by

4 Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih, Berbahaya?

Penyebab knalpot mobil keluar asap putih bisa karena beberapa hal. Tetapi yang pasti, hal ini tidak bisa didiamkan dan harus dicek terlebih dahulu.

Dengan keluarnya asap putih dari knalpot mobil, bisa saja ada yang tidak beres dengan kendaraan kamu. Pada dasarnya, mobil yang mesinnya normal, tidak akan mengeluarkan asap putih dari knalpot apalagi dalam jumlah banyak dan tebal. Terlebih mesin mobil itu berbahan bakar bensin.

Berbeda dengan mesin diesel yang asapnya ngebul dan berwarna pekat. Hal ini terjadi, karena pada mesin diesel bahan bakar tidak optimal terbakar, dan sisa pembakarannya masuk ke dalam silinder.

Jadi kalau terjadi pada mobil bensin, asap asap putih dari knalpot bukanlah hal lazim. Meski demikian, tidak semua asap putih knalpot berarti bahaya.

Pasalnya hal ini dapat pula terjadi, karena ada embun atau titik-titik air yang masuk ke sistem pembuangan. Ini kerap terjadi dan biasanya segera hilang setelah mesin mobil diaktifkan beberapa saat.

Namun jika ternyata asap putih yang keluar cukup tebal dan tidak kunjung hilang, maka kamu perlu melakukan tindakan. Setidaknya kunjungi bengkel mobil terdekat.

Lantas kira-kira apa sih penyebab knalpot mobil keluar asap putih dan bagaimana cara mencegahnya. Yuk simak ulasan lengkapnya:

1. Oli Bocor ke Ruang Mesin

Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih
Oli masuk ke ruang mesin dan terbakar bisa jadi penyebab keluarnya asap putih

Penyebab knalpot mobil keluar asap putih pekat salah satunya adalah oli bocor ke ruang mesin. “Karena asap putih umumnya terjadi karena ada hasil dari oli yang terbakar,” kata Putra mekanik mobil di bilangan Otista Jakarta Timur.

Baca juga  10 Tips Penting Saat Membeli Mobil Bekas

Artinya ada oli yang bocor kemudian masuk ke ruang bakar. Hal ini juga bisa ditandai dengan hadirnya aroma sangit, seperti cairan yang terbakar dan menguap.

Umumnya oli terbakar di ruang mesin, karena adanya kebocoran pada klep atau gasket. Selain itu bisa juga dari ausnya silinder mesin atau ada retakan pada dinding silinder.

Penyebab knalpot mobil keluar asap putih juga bisa disebabkan oleh usia pakai mobil. Dalam artian komponen part yang digunakan sudah diambang batas usia pakai, karet-keret dan klep sudah getas misalnya.

Jika benar ini penyebabnya, maka akan diikuti oleh gejala lain seperti mesin yang mulai sulit di starter. Bisa juga diketahui lewat volume oli yang terus berkurang dan performa mesin juga mulai loyo.

Solusi jika masalah ini menimpa mobil kamu adalah turun mesin. Jika dari gejala dan pemeriksaan, mekanik memastikan penyebabnya adalah kebocoran kompresi. Maka solusinya turun mesin atau overhaul untuk ganti piston serta beberapa part lain.

“Untuk biaya turun mesin tergantung jenis mobil. Misalnya pada Avanza ongkos nya bisa sekitar Rp 3 – 4 jutaan,” tambah Putra. Itu belum termasuk dengan komponen-komponen yang harus diganti.

Baca juga  Cara ampuh Membersihkan dan Membasmi Kecoa dari Mobil

“Semakin parah kerusakannya akan semakin banyak part yang diganti, totalnya bisa Rp 7-8 jutaan.” 

Kunci supaya oli tidak bocor ke ruang mesin adalah dengan melakukan perawatan pada ring piston, misalnya dengan menggunakan oli standarnya serta melakukan pergantian berkala.

Merawat ruang bakar dan piston khususnya, boleh dibilang merawat mesin secara keseluruhan. Ibarat jantung, sektor inilah yang menjadi indikator sehat-tidaknya kinerja dari mobil.

2. Sisa Air di Knalpot

Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih
Kejadian sisa air ini biasanya terjadi saat habis melewati banjir.

Penyebab knalpot mobil keluar asap putih tidak selalu berbahaya. Bisa juga ini disebabkan air yang menempel di knalpot dan terbakar karena panas.

Asap putih seperti ini biasanya tipis dan berlangsung tidak lama. Dalam artian setelah knalpot panas, uap yang sering dikira asap, akan menghilang. Kejadian sisa air ini, biasanya terjadi saat habis melewati banjir atau hujan lebat.

3. Air Bocor ke Ruang Bakar

Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih
Kondisi ini harus diwaspadai, karena suhu mesin bisa naik akibat berkurangnya air pendingin.

Penyebab knalpot mobil keluar asap putih lainnya adalah air pendingin yang bocor ke ruang bakar atau sistem exhaust.

Kebocoran air ini terjadi bisa jadi kerena akibat dinding silinder yang retak. Kondisi ini harus diwaspadai, karena suhu mesin bisa naik akibat berkurangnya air pendingin.

Maka dari itu baiknya langsung bawa mobil ke bengkel jika sudah terlihat asap putih dari knalpot.

Baca juga  Fungsi Kunci Ring dan Kunci Pas, Begini Cara Menggunakannya

4. Pengembunan Gas Buang

Kondisi ini harus diwaspadai, karena suhu mesin bisa naik akibat berkurangnya air pendingin.
Tititik air ini akan menguap dan manghasilkan asap yang tipis sesaat, sampai saluran buang atau knalpot menjadi panas.

Penyebab knalpot mobil keluar asap putih lainnya adalah karena hasil dari pengembunan gas buang. Ini wajar terjadi di mobil-mobil modern dengan teknologi terbaru.

Campuran udara dan BBM yang terbakar sempurna akan menghasilkan gas buang yang baik. Termasuk di dalamnya titik-titik air.

Hampir sama dengan pengendapan sisa air huja yang sudah dijelaskan sebelumnya. Titik air ini akan menguap dan manghasilkan asap yang tipis sesaat, sampai saluran buang atau knalpot menjadi panas.

Gejala ini tidak perlu dikhawatirkan, karena itu artinya mesin mobil masih dalam keadaan yang baik.

Untuk mencegah kerusakan mobil, apapun penyebab knalpot mobil keluar asap putih, sebaiknya segera membawa mobil ke bengkel. Terutama kalau asapnya tebal dan berlangsung terus menerus.

Di bengkel akan dilakukan pengecekan secara menyeluruh. Dengan demikian, kerusakan yang lebih serius bisa dicegah. Kemudian untuk menjaga mobil tetap layak pakai di segala kondisi, perawatan secara rutin perlu dilakukan seperti servis berkala dan tune up.

Itulah beberapa hal yang menjadi faktor penyebab masalah knalpot mobil keluar asap putih dan solusinya. Semoga bermanfaat dan memecahkan masalah yang sedang kamu alami.

Demikian ulasan terkait penyebab knalpot mobil keluar asap. Simak terus Moladin.com untuk update kabar terbaru berita otomotif.

Terbaru