Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Perbedaan Vario 160 ABS dan CBS, Mana Lebih Baik?

by Tigor Sihombing
Perbedaan Vario 160 ABS dan CBS

Kira-kira apa saja ya perbedaan Vario 160 ABS dan CBS? Mengetahui perbedaan mendasar diantara keduanya menjadi penting terutama bagi Anda yang berminat membeli unitnya dalam waktu dekat.

Seperti kita tahun PT Astra Honda Motor menjual Vario 160 dalam dua varian utama. Ada varian dengan ABS (Anti-lock Braking System) dan CBS (Combi Brake System). Meskipun keduanya adalah skutik dengan performa yang andal, tetapi dibekali dengan teknologi sistem pengereman yang berbeda-beda.

ABS dan CBS adalah…

Perbedaan Vario 160 ABS dan CBS
CBS atau Combi Brake System adalah sistem pengereman yang mengintegrasikan rem depan dan belakang pada sepeda motor.
Dengan kata lain, saat kamu menarik tuas rem depan, sistem ini juga akan secara otomatis mengaktifkan rem belakang. Hal ini membantu meningkatkan kestabilan dan pengendalian saat pengereman.

Perbedaan antara ABS dan CBS yang utama tentu saja pada teknologi system pengeremannya. CBS atau Combi Brake System adalah sistem pengereman yang mengintegrasikan rem depan dan belakang pada sepeda motor.

Dengan kata lain, saat kamu menarik tuas rem depan, sistem ini juga akan secara otomatis mengaktifkan rem belakang. Hal ini membantu meningkatkan kestabilan dan pengendalian saat pengereman.

Sedankagkan sistem ABS (Anti-lock Braking System) bekerja dengan cara mencegah ban terkunci saat pengereman mendadak. Hal ini memungkinkan untuk tetap menjaga kendali dan stabilitas saat mengerem, terutama pada permukaan jalan yang licin atau saat terjadi pengereman mendadak.

Selain itu ABS pada Honda Vario 160 menggunakan sensor untuk memantau kecepatan putaran roda. Ketika sensor mendeteksi kemungkinan terjadinya kunci roda, sistem secara otomatis mengatur tekanan pengereman pada roda tersebut.

Hasilnya, roda tetap berputar dan pengendalian pengereman tetap terjaga. Sistem ini beroperasi dengan cepat dan akurat, memberikan bantuan berharga dalam situasi darurat dan meningkatkan kenyamanan berkendara. Meskipun demikian, perlu diperhatikan bahwa ABS tidak dilengkapi dengan fitur pencegahan terkunci roda.

Baca juga  10 Motor Matic 250cc Ke Atas yang Pantas Dibeli!

Unutk lebih lengkapnya, secara fisik, kedua teknologi ini dibedakan dari beberapa perbedaan penampilan. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Bobot Honda Vario 160 ABS Lebih Berat

Honda Vario 160 ABS lebih berat
Honda Vario 160 ABS lebih berat

Perbedaan utama antara Vario 160 ABS dan CBS terletak pada bobotnya. Vario 160 ABS lebih berat karena dilengkapi sensor ABS dan rem cakram belakang, yang tidak ada pada model CBS. Akibatnya, bobot Vario 160 ABS mencapai 117 kilogram, sementara Vario 160 CBS hanya 115 kilogram.

Penambahan fitur keselamatan pada model ABS memberikan keamanan ekstra saat berkendara, namun juga menambah berat keseluruhan sepeda motor. Meskipun perbedaan beratnya hanya 2 kilogram, fitur tambahan ini dapat membuat perbedaan signifikan dalam performa, konsumsi BBM, pengereman dan keselamatan pengendara.

2. Rem belakang Vario 160 CBS tidak cakram

Vario 160 ABS menggunakan dua rem cakram, depan dan belakang, yang dilengkapi dua master rem di setangnya. Karena itu, fitur parking brake lock dihilangkan pada tipe ABS.

Sebaliknya, pada varian CBS, fitur parking brake lock masih ada karena rem belakangnya masih menggunakan tromol. Perbedaan ini menonjolkan fokus masing-masing model: ABS mengutamakan performa pengereman lebih baik, sementara CBS mempertahankan fitur parkir yang praktis.

Baca juga  Honda CT125 Resmi Dijual, Motor Bebek Retro Adventure!

Meskipun fitur ini sederhana, perbedaannya mencerminkan perbedaan teknis dan fungsional antara kedua varian Vario 160.

3. MID

Kedua model dilengkapi panel meter digital penuh dengan informasi lengkap, termasuk indikator kecepatan, jarak tempuh, bahan bakar, Smart Key, jam digital, konsumsi bahan bakar, tegangan baterai, penggantian oli, trip meter, dan indikator ISS.

Namun bedanya pada type ABS, terdapat tambahan indikator ABS. Panel digital ini memberikan kemudahan bagi pengendara untuk memantau berbagai informasi penting saat berkendara, memastikan kenyamanan dan keamanan yang lebih baik.

4. Warna

Vario 160 ABS dan CBS memiliki perbedaan dalam pilihan warna dan emblem. Tipe CBS tersedia dalam warna Active Black, Grande Matte Black, dan Grande Matte Red, dengan grafis menggunakan stiker.

Tipe ABS hadir dalam warna Active Black, Grande Matte Black, dan Grande White, dengan emblem 3D yang memberikan kesan lebih premium.

Selain itu, velg pada tipe CBS berwarna hitam, sedangkan tipe ABS menggunakan velg berwarna burnt titanium, menambah kesan eksklusif dan sporty pada varian ABS. Perbedaan ini mencerminkan fokus estetika dan fitur yang berbeda antara kedua model.

5. Harga Vario 160 ABS Lebih Mahal

Berikut update harga Vario 160 terbaru :

  • Vario 160 CBS Active: Rp 27.250.000
  • Vario 160 CBS Grande: Rp 27.500.000
  • Vario 160 ABS: Rp 30.130.000
Baca juga  5 Rekomendasi Motor Adventure Murah di Indonesia

Pilih Honda Vario 160 ABS atau CBS?

image691

LAntas teknologi mana kira-kira yang akan kamu pilih, CBS atau ABS? Fitur ABS pada Vario 160 mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak, memungkinkan kamu mengendalikan sepeda motor dengan lebih baik. Sistem CBS membantu menjaga keseimbangan pengereman antara roda depan dan belakang, memberikan stabilitas saat pengereman.

Sebaiknya pertimbangkan gaya berkendara dan lingkungan jalan yang sering dilalui untuk menentukan fitur yang sesuai dengan kebutuhan keselamatan kamu. Ingat bahwa baik ABS maupun CBS memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Jika sering melakukan perjalanan jarak jauh atau melintasi jalanan dengan kondisi lalu lintas padat, fitur ABS dapat memberikan keuntungan lebih dalam situasi pengereman mendadak. Sebaliknya, jika penggunaan sepeda motor kamu sebagian besar untuk perjalanan sehari-hari di daerah perkotaan dengan kecepatan rendah, sistem CBS bisa menjadi pilihan yang lebih praktis.

Tentukan anggaran dan bandingkan harga antara Vario 160 ABS dan CBS. Pertimbangkan manfaat dan fitur yang dibutuhkan, apakah perbedaan harga sebanding dengan keuntungan yang akan didapatkan.

Demikian ulasan terkait perbedaan Vario 160 ABS dan CBS. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika