Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Perbedaan Vespa Sprint dan Sprint S, Cuma Sebatas Aksesoris ?

by Tigor Sihombing
Perbedaan Vespa Sprint dan Sprint S

Kali ini Moladin akan mengulas perbedaan Vespa Sprint dan Sprint S. Lini keluarga Vespa Sprint adalah salah satu model ikonik yang dihasilkan oleh Vespa, merek skuter legendaris asal Italia yang didirikan oleh Piaggio pada tahun 1946.

Vespa sendiri sudah lama dikenal sebagai simbol gaya dan kepraktisan dalam berkendara. Vespa Sprint pertama kali diperkenalkan pada tahun 1965, di masa ketika Vespa telah menjadi ikon budaya populer di seluruh dunia.

Desain Vespa Sprint pada masa itu menonjol dengan bentuknya yang ramping dan dinamis, serta dilengkapi dengan mesin yang lebih bertenaga dibandingkan model sebelumnya. Sprint dirancang untuk menarik perhatian pengendara muda yang menginginkan skuter dengan performa lebih baik dan tampilan yang sporty.

Pada tahun 2014, Vespa menghidupkan kembali model Sprint dengan teknologi modern, namun tetap mempertahankan ciri khas desain klasiknya.

Vespa Sprint baru ini dilengkapi dengan mesin i-get (Italian Green Experience Technology) yang lebih efisien dan ramah lingkungan, serta dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti lampu LED, panel instrumen digital, dan sistem pengereman ABS.

Vespa Sprint telah mengalami berbagai evolusi sejak pertama kali diperkenalkan, tetapi tetap menjadi simbol gaya hidup urban yang elegan dan dinamis. Berikut kami jabarkan perbedaan Vespa Sprint dan Sprint S sebagai referensi.

Baca juga  Vespa 75 Tahun Anniversary, Berapa Harganya?

Spesifikasi Vespa Sprint S Modern

image699
Vespa Sprint S memiliki aksen merah yang memberikan tampilan lebih sporty, termasuk pada cover steering rack dan lubang klakson, serta garis motif di bagian samping motor.

Vespa Sprint dan Vespa Sprint S adalah dua skuter yang memiliki banyak kesamaan dalam hal spesifikasi, tetapi berbeda dalam beberapa aspek desain dan fitur kosmetik. Berikut adalah spesifikasi lengkap dan perbedaan antara keduanya.

Kedua model ini dilengkapi dengan mesin berkapasitas 154,8 cc yang menggunakan teknologi i-get 4 langkah dengan silinder tunggal dan 3 katup, dilengkapi dengan injeksi elektronik. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 8,7 kW pada 7.500 rpm dengan torsi 12 Nm pada 5.000 rpm. Untuk menjaga suhu mesin, Vespa menggunakan sistem pendingin kipas atau Forced Air Cooling System.

Dalam hal transmisi, Vespa Sprint dan Sprint S sama-sama menggunakan transmisi CVT (Continuous Variable Transmission) otomatis, yang memudahkan pengendara dalam berkendara di berbagai kondisi jalan.

Sistem pengereman kedua motor ini juga cukup mumpuni, dengan rem cakram depan 220 mm yang dilengkapi ABS dan rem tromol 140 mm di belakang. Dimensi keduanya mencakup panjang 1.863 mm, lebar 695 mm, jarak sumbu roda 1.334 mm, dan ketinggian jok 790 mm.

Ban yang digunakan adalah tipe tubeless dengan ukuran 110/70 pada ring 12. Kapasitas tangki bahan bakarnya adalah 7 (± 0,5) liter, yang cukup untuk berkendara jarak menengah tanpa perlu sering mengisi ulang.

Baca juga  Harga Setang Seher & Penyebab Kerusakannya

Meskipun memiliki spesifikasi yang sama, Vespa Sprint dan Vespa Sprint S memiliki beberapa perbedaan kosmetik yang membedakan tampilan dan harga keduanya.

Warna

Saat ini Vespa Sprint S dibekali dengan pilihan 4 warna mentereng seperti Grey Titanio Matt, White Innocenza, Green Tenace, dan Orange Tramonto. Sedangkan Vespa Sprint versi standar 3 warna yakni Blue Audace, Yellow Sole, dan Grey Materia.

Untuk detilnya, Vespa Sprint S memiliki aksen merah yang memberikan tampilan lebih sporty, termasuk pada cover steering rack dan lubang klakson, serta garis motif di bagian samping motor. Sedangkan Vespa Sprint standar tidak memiliki aksen ini, hanya sewarna dengan body.

Logo dan Material Jok

Vespa Sprint S dilengkapi dengan logo ‘S’ di bagian depan dan pelek, serta menggunakan material jok yang lebih mewah. Jok pada Vespa Sprint S berjenis black saddle dengan jahitan hitam, sementara Vespa Sprint standar menggunakan jok black saddle dengan detail putih di pinggirnya.

Aksen Hitam

Warna hitam juga dominan pada Vespa Sprint S, termasuk pada spion, frame headlamp, dan velg yang semuanya berwarna hitam. Berbeda dengan Vespa Sprint yang menggunakan warna chrome pada spion, frame headlamp, dan velg. Warna hitam juga digunakan pada garis chrome di bagian edge shield Vespa Sprint S, sementara Vespa Sprint standar menggunakan chrome di bagian tersebut.

Baca juga  Tilang Elektronik Roda Dua, Hal Ini yang Sering Dilanggar

Harga Vespa Sprint dan Vespa Sprint S

image700
Harga Vespa Sprint 150 i-get ABS Rp 57,1 juta

Perbedaan terakhir adalah harga. Vespa Sprint 150 i-get ABS dijual dengan harga Rp 57,1 juta, sedangkan Vespa Sprint S 150 i-get ABS lebih mahal, dijual dengan harga Rp 59,6 juta. Perbedaan harga ini mencerminkan tambahan fitur kosmetik dan material yang lebih eksklusif pada Vespa Sprint S.

Dengan spesifikasi mesin yang sama, pilihan antara Vespa Sprint dan Vespa Sprint S tergantung pada selera dan anggaran calon pembeli. Vespa Sprint S menawarkan tampilan yang lebih sporty dan mewah, sementara Vespa Sprint standar tetap menjadi pilihan yang stylish dengan harga lebih terjangkau.

Demikian ulasan Perbedaan Vespa Sprint dan Sprint S. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika