oleh

Mengenal Safety Car MotoGP di Mandalika, BMW M

Dalam gelaran MotoGP Mandalika pada 20 Maret 2022, BMW kembali memulai debutnya sebagai kendaraan safety car. Ya, bicara bicara MotoGP tidak terlepas dari kendaraan safety car yang bertugas mengawal pebalap sebelum balapan.

Pabrikan mobil BMW sudah ambil bagian dalam perhelatan motorsport paling bergengsi ini sejak tahun 1999 lalu. BMW sebagai Official Partner of MotoG sealu menyediakan berbagai model kendaraan BMW M sebagai Safety Car di seluruh series MotoGP.

Tidak hanya sampai disitu, BMW juga selalu menghadiahkan M series  untuk juara di MotoGP.

Nah begitu pun dalam gelaran MotoGP Series Mandalika, BMW M GmbH menghadirkan BMW M3 Competition dan BMW M2 CS Racing terbaru untuk mengawal para pembalap MotoGP di sana. BMW M2 CS yang hadir di ajang ini merupakan model kendaraan terbaru yang baru diluncurkan secara global pada 14 Februari 2022.

“MotoGP merupakan ajang balap motor yang sangat ditunggu oleh para penggemarnya di Indonesia. Aspirasi kami di BMW adalah untuk menggunakan seluruh keahlian, teknologi inovatif BMW Motorsport untuk memastikan ajang MotoGP berjalan dengan lancar melalui kehadiran MotoGP Safety Car.

Baca juga  4 Koleksi Mobil BJ Habibie, Langka dan Mewah

“BMW Indonesia dukung Mandalika Grand Prix Association (MGPA) untuk sukseskan MotoGP Indonesia dengan menjadi Official Mobility Partner dengan membawa BMW 330e M Sport,“ kata Ramesh Divyanathan, President Director BMW Group Indonesia.

Kendaraan listrik BMW 330e M Sport menjadi Safety Car MGPA khusus untuk Pertamina Mandalika International Street Circuit. Safety Car BMW ini juga telah digunakan pada Tes MotoGP Mandalika 2022 sebagai ujian pramusim terakhir jelang MotoGP musim ini.

Spesifikasi BMW M2 CS Racing dan 330e M Sport 

safety car
BMW M2 CS Racing

BMW M2 CS Racing merupakan kendaraan berperforma racikan BMW M Motorsport. Kendaraan ini sukses dalam ragam kejuaraan di seluruh dunia.

BMW M2 CS Racing merupakan versi balapnya dari BMW M2 CS, mobil ini hanya legal digunakan di sirkuit. jadi tidak heran jika spek mesinnya benar-benar buas layaknya mobil balap touring.

BMW M2 CS Racing menggunakan meisn 6-silinder inline 3,0 liter M TwinPower Turbo. Tenaganya mencapai 450 hp dan yang dihubungkan ke roda belakang via transmisi M DCT 7-percepatan, didukung software motorsport.

Baca juga  Fitur BMW 218i Gran Coupe Sport Rakitan Lokal, Istimewa!

Drivetrain dibekali oleh Drexler mechanical limited-slip differential (LSD) dengan pendingin terpisah. Beberapa ubahan lainnya termasuk suspensi ZF Sachs, adjustable anti-roll bars, engine mounting baru, dan banyak lagi.

Sedangkan BMW 330e M Sport hadir dengan teknologi BMW eDrive technology dan merupakan kendaraan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Kombinasi mesin bensin 2.0L dan motor elektrik mampu menghasilkan tenaga hingga 252 hp dan torsi 420 Nm, dan hasilkan efisiensi terbaik di kelasnya. Pada kesempatan ini BMW Indonesia bekerjasama dengan Pertamina.

Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas Safety Car MGPA untuk MotoGP dengan menggunakan bahan bakar Pertamax Turbo, produk unggulan Pertamina dengan RON tertinggi 98 yang memenuhi kebutuhan kendaraan sport dengan teknologi tinggi.

Demikian ulasan terkait safety car BMW di MotoGp. Simak terus Moladin.com untuk update berite terbaru seputar otomotif.

Terbaru