Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Komparasi Honda CR-V Hybrid vs Hyundai Santa-Fe vs VW Tiguan, Mulai Akomodasi, Desain, Fitur Sampai Value for Money

by Firdaus Ali
Komparasi CR-V Hybrid Vs Santa-Fe Vs Tiguan

Berikut akan kami ulas terkait komparasi Honda CR-V Hybrid vs Hyundai Santa-Fe vs VW Tiguan. Dimana dalam pembahasan kali ini spesifik pada ASMR atau Autonomus Sensory Meridian Response merujuk pada hal yang berkaitan dengan panca indra yang lantas memberi suatu respon pada saraf otak mulai dari keras bukaan tuas pintu, kenob transmisi dan lainnya. 

Tak hanya itu pada komparasi Honda CR-V Hybrid vs Hyundai Santa-Fe vs VW Tiguan ini kami turut membedah soal akomodasi, desain, fitur, tes kecepatan buka tutup tailgate, hingga mengukur value for money.

Ketiga mobil SUV (Sport Utility Vehicle) tersebut merupakan senjata masing-masing dari 3 merek negara yang berbeda. CR-V Hybrid dari Jepang, Santa Fe dari Korea Selatan dan Tiguan dari Jerman. Biar tidak penasaran, berikut ulasan lengkapnya:

ASMR

Komparasi CR-V Hybrid Vs Santa-Fe Vs Tiguan

Suara klakson CR-V hybrid terlalu nyaring

Komparasi CR-V Hybrid Vs Santa-Fe Vs Tiguan pertama adalah ASMR. Disini akan kita uji bunyi dari menutup pintu penumpang, kap mesin, suara ketukan dashboard, tombol-tombol fitur dan suara sound system dari masing-masing ketiga mobil tersebut.

Hasilnya, untuk bunyi pintu penumpang saat ditutup, ketiganya terdengar solid. Dalam artian tidak ada bunyi nyaring layaknya mobil LCGC. Kemudian untuk bunyi klakson, menurut kami VW Tiguan lebih enak didengar, disusul Santa Fe dan CR-V Hybrid.

Selanjutnya untuk suara saat kap mesin ditutup, Honda CR-V Hybrid yang paling bagus, disusul VW Tiguan dan kemudian Hyundai Santa Fe. Begitu juga dengan tombol dan knob yang ada di interior, suara Honda CR-V Hybrid lebih terdengar mewah dibanding kedua pesaingnya.

Untuk suara dashboard ketika diketuk dengan jari, ketiganya tidak muncul suara yang tidak nyaman. Sebab ketia mobil SUV itu sudah mengadopsi soft touch.

komparasi Honda CR-V Hybrid vs Hyundai Santa-Fe vs VW Tiguan terkait ASMR selanjutnya ialah kualitas suara dari sistem audio. Tim Moladin sepakat bahwa suara paling renyah yang terdengar ialah output dari Honda CR-V hybrid karena pakai speaker Bose. Suara bass dan treble terdengar jelas dengan merdu. Diurutan kedua ada Hyundai Santa Fe dan disusul suara audio Tiguan.

Akomodasi Honda CR-V Hybrid Lebih Lega, Wajar Cuma 5-Seater

Komparasi CR-V Hybrid Vs Santa-Fe Vs Tiguan

Akomodasi penumpang Tiguan sempit

Komparasi CR-V Hybrid Vs Santa-Fe Vs Tiguan selanjutnya adalah dari sisi akomodasi kabin penumpang, dimana dari ketiganya hanya CR-V Hybrid yang kapasitasnya 5 penumpang. Sementara untuk Tiguan dan Santa Fe bisa 7 orang.

Jadi, posisi duduk baris kedua dari Honda CR-V Hybrid ini jelas lebih lega karena secara dimensi tidak jauh berbeda dari Tiguan ataupun Santa Fe.

Sementara itu jika dikomparasi antara Tiguan dan Santa Fe yang notabennya sama-sama berkapasitas 7 penumpang, Santa Fe lebih lega. Jok baris ketiga masih ada jarak 3 cm untuk legroomnya. Sementara untuk Tiguan mentok, baik legroom maupun headroomnya.

Desain Ketiganya Elegan

Komparasi CR-V Hybrid Vs Santa-Fe Vs Tiguan

Desain ketiganya elegan dan modern

Berbicara desain memang sebenarnya subyektif, karena setiap orang tentu punya selera yang berbeda-beda. Namun begitu kami mencoba menilai dari kaca mata kami, dengan kata lain tidak bisa jadi patokan.

Pertama akan kita bahas tampilan eksterior CR-V Hybrid. Mobil SUV yang irit konsumsi BBM ini punya komposisi desain yang ideal. Perpaduan grill depan, lekukan samping body dan tampilan belakangnya cocok. Aura kemewahan dan macho terlihat dengan jelas.

Kemudian untuk Santa Fe, tampilannya didominasi lekukan yang cukup tajam disetiap sudut body. Dimensi yang cukup bongsor membuat mobil SUV asal Korea Selatan ini terlihat gagah dan modern berkat padupadan yang proporsional.

Sementara itu, untuk VW Tiguan, desainnya memang tidak seagresif CR-V Hybrid dan Santa Fe. Namun begitu, aura khas mobil Eropa begitu terasa. Simpel dan berkarakter.

Fitur VW Tiguan Kalah Fitur Dengan CR-V Hybrid dan Santa Fe

Komparasi CR-V Hybrid Vs Santa-Fe Vs Tiguan

VW Tiguan belm dilengkapi panoramic sunroof

Pembahasan komparasi CR-V Hybrid Vs Santa-Fe Vs Tiguan tentu belum afdhol jika tidak membahas kelengkapan fitur dari ketiganya.

Pertama adalah Honda CR-V Hybrid, dimana SUV ini sudah mengadopsi Honda Connect dan Honda Sensing. Honda Connect merupakan teknologi konektivitas yang menghubungkan kendaraan dengan smartphone pemilik melalui aplikasi.

Di dalamnya terdapat fitur Vehicle Status yang memungkinkan pemilik mengakses informasi aktual kendaraan, seperti tingkat bahan bakar, status baterai, hingga status airbag dan informasi penting lain.

Kemudian Honda Sensing yang sudah terintegrasi dengan fitur Adaptive Driving Beam, Active Cornering Light, Collision Mitigation Braking System (CMBS), Adaptive Cruise Control with Low-Speed Follow (ACC with LSF), Road Departure Mitigation System with Lane Departure Warning (RDM with LDW),  Lead Car Departure Notification System (LCDN), Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Auto High Beam (AHB) serta fitur keselamatan modern lain.

Selanjutnya, untuk fitur Santa Fe ada Active Safety seperti Hyundai Smart Sense yang terdiri dari Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA), Lane Following Assist (LFA), Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist (RCCA).

Selain itu ada juga Blind-Spot View Monitor (BVM), Safe Exit Assist (SEA) dan Surround View Monitor. Bahkan, baru-baru ini Santa Fe dengan fitur Bluelink sudah resmi diluncurkan.

Kemudian, untuk Tiguan hanya ada fitur Adaptive Chassis Control (DCC), kamera 360, Electronic Stability Control (ESC), Park Assist System, enam buah Airbag, Tire Pressure Monitoring, Electronic Parking Brake dengan Autohold dan ISOFIX, dan Automatic Post Collision Brake System.

Value For Money, Santa Fe Paling Memuaskan

Komparasi CR-V Hybrid Vs Santa-Fe Vs Tiguan

Diantara ketiganya, Santa Fe paling value for money

Berbicara value for money tentu saja terkait erat dengan harga mobil yang dibandingkan dengan kelengkapan fitur, performa, desain dan faktor lain. Nah, dari ketiganya, Hyundai Santa Fe yang paling value for money.

Sebab, Santa Fe sudah dilengkapi dengan fitur yang lengkap, ada panormic sunroof serta fitur modern lain yaitu Bluelink. Begitu juga dengan CR-V Hybrid yang juga sudah dilengkapi dengan panoramic sunroof dan fitur modern juga seperti Honda Sensing.

Berbeda dengan Tiguan, meyandang harga yang paling mahal namun fitur paling minim dan tidak dilengkapi dengan panoramic sunroof. Berikut harga ketiga mobilnya:

  • Honda CR-V Hybrid: Rp 805.000.000
  • Hyundai Santa Fe: Rp 736.800.000
  • VW Tiguan: Rp 854.000.000

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika