Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Ragam Alat Darurat di Dalam Mobil Wajib Dibawa Setiap Saat

by Tigor Sihombing
Alat Darurat di Dalam Mobil

Pentingnya membawa alat darurat di dalam mobil tidak boleh diabaikan oleh pemilik kendaraan.

Selain membawa surat-surat kendaraan lengkap, memiliki alatan darurat di dalam mobil dapat menjadi langkah awal cerdas untuk mengatasi situasi mendesak di jalan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa peralatan darurat yang sebaiknya selalu ada di dalam mobil untuk menunjang keselamatan dan keamanan kamu.

1. First Aid Kit atau P3K

Kotak P3k 02

Jusri Pulubuhu, pendiri sekaligus instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan membawa peralatan P3K lengkap sangat penting untuk keselamatan.

“Memiliki first aid kit dapat memberikan pertolongan pertama saat dibutuhkan,” kata Jusri.

2. Toolkit

Alat Darurat di Dalam Mobil

Toolkit mencakup sejumlah peralatan dasar yang memiliki fungsi khusus

Selain itu, Jusri menyebut pengemudi perlu membawa toolkit untuk berjaga-jaga jika ada masalah di perjalanan. “Untuk toolkit bawa satu set yang dari pabrik aja, itu sudah cukup, gak perlu bawa banyak-banyak,” lanjut Jusri.

Toolkit umumnya mencakup sejumlah peralatan dasar yang memiliki fungsi khusus dalam konteks otomotif. Berikut adalah beberapa alat yang biasanya ada dalam toolkit dan fungsi utamanya:

Baca juga  Toolkit Wajib Dipakai Sesuai Keperluan, Bukan Sebagai Hiasan Di Bagasi Motor!

a. Kunci Pas dan Kunci Ring: Digunakan untuk melepas atau memasang baut dan mur pada berbagai bagian kendaraan. Kunci ring memiliki kepala yang tertutup dan dapat berputar hingga 45 derajat.

b. Kunci Nipel: Berguna untuk mengencangkan atau melepas baut pada sambungan pipa di kendaraan.

c. Kunci Busi: Memasang dan melepas busi menggunakan stang, memudahkan perawatan pada sistem pembakaran.

d. Kunci Roda: Digunakan untuk memasang dan melepas mur atau baut pada roda kendaraan.

e. Adjustable Wrench atau Kunci Inggris: Alat serbaguna untuk membuka dan mengencangkan baut, dengan kepala yang dapat diatur.

f. Obeng: Berbagai jenis obeng digunakan untuk membuka dan mengencangkan sekrup pada berbagai bagian kendaraan.

g. Obeng Ketok: Membantu membuka sekrup yang sulit dengan memukul gagang obeng.

h. Skrap: Digunakan untuk melepas material gasket pada komponen mesin.

3. Peralatan Keselamatan Tambahan

Alat Darurat di Dalam Mobil

Kabel jumper digunakan untuk memancing aki tekor di dalam kondisi darurat.

Alat darurat di dalam mobil berikutnya adalah beberapa peralatan keselamatan tambahan seperti senter, kunci-kunci kendaraan, dongkrak, ban serep, pompa elektrik, kunci filter oli, kunci pipa, dan masih banyak lagi.

Baca juga  Toolkit Wajib Dipakai Sesuai Keperluan, Bukan Sebagai Hiasan Di Bagasi Motor!

Selain itu, kabel jumper, pengukur tekanan ban, isolasi, pelumas (model WD40), dan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) mobil juga merupakan peralatan yang dapat memberikan keamanan ekstra.

Dan masih banyak lagi alat otomotif lainnya seperti feeler gauge, tang kombinasi, tang lancip, vice grip, kunci T, torque wrench, dongkrak, jack stand, ratchet, dan lain sebagainya.

Dengan memahami fungsionalitas alat-alat otomotif tersebut, pemilik mobil dapat lebih siap menghadapi kondisi darurat di jalan.

Penting untuk selalu membawa beberapa alat otomotif dasar ini dalam mobil agar dapat mengatasi masalah kecil dengan cepat tanpa harus mengandalkan bantuan luar.

Dengan begitu, perjalanan kamu akan lebih aman dan nyaman. Jangan lupa untuk secara berkala memeriksa kelengkapan dan kondisi peralatan darurat di dalam mobil untuk memastikan kesiapan dalam menghadapi segala situasi di jalan.

Demikian ulasan ragam alat darurat di dalam mobil. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika