu keamanannya, Honda City juga masih memiliki kekurangan. Terutama jika dibandingkan dengan kompetitornya yaitu Toyota Vios.

Sedikitnya ada beberapa kekurangan Honda City yang bisa jadi bahan pertimbangan kamu sebelum membeli sedan Jepang ini. Apa saja ya kira-kira kekurangnnya, yuk simak langsung ulasannya.

1. Dibanderol Lebih Mahal

Kekurangan Honda City Sedan

Salah satu faktor yang membuat harga Honda City terbaru lebih mahal adalah mobil tersebut masuk secara CBU dar Thailand.

Kekurangan Honda City sedan yang pertama adalah harganya lebih mahal di banding kompetitor. Saat ini harga Honda City sedan terbaru di bandrol Rp 355 juta sedangkan versi sebelumnya Rp 352,6 juta.

Baca juga  Spesifikasi Honda Civic Hatchback 2022, Lebih Fun To Drive!

Harga tersebut lebih mahal dibanding Toyota Vios yang saat ini dibandrol mulai Rp 299-333 jutaan.

Salah satu faktor yang membuat harga Honda City terbaru lebih mahal adalah mobil tersebut masuk secara CBU dar Thailand. Berbeda dengan Vios yang sudah diproduksi lokal.

2. Tidak Punya Fitur Honda Sensing

fitur Honda Sensing

 All New City tidak dibekali dengan fitur teknologi keselamatan tercanggih milik Honda.

Kekurangan Honda City sedan berikutnya adalah tidak memiliki fitur keselamatan tercanggih seperti Honda Sensing. Padahal secara harga terbilang mahal di kelasnya.

Fitur Honda Sensing sendiri sudah ada di Honda BR-V 2022. Teknologinya istimewa, karena memang bisa meningkatkan keselamatan pengemudi dan penumpang ketika berkendara.

Honda Indonesia juga memangkas fitur Honda Connect yang berfungsi memungkinkan penggunanya terhubung dengan mobilnya, keluarga, dan pabrikan. Di Thailand sendiri sebagai negara yang mengekspor City ke Tanah Air, fitur ini sudah digunakan pada Honda City terbaru 

Walau demikian, dari sisi fitur modern bukan berarti City generasi kelima yang ada di Indonesia tidak istimewa. Salah satunya sudah mengaplikasi fitur cruise control. Teknologi ini memungkinkan pengendara bisa lebih rileks saat melewati jalan bebas hambatan.

Pasalnya laju mobil bisa stabil, kemudian kalau ingin berakselerasi dan melambat cukup tekan tombol di lingkar kemudi. Alhasil kaki pengendara bisa istirahat dari menekan gas dan rem.

Baca juga  Mazda 2 Sedan Sudah Hadir di Indonesia

Tidak ketinggalan, paddle Shift ditanamkan pada setir kemudi City generasi kelima untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara. Lalu yang tidak kalah menarik, kisi-kisi AC ada di bangku baris kedua. Plus kehadiran power outlet untuk penumpang belakang.

3. Cuma Punya Satu Type

Kekurangan Honda City Sedan

Padahal di Thailand All New Honda City hadir dalam 4 type yakni RS, SV, tipe V dan tipe S. Belum lagi dengan hadrinya City Hatchback dan Honda City e:HEV.

Untuk kamu yang ingin memiliki Honda City terbaru ini, ternyata Indonesia hanya menyediakan type E CVT. Berbeda dari saingan terdekatnya Toyota Vios yang memiliki 3 type, di antaranya E M/T, G M/T dan G CVT.

Ini disebut sebagai kekurangan Honda City sedan karena pilihan untuk konsumen jadi tidak beragam. Padahal di Thailand All New Honda City hadir dalam 4 type yakni RS, SV, tipe V dan tipe S. Belum lagi dengan hadirnya City e:HEV.

Ini merupakan versi hybrid, City e:HEV dilengkapi teknologi keselamatan Honda Sensing dan fitur keselamatan lain, seperti LaneWatch, Multi-angle Rearview Camera, Electric Parking Brake (EPB), Auto Brake Hold, Walk Away Auto Lock serta Honda CONNECT.

4. Kompetitor Punya Airbag Lebih Banyak

Kekurangan Honda City Sedan

Di generasi sebelumnya, Honda sempat memangkas fitur airbag dari 6 menjadi hanya 2 titik airbag saja.

Mobil ini memiliki 6 titik kantung keselamatan airbags. Cukup banyak memang, namun ini masuk dalam kekurangan Honda City sedan karena kompetitor punya lebih banyak. Toyota Vios sudah mengaplikasi 7 titik airbags.

Baca juga  3 Kelebihan Honda CR-V Turbo Prestige, Yakin Gak Mau Beli?

Walau sebenarnya, pada generasi ke-5 Honda City ini jumlah airbag tersebut sudah mengalami peningkatan. Karena generasi lamanya, cuma punya 2 titik airbag. Masing-masing airbag tersebut hanya diperuntukan untuk penumpang depan dan supir saja.

Sebenarnya soal airbag ini sangat penting dan tidak bisa ditolerir. Karena pada kenyataannya, airbag adalah salah satu fitur keselamatan berkendara yang sangat membantu mengurangi cedera penumpang ketika terjadi kecelakaan.

Terutama untuk jenis sedan yang sangat mengutamakan keselamatan dan kenyamanan penggunanya.

5. Hanya ada Sedikit Pilihan Warna Bodi dan Pelek Belum Two Tone

Honda City terbaru hanya memiliki 3 pilihan warna yakni Platinum White Pearl, Meteoroid Gray Metallic dan Crystal Black Pearl.

Honda City terbaru hanya memiliki 3 pilihan warna yakni Platinum White Pearl, Meteoroid Gray Metallic dan Crystal Black Pearl.

Mungkin jumlah type ini juga mempengaruhi keragaman warna Honda City terbaru. Totalnya hanya ada tiga warna bodi: Platinum White Pearl, Meteoroid Gray Metallic dan Crystal Black Pearl. Lalu khusus warna Meteorid Gray Metalic baru mulai tersedia pada bulan Maret 2021.

Bandingkan dengan Toyota Vios terbaru, memiliki koleksi warna yang lumayan beragam ada 6 jenis. Yakni warna dark blue mica metallic, silver metallic, attitude black mica, quartz brown, red mica metallic, dark grey metallic.

Kemudian kekurangan Honda City sedan model 2021 selanjutnya velg belum two tone. Padahal di City model lama yang meluncur pada 2017 lalu, peleknya telah pakai gaya two tone. 

Pelek silver atau monotone dari City terbaru justru meninggalkan kesan murahan. Apalagi kompetitor yaitu Vios telah menggunakan pelek two tone untuk varian tertinggi. Walau demikian, soal ukuran pelek tidak beda yaitu pakai 16 inci.

Demikian ulasan terkait kekurangan Honda City Sedan terbaru. Kiranya ulasan konten artikel ini bisa menjadi bahan pertimbangan kamu sebelum memutuskan untuk membeli mobil.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika