by

4 Kelebihan Hyundai Ioniq, Jangan Asal Beli!

PT Hyundai Motors Indonesia (HMDI) resmi meniagakan sedan listrik mereka, Ioniq di Tanah Air. Ada sejumlah kelebihan Hyundai Ioniq yang perlu kalian ketahui sebelum meminang produk ini.

Hyundai Ioniq sendiri sejatinya sudah diperkenalkan di Indonesia sejak beberapa tahun lalu. Namun bukan diperuntukan untuk penjualan massal.

Ioniq justru lebih dulu digunakan sebagai armada baru taksi online sejak Januari 2020. Kini mobil yang ditawarkan dalam dua varian tersebut, berbanderol Rp 624,8 juta untuk Ioniq Prime dan Rp 664,8 juta untuk Ioniq Signature bisa dibeli masyarakat luas.

Bagi kalian yang ingin membeli sedan ramah lingkungan asal Korea Selatan tersebut. Setidaknya perlu mengetahui lebih dahulu kelebihan Hyundai Ioniq.

Penasaran ingin tahu apa saja kelebihan Ioniq? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Berbekal Desain Modern, Jadi Kelebihan Hyundai Ioniq

Kelebihan Hyundai Ioniq
Dengan bobot yang ringan dan atap rendah, Hyundai Ioniq suguhkan aerodinamika yang baik

Kelebihan Hyundai Ioniq tentu tak lepas dari desain futuristik. Desainnya terbilang menarik yang dipadukan dengan teknologi modern.

Pantas rasanya jika Hyundai Ioniq digunakan untuk mendukung masyarakat perkotaan. Eksteriornya begitu modern berkat penyematan lampu utama berjenis LED dan DRL yang dipadukan dengan gril bergaya futuristik.

Baca juga  6 Mobil Listrik yang Meluncur di 2020 Untuk Indonesia

Beragam peranti mendukung tampilan eksterior antara lain streamlined Alloy Wheels Design, lampu belakang LED, dengan tailgate bergaya sportif. Tersedia juga charging ports untuk memudahkan konsumen dalam pengisian daya baterai.

2. Interior Dengan Nuansa Elegan

Interior Hyundai Ioniq
Interior elegan, jadi kelebihan Hyundai Ioniq

Bicara mengenai kelebihan Hyundai Ioniq selanjutnya, mobil ini menawarkan nuansa kabin yang mewah. Kabin dibekali dengan jok berbahan kulit dan juga sunroof untuk memberikan kemewahan.

Interiornya juga disematkan fitur utility mode yang memungkinkan pengemudi masih tetap bisa menyalakan AC atau head unit, meski motor listrik dalam keadaan mati.

Mobil listrik Hyundai punya desain modern dan elegan. Tersedia fitur yang bisa membantu saat sedang berkendara. Misalnya informasi kondisi baterai, termasuk sisa jarak tempuh, pilihan mode berkendara dan pengaturan berbagai fungsi kendaraan lainnya,” ujar Makmur, Managing Director HMID, pada kesempatan yang sama.

Fitur lainnya yang tersedia di dalam kabin, ada pemanas dan pendingin jok depan, dan juga dibekali dengan wireless phone charging.

3. Fitur dan Teknologi Berlimpah

Kabin Hyundai Ioniq
Nuansa kabin elegan, kelebihan Hyundai Ioniq

Terdapat satu fitur yang cukup menarik untuk dibahas, jika bicara mengenai kelebih Hyundai Ioniq. Di mana mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur Button Shift by Wire.

Baca juga  Hyundai AX1, Calon Rival Rocky dan Raize

Tombol dengan tipe Shift by Wire itu diklaim pabrikan mampu meningkatkan kenyamanan pengoperasian kendaraan. Cukup menekan tombol, pengemudi bisa mengatur performa kendaraan sesuai kebutuhan.

Fitur tersebut memungkinkan daya listrik langsung dari motor listrik melalui single speed reduction gear ke roda depan mengikuti pedal accelerator. Teknologi ini diklaim pabrikan mampu menghasilkan performa kendaraaan secara maksimal.

Tidak hanya itu saja, kelebihan Hyundai Ioniq juga telah dilengkapi dengan serangkaian fitur keamanan dan juga keselamatan modern. Mulai dari Blind spot Collision Warning, Rear Cross Traffic Collision Warning, 7 airbag system dan Tire Pressure Monitoring System.

4. Mesin yang Ramah Lingkungan

mobil listrik hyundai
Hyundai Ioniq merupakan mobil listrik bergaya seda, sudah lebih dulu digunakan sebagai armada taksi di Indonesia.

Seperti diketahui, Ioniq Electric dibekali dengan motor listrik bermagnet permanen dengan kemampuan mengeluarkan tenaga maksimal 134 hp dan torsi 295 Nm. Sumber tenaga berasal dari baterai lithium ion 38,3 kWh.

Mesin itu tentunya sejalan dengan rencana Pemerintah Indonesia terkait percepatan era elektrifikasi kendaraan bermotor nasional sebagaimana tercantum pada Perpres 55/2019.

Sung Jong Ha, Presiden Direktur PT Hyundai Motors Indonesia mengatakan, “Momentum peluncuran dua mobil listrik ini diharapkan mampu berkontribusi untuk masyarakat dan mobilitas yang ramah lingkungan”.

Baca juga  Cara Membaca Kode Ban Mobil yang Wajib Diketahui

Untuk urusan performa, Hyundai Ioniq tidak boleh dipandang sebelah mata. Dengan mengusung sistem penggerak roda depan, mobil tanpa emisi ini mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 Kpj hanya dalam 9,9 detik.

Mobil ini dilengkapi dengan motor listrik yang disalurkan melalui baterai lithium-ion polymer dengan kapasitas 38,3 kWh. Dalam kondisi baterai terisi penuh, Hyundai Ioniq diklaim pabrikan mampu melaju sejauh 373 kilometer.

Nah, sekarang sudah tahukan apa saja kelebihan Hyundai Ioniq? Semoga informasi di atas dapat bermanfaat, setidaknya dapat menjadi gambaran sebelum resmi membeli Ioniq untuk menunjang mobilitas sehari-hari.

Baca juga:

Terbaru