Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Nex Crossover 2024

by Tigor Sihombing
Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Nex Crossover 2024

Kali ini Moladin akan membahas kelebihan dan kekurangan Suzuki Nex Crossover 2024. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan varian Nex Crossover sejak akhir tahun 2020, untuk melengkapi varian lain yakni Suzuki Nex. Skuter matik (skutik) ini diposisikan sebagai skuter kompak bergaya crossover, menawarkan sensasi berkendara yang sporty dan unik.

“Suzuki melihat segmen pasar yang unik dan potensial untuk jenis sepeda motor entry-level crossover scooter. Kondisi infrastruktur di banyak daerah yang belum seluruhnya baik, namun ada kebutuhan masyarakat terhadap sepeda motor yang praktis dan efisien,” ujar Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Department Head PT SIS dalam keterangan resminya, kala itu.

Suzuki Nex Crossover memiliki tampilan berbeda dari Nex II, meski tetap mempertahankan keunggulan yang ada pada model sebelumnya.

Spesifikasi Mesin Suzuki Nex Crossover

image706
Suzuki Nex Crossover, sama dengan varian standar

Suzuki Nex Crossover dibekali mesin SEP (Suzuki Eco Performance) 115cc, 1-silinder, SOHC (Single Over Head Camshaft) dan teknologi FI (Fuel Injection). Mesin ini mudah dinyalakan berkat teknologi Suzuki Easy Start System, yang juga telah digunakan pada model sepeda motor Suzuki lainnya.

Dengan segala perubahan dan pengembangan yang ada, Suzuki Nex Crossover saat ini dijual dengan harga Rp 20,850 juta (on the road DKI Jakarta).

Warna Baru Suzuki Nex Crossover di 2024

ge 1466938471

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara diam-diam meluncurkan pilihan warna baru untuk Suzuki Nex II Crossover. Skutik petualang ini kini tampil lebih segar dan menarik dari sebelumnya. Berdasarkan informasi dari akun Instagram resmi @suzukiindonesiamotor, Suzuki Nex II Crossover mendapatkan tiga pilihan warna baru sejak akhir Februari 2024.

Baca juga  Ragam Warna Suzuki Nex II 2020, Lebih Futuristik

Motor ini masih mempertahankan gaya khas skutik dengan tampilan ala motor trail. Perbedaannya dengan Nex reguler terletak pada setang model Naked Handle Bar dan ban All Terrain Tires yang digunakan.

Fitur dan Desain

Suzuki Nex II Crossover masih mengusung fitur Digital Speedometer yang mudah terlihat baik siang maupun malam hari. Untuk menambah keamanan dan kepraktisan, terdapat Covered Key serta Pocket & Hook untuk menaruh barang bawaan. Selain itu, skutik ini juga dilengkapi dengan jok model 2 Tone Seat Cover yang lebih sporty.

Adapun pilihan warna baru yang tersedia adalah Stronger Red, Pearl Ash Blue, dan Solid Black.

Kelebihan Suzuki Nex Crossover

image707
Neked handle bar memberikan tampilan gagah dan posisi berkendara yang lebih nyaman, mirip dengan motor adventure.

Suzuki Nex Crossover menawarkan berbagai keunggulan yang membuatnya layak dipertimbangkan sebagai pilihan skutik petualang.

1. Desain

Salah satunya adalah desain setang telanjang (Naked Handle Bar). Model ini Menggunakan setang model telanjang yang memberikan tampilan gagah dan posisi berkendara yang lebih nyaman, mirip dengan motor adventure.

Tidak lupa menggunana ban dual purpose tubeless, yang lebih cocok untuk berbagai medan, memberikan keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Baca juga  9 Motor Naked Terbaik dan Murah di Indonesia

2. Fitur

Nex Crossover memiliki panel meter digital berukuran besar dengan lampu latar kuning yang memudahkan visibilitas siang dan malam. Selain itu Sistem pengunci yang aman dengan fitur Covered Key serta Pocket & Hook untuk menaruh barang bawaan.

Suzuki Nex Crossover juga dilengkapi dengan jok model 2 Tone Seat Cover yang lebih sporty dan nyaman.

3. Akomodasi

Meskipun memiliki dimensi yang kompak, Nex Crossover menawarkan kenyamanan berkendara dengan pijakan kaki yang luas dan setang yang tinggi. Ground clearence juga tinggi, dengan jarak terendah ke tanah 150 mm, Nex Crossover optimal untuk melibas polisi tidur atau jalan tidak rata tanpa khawatir mentok.

4. Performa

Mesin Nex Crossover menghasilkan tenaga 9,2 Hp, memberikan performa yang baik untuk skutik di kelasnya. Dengan berat hanya 94 kg, Nex Crossover mudah dikendalikan dan nyaman digunakan sehari-hari.

Skutik ini juga terbilang sangat irit, beberapa metode pengujian mencatat rata-rata konsumsi BBM Suzuki Nex Crossover mencapai 1:44km/liter.

Kekurangan Suzuki Nex Crossover

image708

Meskipun Suzuki NEX Crossover menawarkan sejumlah keunggulan, seperti setiap kendaraan lainnya, tidak luput dari beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan oleh calon pembeli.

Dalam artikel ini, kita akan menganalisis beberapa kekurangan Suzuki NEX Crossover yang dapat menjadi pertimbangan penting sebelum Anda membuat keputusan pembelian.

Baca juga  Pasar Suzuki GSX Series Makin Bergairah Melalui Tambahan Warna dan Gimmick

1. Tangki BBM dan Ruang Bagasi Kecil

Salah satu kekurangan yang dapat ditemui pada Suzuki NEX Crossover adalah ruang kabin yang terbatas, terutama jika dibandingkan dengan beberapa pesaingnya di kelas yang sama.

Kemampuan membawa barang pada Suzuki Nex Crossover memang bukan menjadi keunggulannya. Dengan tubuh yang kompak, ruang penyimpanan sangat terbatas. Bagasi di bawah jok hanya cukup untuk menaruh barang-barang kecil dan tidak dapat memuat helm.

Selain itu kapasitas tangki bensin Nex Crossover hanya 3,6 liter, lebih kecil dibandingkan dengan Beat Street dan X-Ride 125 yang memiliki kapasitas 4,2 liter.

2. Suspensi yang Kurang Nyaman

Meskipun Suzuki NEX Crossover memiliki suspensi yang disesuaikan untuk memberikan keseimbangan antara kenyamanan dan stabilitas, beberapa pengguna melaporkan bahwa suspensinya cenderung lebih kaku daripada yang diharapkan.

Ini dapat menghasilkan perasaan kurang nyaman saat melewati jalan yang tidak rata atau permukaan kasar.

Demikian ulasan kelebihan dan kekurangan Suzuki Nex Crossover 2024. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika