Penyebab Motor Injeksi Susah Dihidupkan dan solusinya

Penyebab Motor Injeksi Susah Dihidupkan – Apakah Sobat Moladin pernah kesal karena motor susah nyala padahal Sobat sedang terburu – buru untuk pergi kesuatu tempat? Well, kalau kamu pernah mengalaminya, kamu tidak sendirian. Sudah banyak pemilik motor yang mengalami masalah serupa meskipun kondisi motornya sebenarnya baik – baik saja.

Pemilik motor injeksi mungkin pernah mengalami kejadian tersebut. Ada banyak penyebab motor injeksi susah dihidupkan di pagi hari. Masalah ini tentu bikin kesal meski sebenarnya solusinya kadang sangat mudah. Kebanyakan orang terus mencoba sampai bisa. Dalam beberapa kasus, solusi itu tak bisa dipakai.

Sebelum kita membahas lebih jauh soal sulitnya menyalakan mesin di motor injeksi, kita perlu tahu tentang sistem injeksi terlebih dahulu. Yang dimaksud dengan sistem injeksi adalah sistem pengabutan alias sistem suplai bahan bakar kemesin. Berbeda dengan karburator, sistem injeksi mencampur bahan bakar dengan udara sebelum menyemburkannya kemesin.

Untuk memastikan efisiensi bahan bakar, sistem injeksi menggunakan banyak sensor dan sebuah ECU (Electronic Unit Control). Semua sistem itu akan menghitung dengan tepat seberapa banyak bahan bakar yang diperlukan oleh mesin. Selain meningkatkan efisiensi bahan bakar, sistem injeksi juga membuat motor menjadi lebih ramah lingkungan. Tenaga yang dikeluarkan motor pun menjadi lebih besar.

Contoh kuda besi yang sudah pakai teknologi injeksi adalah Honda Vario, Yamaha Nmax, Suzuki Nex, Kawasaki Ninja 250, dan masih banyak lagi. Hampir seluruh produk motor baru di Indonesia, sudah pakai injeksi.

Kelebihan sistem injeksi dibanding karburator antara lain: Performa kendaraan lebih baik, bahan bakar lebih efisien, bisa menggunakan bahan bakar alternatif, emisi gas buang rendah, kendaraan berjalan lebih halus, awet, biaya perawatan relatif murah, lebih mudah didiagnosa, dan kemudahan dalam menyetel settingan mesin.

Kembali ketopik penyebab motor injeksi susah dihidupkan, ada beberapa faktor yang berperan dalam problema ini. Tidak semuanya berhubungan dengan sistem injeksi secara langsung tetapi banyak ditemui di motor tipe ini. Berikut adalah beberapa penyebab motor injeksi susah dihidupkan.

Tegangan aki lemah

Penyebab Motor Injeksi Susah DiHidupkan Tekanan Aki Lemah

Kalau tegangan aki lemah, motor akan sulit dihidupkan, utamanya di motor injeksi. Electric starter membutuhkan banyak daya dari aki untuk memutar dinamo starter. Sementara itu aki di motor injeksi juga harus menyuplai daya untuk ECU. Artinya, jika dari awal tegangan aki sudah rendah, maka masalahnya akan semakin rumit jika dipaksaka nmenyalakan mesin menggunakan electric starter.

Saat tegangan ak iturun, maka tegangan yang diterima ECU juga akan lebih rendah. Kalau tegangan yang diterima ECU lebih rendah dari seharusnya, maka sistem bisa error. Selain itu, tegangan yang rendah juga membuat mesin susah distarter. Kalau terus dipaksakan, aki bisa drop karena tak mampu memenuhi kebutuhan listrik starter dan ECU.

Baca Juga :

 

Busi yang basah

Penyebab Motor Injeksi Susah DiHidupkan Busi Yang Basah

Busi bisa menjadi basah jika terlumur oli mesin. Busi bertugas menyediakan percikan – percikan api yang berfungsi untuk membakar bensin di ruang mesin. Ujung busi yang terpapar mesin juga akan rawan terlumur oleh oli. Jika sampai demikian, maka motor akan sangat susah hidup.

Selain karena basah, busi yang kotor juga tidak akan bisa memberikan percikan yang konsisten. Dengan demikian, proses menyalakan mesin pun akan ikut sulit. Solusinya cukup mudah, bersihkan busi atau ganti dengan yang baru.

Brush starter sudah aus

Brush Starter Sudah Aus

Ciri khas dari brush yang sudah aus adalah ketika tombol starter ditekan, suara motor terkesan loyo. Meski demikian, selama kondisi aki masih bagus, semuakomponen kelistrikan masih akan berjalan dengan baik. Indikasinya sangat mirip dengan gejala aki yang drop.

Cara untuk mengujinya bisa dilakukan dengan menyalakan lampu dan komponen elektroniklainnya. Jika lampu terlihat redup dan suara klakson menjadianeh, bisa jadi yang bermasalah adalah akinya. Sebaliknya, kalau semua baik – baik saja, bertarti brush starter-nya yang rusak. Kamu punya dua pilihan untuk mengganti brush atau membeli seluruh bagian starter.

Akan kehabisan bensin

Motor Kehabisan Bensin

Ada beberapa motor yang menunjukkan gejala aneh seperti susah menyala setelah mengalami kehabisan bensin. Penyebab utamanya adalah karena pompa bensin terendam di dalam tangki, Jika lubang penyaluran bahanbakar tak bisa mencapai atau keluar dari tangki, maka input bensin dan udara juga akan terganggu. Artinya, sistem injeksi motor rawan terkena masuk angin.

Hal yang sama juga dialami oleh motor – motor yang bensin di dalam tangkinya hampir habis. Prinsipnya sama, pompa bensin sudah terlanjur turun terlalu jauh. Karena itu, jika motor kamu mengalami gangguan saatdinyalakan dan kamu lihat bensinnya sudah hampir habis, segera lakukan pengisian ulang.

Masalah ini mungkin masih akan berlanjut meski kamu sudah mengisi penuh bensin kamu. Pasalnya, kalau kontak tidak dalam posision, pompa tidak akan kuat untuk memasok bahan bakar keinjektor. Solusinya, nyalakan dan matikan kunci kontak secara berulang – ulang.

Itulah tadi beberapa penyebab motor injeksi susah dihidupkan. Dalam berbagai kasus, kesalahannya ada pada kelistrikan, kegagalan pengapian, kegagalan suplai bahan bakar, dan kompresi ruang bakar yang bocor. Jika motor dirawat, maka masalah inis epertinya tidak akan muncul di motor injeksi kamu.

Buat kamu yang tertarik membeli motor-motor matik berteknologi injeksi dengan DP ringan dan berbagai promo lain, langsung saja klik link ini!

Baca Juga :

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *