by

6 Perbedaan Honda BR-V Baru vs Lama, Berubah Total!

Honda BR-V baru vs lama sungguh sangat berbeda, ubahannya signifikan. Tak tanggung-tanggung, desain eksterior, interior, fitur, dan mesinnya mendapat revisi.

BR-V generasi kedua ini resmi diluncurkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) pada Selasa (21/9/2021). Kehadirannya tentu saja membuat para pesaing di segmen Low SUV seperti Suzuki XL7, Mitsubishi Xpander Cross, Daihatsu Terios, serta Toyota Rush wajib waspada.

Pasalnya mobil Honda ini punya banyak sekali keunggulan dan terobosan. Honda BR-V baru dibangun dari pengembangan konsep Honda N7X yang sudah diperkenalkan secara safari dibeberapa kota besar di Indonesia beberapa waktu lalu.

“Honda baru BR-V baru mengusung desain model anyar, meninggalakan desain sebelumnya. Selain itu, fitur-fiturnya juga lebih lengkap dan modern serta dimensi yang lebih lega,” ungkap Yusal Billy selaku Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM (21/9/2021).

“Hampir semuanya tampil baru, mulai dari mesin, desain eksterior dan interior serta fitur-fiturnya yang cocok dengan kebutuhan market di Indonesia. Untuk dikelasanya, Honda BR-V baru jelas lebih unggul dari sisi fitur-fiturnya yang modern dan mumpuni,” imbuh Billy.

Ingin tahu lebih detail terkait perbedaan  Honda BR-V baru Vs lama? Simak bahasan berikut:

Ini Beda Honda BR-V Baru vs Lama

1. Desain eksterior lebih mewah

honda br-v baru vs lama
Tampangnya kini menyerupai Honda Odyssey sehingga terkesan semakin mewah

Desain interior Honda BR-V baru vs lama jelas berbeda jauh. Pada model generasi kedua terlihat lebih modern serta mewah. Hal tersebut dapat dilihat untuk varian teritngginya atau Prestige, yang kini parasnya pakai lampu depan LED dan grille mirip kepunyaan Odyssey.

Baca juga  First Drive Wuling Almaz RS Buktikan Kecanggihan WISE

Pada bagian belakang, All New BR-V mengusung desain lampu rem yang mirip Honda City Hatchback. Ada pula spoiler atap yang lebih sederhana.

Kemudian seperti model lamanya, aksesori seperti skid plate hadir di setiap sisi mobil masih tetap dihadirkan untuk menambah aura SUV. Di atap pun, tersedia antena sharkfin dan roof rail persi generasi pertama.

Velg BR-V Prestige mengalami ubahan ukuran. Dari sebelumnya pakai 16 inci, kini jadi 17 inci. Sementara desain peleknya tidak beda. 

2. Dimensi Lebih Bongsor dan Ground Clearance Lebih Tinggi

honda br-v generasi terbaru tampak belakang
Ground clearance BR-V terbaru lebih tinggi dengan spesifikasi 220 mm

Perbedaan BR-V baru vs lama juga bisa terlihat dari dimensinya. Model generasi kedua ini lebih bongsor dibanding sang pendahulu.

All New BR-V memiliki panjang 4.490 mm (+34 mm), lebar 1.780 (+45 mm), dan tinggi 1.685 mm (+19 mm). Kemudian jarak sumbu rodanya pun lebih panjang dengan 2.700 mm (+38 mm).

Lalu yang juga menarik, sebagai sebuah SUV maka ground clearance mobil ini mendapat peningkatan. Kalau sebelumnya 201 mm, sekarang menjadi 220 mm. 

Memang bukan yang tertinggi di kelasnya, karena Xpander Cross punya ground clearance mencapai 225 mm. Walau demikian, spesifikasi BR-V terbaru tersebut sudah cukup untuk memberi rasa nyaman ketika berkendara melewati jalan bergelombang atau berbeda ketinggian.

3. Remote Start Engine

Honda BR-V baru vs lama
Kamu bisa mengaktifkan mesin dan AC dari luar mobil dengan fitur remote start engine

Fitur modern jadi pembeda antara Honda BR-V baru vs lama. Di model generasi kedua, dapat remote start engine. Teknologi ini memungkinkan pemilik mobil mengaktifkan mesin dan menghidupkan AC dari jarak jauh.

Baca juga  Honda N7X Produksi Massal Meluncur 21 September 2021?

Alhasil ketika masuk ke dalam kabin, rasanya sudah sejuk. Fitur ini bukan pertama kali ada di BR-V, karena sebelumnya CR-V Facelift 2021 dan City Hatchback juga telah memilikinya.

Cara mengaktifkan fitur remote start engine dengan menekan tombol lock di remote BR-V terbaru. kemudian tekan tombol engine beberapa saat hingga lampu hazard berkedip.

Teknik ini bisa dipakai untuk menghidupkan mesin dan AC selama sepuluh menit. Kalau pemilik tidak kunjung masuk mobil, maka mesin serta AC otomatis mati.

Fitur baru lain yang dipunya oleh BR-V generasi kedua adalah Ada pula remote keyless entry, walk away auto lock, hingga panel instrumen layar 4,2 inci Thin-Film Transistor (TFT). Istimewa bukan?

4. Honda Sensing

spesifikasi honda br-v terbaru - honda sensing
Adaptive cruise control sudah ada di BR-V generasi kedua varian tertingg

Teknologi keselamatan Honda Sensing jelas jadi pembeda Honda BR-V baru vs lama. Di dalam Honda Sensing terintegrasi dengan fitur seperti Lead Car Departure Notification System (LCDN), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Road Departure Mitigation (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC), Lane Keeping Assist (LKAS), dan Auto High Beam (AHB).

Semua fitur Hond Sensing itu bertugas mencegah kecelakaan secara aktif. Caranya bisa dengan memberi peringatan, melakuakn pengereman secara otomatis, mengoreksi setir, dan lain-lain.

Ada pula Honda LaneWatch yang meningkatkan pandangan di spion kiri mobil. ketika berpindah jalur ke kiri, akan ada tampilan area blind spot di layar head unit untuk mencegah terjadi tabrakan dengan kendaran lain.

Baca juga  5 Perbedaan Honda CR-V dan HR-V, Jangan Salah!

5. Mesin Lebih Bertenaga

spesifikasi honda br-v terbaru
Mesin yang dipakai BR-V terbaru diklaim lebih irit 3 persen

Honda BR-V baru vs lama juga bisa dicek lewat performa mesinnya. Model terbaru menggunakan mesin 1.5L DOHC i-VTEC. Jantung mekanis ini mampu melontarkan torsi puncak 145 Nm pada 4.300 rpm dan tenaga maksimal 121 PS pada 6.600 rpm.

Tenaganya meningkat 1 PS dibanding BR-V lama. Kemudian torsi puncaknya bisa hadir di putaran mesin yang lebih rendah. Sebagai informasi, mesin BR-V generasi kedua memiliki basis yang sama dengan punya City Hatchback.

Dari sisi konsumsi BBM, Honda mengkalim mesin BR-V terbaru lebih efisien sekitar 3 persen dibanding generasi pertama. Lalu untuk pilihan transmisi tidak beda, pakai 6-percepatan manual atau CVT.

6. Outlet Listrik Hingga Bangku Baris Ketiga

honda br-v baru vs lama - bangku baris kedua headrest
Bangku baris kedua kini sudah ada head rest tengah

Kemudian BR-V anyar kini memiliki power outlet di setiap baris bangku. Jadi penumpang paling belakang atau baris ketiga sekalipun tidak perlu khawatir ketika baterai smartphone habis di perjalanan.

Rincian power outlet ini tersedia di depan, area konsol, kursi baris kedua, dan baris ketiga. Istimewa karena BR-V lama belum memiliki fitur yang ramah smartphone selengkap ini.

Sebenarnya di kelas LSUV, kompetitor yaitu Mitsubishi Xpander Cross sudah memiliki fitur power outlet berlimpah lebih dulu.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Honda BR-V baru vs lama. Secara desain dan fitur Honda BR-V baru menang telak jika dibandingkan BR-V generasi pertama.

Untuk informasi otomotif menarik lainnya, pantau terus Moladin.com.

Terbaru