Senin, Mei 20, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Kenalan Langsung Dengan Geely Zeekr 007, Spesifikasi Gila Desain Luar Biasa

by Ivan
Spesifikasi Geely Zeekr 007

Dunia seperti tengah berbalik tatkala Cina menggelar pemaran otomotif akbar Beijing Auto Show 2024. Didominasi kendaraan elektrifikasi, sederet mobil baru muncul dan membuka cakrawala jika negeri Tirai Bambu sedang demonstrasi mobil-mobil listrik luar biasa, salah satunya Geely Zeekr 007.

Tim Moladin berkesempatan langsung melihat spesifikasi Geely Zeekr 007 sang pemenang Reddot Car Design 2024 yang menawan. Sedan mewah full listrik ini berada di segmen B dan saingan langsung bagi Xiaomi SU7 dan Tesla Model 3. Mari kita ulas lebih detail mengenaik mobil ini.

Impresi Desain Geely Zeekr 007

Desain bodi Geely Zeekr 007 menang Reddot Car Design 2024
Desain bodi Geely Zeekr 007 menang Reddot Car Design 2024

Salah satu varian yang mejeng dan kami temui di Beijing Auto Show beberapa waktu lalu merupakan Zeekr 007 Smart AWD yang dijual seharga 35.900 USD atau sekitar Rp 576,6 juta. Tampilan luar Geely Zeekr 007 ini terlihat sporty dan berotot.

Uniknya memang mobil ini tidak pasang DRL LED untuk penegasan kehadirannya di jalan namun hadir lampu interaktif Zeekr Stargate 90 inci, yang dapat memproyeksikan gambar dan teks didukung tingkat kecerahan 10,000 nits.

Pada bodi mobil ini juga tak lagi mengadopsi tuas pintu konvensional untuk meningkatkan aerodinamis. Sementara pada buritan hadir desain lampu belakang yang menyambung dan berkesan modern. Hasil akhir Zeekr 007 memang bukan pekerjaan mudah namun didesain secara matang oleh Stefan Sielaff, mantan desainer Audi dan Bentley.

Baca juga  Laporan Langsung Beijing Auto Show 2024 : Spesifikasi Chery Tiggo 9 PHEV, Impresi dan Proyeksi Kehadirannya di Indonesia

Kabin dan Akomodasi Geely Zeekr 007

Kabin Zeekr 007 Smart AWD
Kabin Zeekr 007 Smart AWD

Kabin Zeekr 007 Smart AWD juga menyuguhkan pengalaman terbaik bagi pengendara dan penumpang. Pintu terbuka secara elektronik dengan menekan tombol di pilar B.

Kabinnya dihiasi kombinasi kulit Nappa dan suede, dan kursi pengemudi menawarkan fungsi ventilasi dan fitur pijat untuk menambah kenyamanan dan ada penyangga punggung.

Pada area tengah dasbor Geely Zeekr 007 hadir layar tengah OLED 15 inci dan AR-HUD 35,5 inci, ditenagai oleh CPU Qualcomm Snapdragon 8295, memastikan pengalaman berkendara berada ke tingkatan lebih lanjut.

Ruang kaki dan kepala di baris kedua terasa lega
Ruang kaki dan kepala di baris kedua terasa lega

Bahkan bagi penumpang belakang, ruang kaki dan kepala yang disuguhkan di kabin terasa begitu lapang. Bahkan sandaran punggung dapat disesuaikan secara elektronik untuk kenyamanan pribadi.

Penumpang dengan postur lebih tinggi juga masih dapat merasakan kenyamanan dengan meletakkan kaki mereka di bawah kursi depan. Fitur desain ini memastikan kenyamanan berkendara bagi semua awak kabin.

Tambahan lain ialah hadirnya panoramic sunroof yang berukuran besar dan diklaim sudah meredam panas. Lantaran terintegrasi dengan “kubah privasi berlapis nano,” yang menawarkan berbagai tingkat transparansi dan isolasi termal.

Baca juga  Laporan Langsung Beijing Auto Show 2024 : Lihat Gebrakan Toyota dan Lexus di Cina

Terdapat bagasi kecil yang dapat menyimpan kabel pengisi daya. Juga jok belakang dapat dilipat untuk penyimpanan tambahan yang lebih luas.

Jantung Geely Zeekr 007

Baterai emas LFP diklaim bisa melaju sejauh 616 km
Baterai emas LFP diklaim bisa melaju sejauh 616 km

Zeekr 007 dibangun berdasarkan pada arsitektur atau sasis mobil listrik murni, Sustainable Electric Architecture (SEA). Ia memiliki bodi aluminium bagian belakang mega-casting yang terintegrasi.

Zeekr 007 Smart AWD memiliki dua motor: 165 kW di depan dan 310 kW di belakang. Model ini mampu melaju dari 0 hingga 100 km/jam dalam 3,5 detik meski berbobot lebih dari dua ton.

Namun versi yang lebih garang yakni Zeekr 007 Performace mampu sprint lebih kencang lagi yakni 0–100 km/jam cuma dalam 2,84 detik dengan konfigurasi motor yang sama namun dengan bobot bodi yang lebih ringan.

Zeekr 007 warna “Kung Fu Yellow,” sebagai penghormatan kepada Bruce Lee di film Game of Death
Zeekr 007 warna “Kung Fu Yellow,” sebagai penghormatan kepada Bruce Lee di film Game of Death

Pada Zeekr 007 Smart AWD, tersedia dua pilihan baterai: baterai emas lithium iron phosphate (LFP) Zeekr 75 kWh (CTLC 616 km) dan baterai NMC 100 kWh CATL (CTLC 770 km).

Oh ya mobil yang kami lihat di Beijing Auto Show hadir dalam warna “Kung Fu Yellow,” versi pertunjukannya memberi penghormatan kepada Bruce Lee di film Game of Death.

Geely Zeekr 007 Mengalahkan Manusia Dalam Tes Parkir Rumit

Sistem parkir otomatis Geely Zeekr 007 bisa imbangi pengemudi manusia
Sistem parkir otomatis Geely Zeekr 007 bisa imbangi pengemudi manusia

Kekinian Zeekr 007 bahkan mampu lebih unggul dibanding pengemudi manusia saat melakukan adu parkir menggunakan sistem parkir otomatis. Walau secara keseluruhan sistem parkir mobil Zeekr meraih kemenangan gemilang meski pengemudi manusia berhasil meraih waktu tercepat.

Baca juga  6 Spesifikasi Sedan Listrik Murni Geely Zeekr 007

Pengujian tersebut melibatkan penempatan Zeekr 007 ke dalam tempat yang digambarkan sebagai tempat parkir mekanis selebar 2060 mm – mungkin merupakan salah satu ruang untuk sistem penumpukan mobil vertikal yang cukup umum di Asia. Ini bisa jadi rumit karena kemiringan ke atas dan saluran untuk masuknya roda dan Zeekr 007 sendiri memiliki lebar 1900 mm.

Pengujikan parkir otomatis ini menjadi bagian dari promosi lanjutan OS 6.1 di otak Zeekr 007 yang mengedepankan fitur parkir pintar yang sudah diupgrade.

Fungsi ini melibatkan sistem fisheye bird’s eye view (BEV) yang dikembangkan sendiri oleh Zeekr yang membantu mobil menghadapi kun, kolom, dan rantai. Sebagai bagian dari proses parkir, mobil secara otomatis menarik kaca spion samping. Mantap! Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika