by

5 Perbedaan Toyota Rush Type G dan S atau TRD Sportivo

Apa saja perbedaan Toyota Rush Type G dan S? Mungkin banyak konsumen yang belum tahu. Padahal hal ini penting, supaya tidak salah pilih kendaraan.

Sebagai informasi awal, Rush selalu hadir dalam dua varian di Indonesia yaitu G dan S. Type G dikenal sebagai varian rendah dengan banderol lebih murah. Sementara Type S merupakan varian atas yang lebih mahal.

Di model All New Toyota Rush atau yang dijual saat ini, Type S juga dikenal sebagai TRD Sportivo. Kalau kamu mau buktinya, lihat saja daftar harga Rush di laman resmi Toyota. Di sana tercantum nama 1.5 G dan 1.5 S TRD.

Kedua varian tersebut punya kesamaan dalam hal basis rangka dan mesin. Jantung mekanisnya pakai kapasitas 1.500 cc, empat silinder, DOHC, dan Dual VVT-i. Di atas kertas bisa mengeluarkan torsi 136 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga 104 PS pada 6.000 rpm.

Lalu yang jadi pembeda, antara lain tampilan, fitur, dan kenyamanan. Ingin tahu lebih detail soal perbedaan mobil Toyota Rush Type G dan S? Simak bahasan berikut:

1. Desain Eksterior

toyota rush trd sportivo
Bodi kit dan stiker TRD Sportivo hadir di Toyota Rush 1.5 S

Toyota Rush Type G dan S atau TRD Sportivo dapat terlihat dari tampilan eksteriornya. Khusus varian 1.5 G, sosoknya lebih sederhana. Walau demikian, bukan berarti tidak mewah.

Lampu depan tetap megandopsi LED dan ada daytime running light. Hadir pula lampu kabut di mobil SUV kembaran Daihtasu Terios tersebut. Lalu di atap ada roof rail serta shark fin antenna. Kemudian spion sudah terintegrasi lampu sein.

Baca juga  Harga Suzuki XL7 Rp200 Jutaan, SUV 7-Penumpang Termurah?

Beda yang paling jelas untuk Rush Type S atau TRD Sportivo, memiliki tambahan body kit. Sebut saja side moulding, rear TRD underguard, dan front TRD underguard. Alhasil tampilannya semakin gagah.

Ada pula tambahan stiker TRD Sportivo di bodi samping. Tidak ketinggalan hadir emblem serupa untuk memperkuat identitasnya.

2. Ukuran Ban

ban toyota rush type g dan s
Ban Toyota Rush 1.5 G pakai ban dengan pelek lebih kecil yaitu 16 inci.

Perbedaan Toyota Rush Type G dan S juga bisa diketahui lewat ukuran ban. Khusus varian 1.5 G, ukurannya 215/65-16 inci. Lalu desain peleknya yang bergaya bintang terasa lebih rapat-rapat.

Beda halnya dengan Rush varian 1.5 S atau TRD Sportivo yang pakai ukuran ban mobil 215/60-17 inci. Desain pelek bintang untuk tipe tertinggi ini juga tampak lebih renggang.

Lalu soal sistem pengereman di kaki-kakinya baik 1.5 G dan S, tidak ada perbedaan. Di depan sudah mengadopsi cakram dengan ukuran 16 inci. Sementara roda belakang masih teromol.

3. Kenyamanan Interior

toyota rush type g dan s
Rush 1.5 S atau TRD Sportivo memiliki material soft touch dan balutan kulit di beberapa komponen interior

Secara keseluruhan, desain interiornya tidak banyak berbeda. Kombinasi warna hitam dan putih hadir menghiasi kabin. Toyota menghadirkan kelir putih di dashboard, pilar, dan sisi pintu supaya terkesan mewah.

Lalu untuk joknya mengadopsi warna hitam dominan, serta masih mengadopsi material kain. Hal ini tentu menjadi masalah tersendiri saat terkena kotoran, karena lebih sulit dibersihkan dibanding jok kulit.

Baca juga  Terungkap Sosok Wuling Almaz Facelift 2021, Banyak Ubahan!

Perbedaan Toyota Rush Type G dan S untuk interior, ada di beberapa komponen. Paling terasa di varian 1.5 G, muncul aksen warna silver yang menghiasi beberapa bagian interior. Kemudian belum tersedia material soft touch sama sekali, jadi masih pakai urethane dengan jahitan palsu.

Sementara untuk varian 1.5 S atau TRD Sportivo sudah memiliki bahan soft touch di beberapa komponen berwarna putih. Tidak ketinggalan di lingkar kemudi dan tuas transmisi sudah dilapis dengan kulit. Alhasil memegangnya terasa lebih nyaman.

4. Fitur-Fitur yang Membedakan Toyota Rush Type G dan S

toyota rush trd sportivo
Layar MID Rush 1.5 S atau TRD Sportivo punya tampilan warna-warni

Sebagai varian tertinggi, Toyota Rush 1.5 S atau TRD Sportivo punya fitur yang lebih lengkap. Ambil contoh multi information display (MID) warna-warni, auto AC, power charger di setiap baris bangku, hingga head unit canggih.

Head unit tersebut mampu menghadirkan fitur internet, multi tasking support, bluetooth, Ipod/Iphone connectivity, web link (waze support), dan smartphone remote App. Istimewa bukan?

Ditambah lagi, varian Rush TRD Sportivo mendapat delapan unit surround sound speaker. Tentunya ini mampu memanjakan telinga pengemudi serta penumpang saat mendengar musik di dalam kabin.

Sementara untuk Rush 1.5 G bukan tanpa fitur mumpuni. Head unit layar sentuh tetap hadir, hanya saja tanpa konektivitas lengkap. Lalu speaker jumlahnya cuma enam unit.

Fitur lain yang jadi pembeda Toyota Rush Type G dan S adalah MID. Khusus varian terendah, tampilannya tidak berwarna.

Baca juga  Kisah Kia Sonet 7-Seater, dari India untuk Indonesia

AC juga belum Auto, pengaturannya masih manual. Begitu pula dengan lingkar kemudi yang tidak dilengkapi tombol untuk mengangkat telepon. Power charger pun cuma tersedia di bangku baris pertama.

Kemudian untuk fitur seperti start/stop engine button dan kamera parkir, sudah tersedia di seluruh varian. Begitu pula dengan fitur keselamatan layaknya 6 airbags, vehicle stability control (VSC), 7 seat belt indicators, anti-lock braking system (ABS), hill start assist (HSA), serta emergency brake signal (EBS).

5. Harga yang Ditawarkan

toyota rush type g dan s
Banderol untuk Toyota Rush 1.5 G tentunya lebih murah dibanding 1.5 S

Dengan tampilan, fitur, dan kenyamanan yang berbeda, wajar kalau harga Toyota Rush Type G dan S berbeda. Khusus varian 1.5 G dijual lebih murah. Harganya mulai Rp 255,2 juta dengan transmisi manual (MT) dan Rp 265,2 juta untuk tranmsisi otomatis (AT).

Varian 1.5 S atau TRD Sportivo punya harga lebih mahal. Banderolnya mulai Rp 266,6 juta untuk transmisi manual (MT). Sementara transmisi otomatis (AT) dijual Rp 276,6 juta.

Jika kamu mencari banderol yang lebih murah lagi, bisa cek kembaran Toyota Rush yaitu Daihatsu Terios.

Daftar Harga Toyota Rush di Indonesia

Varian Harga
Toyota Rush 1.5 G M/T Rp 255,2 juta
Toyota Rush 1.5 G A/T Rp 265,2 juta
Toyota Rush 1.5 S M/T TRD Sportivo Rp 266,6 juta
Toyota Rush 1.5 S A/T TRD Sportivo Rp 276,6 juta

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru