oleh

4 Masalah Isuzu MU-X, Waspadalah!

Meski terkenal dengan ketangguhan mesin diesel serta efisiensi bahan bakarnya, ada beberapa masalah Isuzu MU-X yang harus diwaspadai. Sebab hal tersebut tentunya penting jika ingin meminang mobil tersebut dalam kondisi bekas.

Isuzu MU-X pertama kali mengaspal di Indonesia pada tahun 2014. Mobil dengan segmen Sport Utility Vehicle (SUV) ini mengusung mesin diesel 4JK1-TC 2.500cc 4-silinder VGS Turbo yang diklaim menghasilkan tenaga 136 hp dan torsi 320 Nm.

Mobil ini sudah mengadopsi fitur head unit berukuran 7 inci yang sudah diintegrasikan dengan Smartphone (true mirroring), HDMI, USB, CD, dan Bluetooth. Kemudian terdapat juga 8 unit speaker, steering wheel control dan cruise control, serta Passive Entry Start System (PESS).

Selain itu, terdapat pula fitur keselamatan seperti Stability dan Traction Control, Dual SRS Airbag, ABS + EBD + TCS.

Dimensi dari Isuzu MU-X adalah panjang 4.845, lebar 1.860, dan tinggi 1.840 mm. Kemudian untuk ground clearance 230 mm serta jarak sumbu rodanya di angka 2.845 mm, sedangkan kapasitas tangka BBM sebesar 65 liter.

Kemudian pada tahun 2017 Isuzu MU-X muncul dengan tampilan baru alias facelift. Desain eksteriornya terlihat lebih modern dan elegan dengan adanya penambahan fitur New Front Grill Ornament serta Body kit yang membuat tampilan MU-X terlihat lebih sporty.

Kemudian pada bagian bumper depan, posisi DRL berada tepat disamping foglamp dan terintegrasi dengan body kit. Versi facelift ini juga hadir dalam tiga pilihan varian, 4×4, Premier dan Royale sebagai varian tertingginya.

Baca juga  Konsumen Sudah Bisa Test Drive Hyundai Creta di Diler

Tak hanya bagian eksteriornya saja, pada bagian interior juga tampil lebih mewah dengan disematkannya warna jok mobil yang lebih cerah yaitu Ivory Colour. Selain itu,  audio head unit juga ukurannya lebih besar, yaitu 8 inci dilengkapi dengan Airplay Wifi dan Nav System. Tak hanya itu saja, untuk lebih memanjakan penumpangnya, speaker audio menjadi 8 titik, dimana pada generasi sebelumnya hanya ada 6 titik.

Kemudian, soal fitur keselamatan Isuzu MU-X versi facelift lansiran 2017 ini mendapat tambahan fitur, seperti Hill Start Aids, Hill Descent Control (HDC), Electronic Stability Control (ESC), Hill Start Assist (HSA), ABS, EBD Fitur ini berfungsi menahan mobil agar tidak meluncur mundur saat berhenti di tanjakan. Ditambah lagi dengan fitur All New camera 360 pada varian tertinggi (MU-X Royale).

Nah, memasuki tahun 2021, Isuzu MU-X generasi kedua resmi diluncurkan dengan mengusung penggerak roda 4×4 serta mesin diesel common rail RZ4E dengan kapasitas 1.900 cc dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Hasilnya, tenaga maksimalnya diklaim mampu meraih angka 147 dk serta torsi 359,4 Nm.

Meski mengusung tampilan yang lebih sangar, sayangnya mobil ini hanya dijual untuk pasar fleet (perusahan).

Kembali ke masalah Isuzu MU-X. mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Interior Kurang Mewah

masalah isuzu mu-x
Material dan desain interior Isuzu MU-X terkesan biasa aja

Masalah Isuzu MU-X yang pertama adalah material yang digunakan pada interior khususnya dashboard terlihat kurang mewah dan terlihat tipis. Sehingga kesan mewah dari mobil ini terasa kurang maksimal. 

Baca juga  Bocoran Fitur Toyota Raize GR Sport, Canggih Banget!

“Material interiornya kurang bagus ya menurut saya, terkesan biasa saja. Mungkin material yang biasa tersebut akan tersamarkan jika desain yang diusung lebih menarik. Namun nyatanya desain interiornya juga biasa saja,” ungkap Bobby, salah satu pemilik Showroom mobil bekas di Cirendeu. (25/2/2022).

Meski begitu Bobby mengungkapkan bahwa Isuzu MU-X yang 2017 desain interiornya lebih bagus dari generasi sebelumnya.

“Yang lansiran 2017 (facelift) desain interiornya lebih bagus, mengusung two tone. Bagian jok menggunakan warna beige dan dashboard warna hitam. Lebih terlihat elegan,” imbuh Bobby.

2. Filter Solar Cepat Kotor

masalah isuzu mu-x
Filter solar

Masalah Isuzu MU-X berikutnya adalah filter solar yang mudah kotor. Umumnya disebabkan karena pemilik mobil menggunakan bahan bakar diesel yang kurang berkualitas.

Bukan tanpa alasan, Isuzu MU-X sudah menggunakan mesin diesel modern dengan sistem common rail. Jadi asupan bahan bakar yang disuplai harus bisa menyesuaikan dari teknologi mesin tersebut.

“Ya, filter solar cepet kotor. Penyebabnya karena menggunakan bahan bakar solar subsidi. Hal tersebut disebabkan karena di beberapa wilayah belum menyediakan Pertadex atau Dexlite. Jadi kalau darurat ya menggunakan solar biasa, meski resikonya penggantian filter solar lebih cepat,” jelas Husni Mubaroq, salah satu pekerja peerusahaan pertambangan di Kalimantan yang menggunakan Isuzu MU-X lansiran 2017.

Baca juga  Kia Sonet Pakai Logo Baru, Lebih Keren!

Oleh karena itulah, kalau kamu membeli Isuzu MU-X bekas, ada baiknya cek bagian filter solar ini. Kalau memang kotor, segera ganti.

3. Karet kaki-kaki Aus

masalah isuzu mu-x
Karet kaki-kaki mudah aus karena faktor usia pakai

Masalah Isuzu MU-X selanjutnya adalah pada bagian karet kaki-kaki yang mudah aus. Penyebabnya bukan karena kualitas pabrik yang jelek namun karena faktor usia pakai.

Sudah bukan rahasia lagi jika Isuzu MU-X lebih banyak digunakan untuk kendaraan operasional perusahaan. Khususnya area pertambangan atau perkebunan yang notabennya jalanan yang dilalui tidak semulus jalanan di perkotaan.

“Bagian karet kaki-kaki harus diperhatikan. Sebab trek yang kita lalui memang masih banyak jalan berbatu atau tanah. Sehingga umur karet kaki-kaki otomatis cepat aus. Ya harus diganti baru agar mobil dipakai enak,” imbuh Husni. 

4. Bodi Mobil Limbung

sejarah isuzu mu-x
Body MU-X limbung karena suspensi empuk

Masalah Isuzu MU-X selanjutnya adalah bodi mobil yang limbung jika diajak ngebut. Hal tersebut disebabkan karakter suspense yang tergolong empuk, sehingga jika dalam posisi ngebut di jalanan aspal akan terasa limbung saat bermanuver.

Sebaliknya, jika mobil ini diajak untuk melewati medan yang tidak rata, banyak lubang  maka akan terasa kenyamanannya karena karakter suspensi yang digunakan.

“Isuzu MU-X mesinnya bandel dan irit BBM, enak untuk digunakan di area pertambangan. Namun jika digunakan untuk jalanan aspal rata dan ngebut limbung,” terang Husni.

Moladiners, itulah ulasan mengenai masalah Isuzu MU-X. simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.   

Terbaru