Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Riding Cantik Keliling Jakarta, Ini 5 Tips Berkendara Motor Aman Bagi Wanita

by Ivan
Tips berkendara motor aman bagi wanita

Perkenalkan Main Cantik Indonesia. Komunitas satu ini merupakan wadah bagi para wanita yang memiiliki hobi berkendara motor dan datang dari berbagai latar belakang profesi merayakan satu tahun keberadaannya. Tak sekadar riding, ini tips berkendara motor aman bagi wanita.

Kelahiran Main Cantik Indonesia yang diinisiasi oleh Poppy Sovia, seorang public figure sekaligus motorcycle enthusiast juga mempunyai hubungan erat dengan peringatan Hari Kartini setiap tanggal 21 April.

Komunitas Main Cantik Indonesia, seluruh anggotanya merupakan wanita lintas profesi
Komunitas Main Cantik Indonesia, seluruh anggotanya merupakan wanita lintas profesi

Pada perjalannya dalam satu tahun, Main Cantik Indonesia telah menjadi simbol pergerakan kalangan perempuan pehobi sepedamotor dalam kehidupan masyarakat Kegiatannya bukan sekadar menyalurkan hobi motoran, namun ikut tergugah untuk peduli terhadap sesama, lingkungan termasuk seni dan budaya serta olahraga.

Untuk memperingati satu tahun Main Cantik Indonesia sekaligus merayakan Hari Kartini 2024, kali ini mengangkat teman Cantik Beragam dengan Seragam. Menurut Poppy Sovia, tema ini adalah untuk mengangkat keberagaman profesi wanita di Indonesia serta menebarkan semangat kebanggaan akan profesinya. “Menunjukan kebanggan (pride) dari pekerjaan yang kita jalani sebagai perempuan di kehidupan sekarang ini, walau berbeda kita tetep saling mendukung satu sama lain (unity & respect ),” ujar Poppy.

Merayakan hari jadi yang bertepatan dengan hari Kartini digelar city ride dari MotoVillage Kemang untuk mengitari jalanan Jakarta
Merayakan hari jadi yang bertepatan dengan hari Kartini digelar city ride dari MotoVillage Kemang untuk mengitari jalanan Jakarta

Acara Cantik Beragam dengan Seragam akan dilaksanakan hari ini Minggu (21/4) diisi sederet program menarik berkaitan antara hobi dan profesi. Didukung para mitra seperti Belkote, Von Dutch, Fried Club dan Motovillage, para pengendara wanita dari berbagai kalangan hadir mulai pegiat hiburan, atlet, karyawati hingga mahasiswi meramaikan acara ini.

Dimulai dengan city ride dari MotoVillage Kemang untuk mengitari jalanan Jakarta untuk kemudian finis di Fried Club Wijaya, Kompleks Wijaya Grand Center, Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Mereka akan berkendara menggunakan kostum sesuai profesi yang ditekuni oleh wanita di Indonesia.

Berkendara menggunakan kostum sesuai profesi yang ditekuni oleh wanita di Indonesia
Berkendara menggunakan kostum sesuai profesi yang ditekuni oleh wanita di Indonesia

“Nanti kita bikin workshop dan talkshow dengan beberapa narasumber seperti Iva Sadilli, seorang fotografer yang sudah menjelajah mancanegara, lalu ada Wenny Nurwanti seorang atlet tembak berprestasi di Perbakin Tangsel sekaligus pelatih dan tentara wanita AU dan ada juga Marisya Wildania seorang atlet dan influencer olahraga,” tambah Poppy.

Tips Berkendara Motor Aman Bagi Wanita

Main Cantik Indonesia tentu bukan satu-satunya komunitas motor yang anggota seluruhnya berisikan wanita. Meski sudah menjamur dan menjadi moda pilihan bagi para wanita, ada beberapa hal yang terkadang bikin wanita kerap dipandang sebelah mata saat riding dengan motor.

Hingga muncul istilah “Sein kanan tapi belok kiri” kerap diidentifikasikan kepada pengendara wanita. Sepele namun penting karena berkendara dengan motor bukan hanya menunjang aktivitas mobilisasi namun juga mencerminkan gaya hidup dan tentu harus aman bagi diri sendiri dan pengendara lain. Berikut beberapa tips berkendara motor aman bagi wanita :

1. Mengurangi Barang Bawaan Berlebihan

Ilustrasi riding dengan bawaan berlebih
Ilustrasi riding dengan bawaan berlebih

Para pengendara wanita biasanya tidak lepas dari barang bawaan berlebih saat bepergian. Membawa tas yang kurang tepat saat naik motor juga dapat mengganggu konsentrasi hingga menimbulkan potensi bahaya lain seperti tersangkut benda asing saat melintas dijalan.

Atau bahkan menggunakan tas yang kurang sesuai justru malah memicu tindakan kriminal. Disarankan selama berkendara menyimpan tas di bagasi motor untuk menjaga keamanan dan kenyamanan.

2. Jangan Pakai High Heels Shoes dan Rok

belajar motor untuk wanita
Flat Shoes Lebih Praktis Dan Nggak Ribet Buat Bikers Wanita

Alas kaki yang digunakan untuk wanita saat berkendara tentu sangat bervariasi. Namun bagi yang memilih sepatu pilihannya ada falt, wages, ada high heels. Disarankan para wanita menggunakan alas kaki yang bisa menutupi seluruh bagian kaki.

Penggunaan sandal yang memiliki heels atau hak tinggi, dipastikan dapat mengganggu pengendara perempuan mengendalikan keseimbangan saat berkendara. Selain itu tidak disarankan memakai rok saat berkendara.

Meski tidak dilarang, namun demi aman di jalan disarankan menggunakan celana panjang karena jauh lebih nyaman dan leluasa untuk bergerak. Gunakan rok sebagai pengganti jika sudah sampai tempat tujuan.

3. Tetap Fokus dan Jaga Konsentrasi

Pastikan untuk menjaga konsentrasi saat berkendara
Pastikan untuk menjaga konsentrasi saat berkendara

Sepanjang berkendara, yang utama dan terutama adalah wajib tetap menjaga konsentrasi. Kabarnya, jika kondisi fisik kurang sehat, maka konsentrasi bakal menurun dengan mudah, terlebih jika sehabis minum obat, maka sangat mudah kantuk datang menggelayut mata.

Pentingnya konsentrasi saat berkendara dilakukan agar tidak menimbulkan bahaya terhadap keselamatan diri sendiri, penumpang, dan pengguna jalan yang lain salah satunya tidak menggunakan ponsel ketika dan selama berkendara.

4. Gunakan Perlengkapan Riding Lengkap

Gunakan perlengkapan riding lengkap
Gunakan perlengkapan riding lengkap

Riding gear yang lengkap mulai dari helm, jaket, sarung tangan, celana panjang dan sepatu adalah perlengkapan wajib berkendara terlebih bagi rider wanita. Biasanya sih, cewek kerap mengabaikan menggunakan perlengkapan berkendara.

Helm misalnya. Alasannya pakai helm bikin kurang nyaman, apalagi buat hijabers yang menggunakan cetok. Helm yang digunakan tidak bisa menutupi seluruh kepala.

5. Perhatikan Rambut

Rider wanita berambut panjang sebaiknya mengikat rambut terlebih dahulu sebelum riding
Rider wanita berambut panjang sebaiknya mengikat rambut terlebih dahulu sebelum riding

Jika memiliki rambut panjang, pemotor cewek wajib mengikatnya terlebih dahulu. Karena rambut yang diurai dan tertiup angin dapat mengganggu pandangan ke depan. Bagi hijabers disarankan menggunakan jaket agar hijab tidak berkibar dan menutupi lampu belakang.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika