Komparasi Chery Omoda E5 vs BYD Atto 3, Lebih Nyaman Mana?

by Firdaus Ali
komparasi Chery Omoda E5 vs BYD Atto 3

Berikut akan kami ulas mengenai komparasi Chery Omoda E5 vs BYD Atto 3. Dalam pembahasan kali ini, kami fokus pada tes nanjak, drag race, konsumsi listrik serta luas bagasi dari masing-masing mobil listrik asal Cina tersebut.

Chery Omoda E5 dan BYD Atto 3 merupakan dua mobil listrik yang masuk ke dalam segmen SUV (Sport Utility Vehicle). Keduanya punya desain eksterior yang modern dan sedap dipandang mata.

Soal harga, saat ini benderol Chery Omoda E5 yaitu Rp 498,8 juta. Kemudian untuk harga dari BYD Atto 3 sebesar Rp 515 juta, lebih mahal BYD Atto 3. Selisih harganya cukup lumayan, yaitu di angka Rp 16 jutaan.

Desain Eksterior, Sesuai Selera

Komparasi Chery Omoda E5 vs BYD Atto 3 pertama akan membahas desain eksterior. Sebagai catatan, jika berbicara desain tentu tidak bisa objektif karena selera setiap orang akan berbeda-beda.

Desain eksterior Chery Omoda E5 cukup sedap dipandang mata lantaran memiliki platform dan desain yang berbasis pada Omoda 5 bertenaga bensin sehingga banyak kemiripan antara tampilan luar dan dalamya.

Namun Chery telah melakukan beberapa perubahan desain untuk membedakan kedua model ini. Pada eksterior Omoda E5 terdapat bumper depan yang lebih halus, pelek 18 inci yang lebih aerodinamis, gril yang lebih rendah, kaca spion sewarna bodi, roof rail dan desain bumper belakang yang sedikit diubah.

Oh ya pada fascianya yang halus tadi ada colokan pengisian baterai sementara bagian samping dan belakang, masih mirip dengan Omoda 5 biasa. Adapun dimensi Chery Omoda E5 memiliki panjang 4.424 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.588 mm.

Sementara itu, Untuk BYD Atto 3 punya dimensi yang lebih bongsor daru Omoda E5. BYD Atto 3 memiliki panjang 4.455 mm, lebar 1.875 mm, dan tinggi 1.615 mm dengan jarak sumbu roda 2.720 mm.

Baca juga  Diler Chery Arta Karawang Resmi Beroperasi, Ada Layanan Home Service!

BYD Atto 3 juga memberikan perhatian khusus pada desainnya. Dikemas sebagai SUV listrik yang nyaman dan canggih, Atto 3 memiliki desain yang sporty dan aerodinamis.

Dengan waistline yang miring ke atas, lampu depan dan belakang yang dinamis, serta pemilihan velg yang proporsional dengan body, mobil ini menciptakan tampilan yang ekspresif dan visibilitas yang tinggi saat berkendara malam.

Tes Nanjak, Omoda E5 Lebih Unggul

Komparasi Chery Omoda E5 vs BYD Atto 3 selanjutnya dari pengujian tes nanjak. Yup, pengetesan ini kami lakukan untuk menguji performa dapur pacu kedua mobil listrik tersebut.

Lansung saja, kedua mobil listrik itu dinaiki oleh 4 penumpang dengan total bobot 420 kilogram. Kemudian, kami juga menggunakan stopwatch untuk mengukur siapa yang paling cepat menanjak.

Hasilnya, Chery Omoda E5 mencatat waktu lebih baik dibanding BYD Atto 3. Terlihat dari stopwatch angka untuk Omoda E5 yaitu 15,49 detik. Sementara untuk BYD Atto 3 catatan waktunya 17,49 detik.

Drag Race, BYD Atto 3 Ketinggalan

Komparasi Chery Omoda E5 vs BYD Atto 3 selanjutnya adalah drag race sejauh 201 meter. Sebagai informasi, BYD Atto 3 dibekali dengan baterai 60,48 kWh yang di atas kertas punya tenaga 201 hp dan torsi 310 Nm melalui transmisi AT. Kemudian untuk baterai Omoda E5 sebesar 61 kWh dengan tenaga 201 hp dan torsi 340 Nm melalui transmisi AT.

Hasilnya, lagi-lagi Chery Omoda E5 lebih unggul dari BYD Atto 3. Adapun catatan angka untuk akselerasi dari 0-100 km/jam raihan waktu Omoda E5 sebesar 6,8 detik dan BYD Atto 3 7,2 detik. Sementara untuk drag race sejauh 201 meter catatan waktu Omoda E5 yaitu 9,7 detik dan BYD Atto 3 9,9 detik.

Kekedapan Kabin, BYD Atto 3 Lebih Bagus

Komparasi Chery Omoda E5 vs BYD Atto 3 selanjutnya adalah kekedapan kabin. Ini untuk mengukur kebisingan suara dari luar mobil yang masuk ke dalam kabin interior. Pengetesan ini juga menggunakan alat DB meter untuk mengukur suara di dalam kabin.

Baca juga  First Drive BYD Seal di Sirkuit Sentul, Ioniq 6 Mesti Waspada!

Hasilnya, BYD Atto 3 lebih bagus dibanding Chery Omoda E5 jika berbicara kenyamanan kabin dari sisi kebisingan suara dari luar yang masuk ke kabin mobil. Adapun hasil angka yang ditampilkan oleh alat DB meter untuk BYD Atto 3 yaitu 69,5 dB dan Omoda E5 76,6 dB.

Luas Bagasi BYD Atto 3 Lebih Lega

Luas bagasi dari kedua mobil listrik ini juga menjadi bagian komparasi Chery Omoda E5 vs BYD Atto 3. Sebab, luas bagasi juga menentukan kepraktisan sebuah mobil.

Setelah menggunakan alat ukur meteran laser, luas bagasi dari Chery Omoda E5 sebesar 337 liter. Berbeda dengan BYD Atto 3 yang punya dua pilihan untuk ruang bagasinya. Pertama punya luas 301 liter jika bagasi tidak diubah lantainya. Namun jika lantainya dicopot dan diletakan lebih dalam, bagasinya menjadi lebih luas yaitu 435 liter.

Fitur Omoda E5 Lebih Modern

Mengulas komparasi Chery Omoda E5 vs BYD Atto 3 tentu kurang afdhol tanpa membahas kelengkapan fitur keduanya.

Chery Omoda E5 sudah dilengkapi dengan sistem ADAS. Meliputi Adaptive Cruise Control (ACC), Autonomous Emergency Braking (AEB), Lane Departure Prevention (LDP), Rear Cross Traffic Alert (RCTA) dan banyak lagi semisal DOW, BSD, ELK, LDP, TJA, ICA, IES, LDW, AVM,  RCTA, ACC, AEB, FCW, SLA, dan RVC.

Kemudian untuk fitur keamanan sebagai berikut:

  • Rem cakram di semua roda dengan sistem ABS (Anti-lock Braking System)
  • 4-door Window Anti-pinch System
  • Safety Belt with Pretensionerand Load Limiter
  • Child Safety Door Locks
  • High Strength Anticorrosive Body
  • Body Anti-theft Alarm
  • 6 Ring-type Air Bags
  • Tire Pressure Monitoring System
  • Sistem penguncian pintu otomatis
  • Alarm anti-maling
  • 18 Inch low resistance wheel
Baca juga  Masa Penantian Usai, Ribuan Unit Mobil BYD Tiba dan Siap Diserahkan ke Pelanggan

Omoda E5 juga sudah dilengkapi dengan Car Link O, fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai informasi dan mengontrol fungsi kendaraan melalui smartphone mereka.

Car Link O punya beragam manfaat yang akan dinikmati oleh pengguna Chery OMODA E5. Aplikasi Car Link O dapat diunduh melalui Google Play Store dan App Store iOS, dan setelah terhubung, pengguna dapat mengakses berbagai fitur, antara lain:

  1. Membuka dan menutup pintu, jendela, sunroof, dan bagasi.
  2. Mengatur suhu AC kursi dan kabin.
  3. Mengetahui atau mencari posisi mobil saat diparkir.
  4. Memantau sisa kapasitas baterai dan tekanan angin ban.
  5. Battery Health Care: memantau kondisi baterai secara real-time.
  6. Chery Safety Care: akses fitur keselamatan seperti pengereman darurat otonom.
  7. Smart Charging: memantau waktu dan mode pengisian daya baterai.
  8. Climate Control: mengontrol suhu kabin dari jarak jauh.
  9. Driving Behavior Report: mendapatkan laporan perilaku mengemudi untuk meningkatkan efisiensi dan keselamatan.

Sementara itu, untuk kelengkapan fitur dari BYD Atto 3 antara lain airbags untuk sisi pengemudi dan penumpang, Blind Spot Detection (BSD), Electronic Stability Program (ESP), Integrated Park Brake (IPB), Traction Control System (TCS), Electronic Brake Distribution (EBD) Comfort Stop (CST) Hill Descent Control (HDC).

Ada juga Adaptive Cruise Control (ACC) & Intelligent Cruise Control (ICC), Anti Lock Brake System (ABS), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Rear Collision Warning (RCW), Lane Keep Assistance (LKA), Lane Change Assist (LCA), dan Emergency Lane Keep (ELK), dan masih banyak lagi.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika