by

7 Rekomendasi Motor Bebek Irit dan Murah di Indonesia

Kalau kamu cari motor bebek irit, pilihannya cukup banyak di pasar otomotif Tanah Air. Walau memang, saat ini sepeda motor jenis bebek mulai kalah pamor dibanding matik. Meski begitu, eksistensinya tetap ada. Belum punah!

Beberapa pabrikan bahkan tetap mempertahankan penjualan motor bebek. Ambil contoh Honda masih menjual Revo, Supra X 125, dan Supra GTR 150. Kemudian Yamaha punya Vega Force, Jupiter Z1, sampai dengan MX King 150. Serta masih banyak lagi pilihan lain.

Hanya saja kalau bicara irit, pilihannya semakin mengerucut. Motor bebek irit, identik pula dengan kapasitas mesin kecil. Artinya jika mau irit, belilah motor dengan kubikasi terkecil atau di bawah 125 cc.

Menariknya lagi dengan memilih jantung mekanis mungil, maka harganya pun otomatis murah. Penasaran dengan pilihannya? Berikut rekomendasi Motor Bebek Irit dan Murah di Indonesia:

1. Honda Revo Fit

motor bebek irit honda revo fit
Honda Revo Fit punya ciri khas menggunakan pelek jari-jari

Motor bebek irit dan murah yang pertama adalah Honda Revo Fit. Harganya Cuma Rp 14,905 juta (OTR Jakarta), sekaligus jadi produk termurah keluaran pabrikan berlogo sayap.

Walau murah, kualitas Revo Fit tidaklah murahan. Honda memberinya mesin 109,17 cc, satu silinder, berteknologi SOHC yang luar biasa irit. Klaimnya, mampu menghemat BBM sampai 62,20 Kpl dengan metode pengujian ECE-R40 Euro 2.

Jika dikombinasikan dengan kapasitas tangki mencapai 4 liter. Maka dalam kondisi tangki penuh, Revo Fit mampu melaju hingga 248 Km atau Jakarta – Cirebon tanpa perlu mengisi bahan bakar.

Sementara untuk performa, jantung mekanis tersebut bisa melontarkan torsi hingga 8,76 Nm pada 6.000 rpm dan tenaga maskimal 8,91 PS pada 7.500 rpm. Padanannya adalah transmisi manual 4-percepatan.

Revo Fit tersedia dalam tiga pilihan warna stiker: Raving Red, Neo Green, dan Galaxy Blue. Lalu untuk warna bodinya cuma ada opsi hitam.

2. Suzuki Smash FI

motor bebek irit suzuki smash
Motor bebek Suzuki ini punya harga cukup terjangkau, serta bobot ringan, sehingga cocok buat pemula

Motor bebek irit, Suzuki Smash FI pernah mati suri. Hanya saja pada 2017 mulai dihidupkan lagi oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Tidak ada perubahan spesifikasi antara Smash lama dan baru. Hanya saja tampilannya lebih segar dengan striping dan warna bodi terkini.

Soal irit, Smash FI tidak perlu diragukan. Mesin 113 cc miliknya bisa menghemat hingga 42,8 Kpl. Terkait performa, mesin tersebut bisa melontarkan tenaga 9,3 PS pada 8000 rpm dan torsi maksimum 9,1 Nm pada 6.000 rpm.

Kelebihan dari motor bebek ini, punya bagasi yang cukup luas mencapai 8 liter. Kompartemen di bawah jok tersebut bisa memuat jas hujan dan berbagai peralatan berkendara. Bobot totalnya juga cukup ringan, cuma 93 Kg sehingga mudah dikendalikan oleh pemula sekalipun.

Ukuran ban depan motor Suzuki yang satu ini adalah 70/90 – 17M/C 38 P dan ukuran ban belakang adalah 80/90 – 17M/C 44 P.

3. Viar Star NX

motor bebek viar
Viar Star NX, salah satu motor bebek termurah di Indonesia

Merek dalam negeri, Viar juga memproduksi motor bebek bernama Star NX. Kelebihan dari kuda besi ini, sudah pasti irit. Viar mengklaim mesin 100 cc yang dikombinasikan dengan karburator miliknya, mampu menghemat hingga 40 Kpl.

Selain itu, Viar Star NX juga memiliki banyak fitur modern. Sebut saja sistem pencahayaan LED di lampu depan dan daytime running light (DRL). Kemudian di bawah joknya terdapat bagasi yang cukup luas untuk menyimpan jas hujan serta berbagai peralatan berkendara lain.

Keistimewaan motor bebek Viar selanjutnya adalah harga terjangkau. Viar Star NX dijual Rp 9,95 juta (OTR Jakarta). Desainnya pun unik, kamu bisa lihat terdapat gap cukup besar antara bodi dengan sepatbor depan. Lalu knalpotnya tidak kalah istimewa yang memiliki desain panjang serta besar.

Terkait pengereman, Viar Star NX pakai rem cakram di depan dan teromol di belakang. Ukuran rodanya 2.50-17 inci di depan dan 2.75-17 inci di belakang.

4. Yamaha Jupiter Z1

motor bebek irit yamaha jupiter z1
Kelebihan Yamaha Jupiter Z1, performa mesinnya sangat bertenaga untuk kelas entry level

Nama Yamaha Jupiter sudah melegenda. Kini penerusnya adalah Jupiter Z1 yang punya kapasitas mesin 115 cc dan pasti irit. Soal konsumsi bahan bakar, angkanya sekitar 55 Kpl.

Selain memiliki predikat motor bebek irit, kelebihan Yamaha Jupiter Z1 adalah tampilan sportif. Hal ini terlihat dari penggunaan lampu depan ganda, bodi dengan lekukan tajam, dan pelek palang bergaya bintang.

Jantung mekanis Jupiter Z1 juga tidak kalah istimewa. Di atas kertas, mesin ini bisa memuntahkan torsi 9,8 Nm pada 6.750 rpm dan tenaga maksimal 9,9 hp pada 7.750 rpm. Sementara untuk transmisi pakai 4-percepatan manual.

Keunggulan lain dari motor bebek pabrikan garpu tala, sudah mempunya kunci kontak bermagnet untuk mencegah maling. Soal harga, Yamaha Jupiter Z1 dijual Rp 18,11 juta (OTR Jakarta). Kuda besi ini kini mendapat pilihan warna baru: metallic blue, metallic red, dan metallic black.

5. Yamaha Vega Force

motor bebek irit yamaha vega force
Konsumsi BBM Yamaha Vega Force bisa tembus 55 Kpl

Pilihan motor bebek irit dari Yamaha selanjutnya adalah Vega Force. Ciri khasnya punya desain sederhana dan ramping. Kemudian untuk kapasitas mesin, menggunakan 115 cc.

Hanya saja jantung mekanis tersebut tidak punya performa sehebat Yamaha Jupiter Z1. Mesin Vega R cuma bisa mengeluarkan tenaga maksimal 8.5Hp/7.000rpm dan torsi puncak 9.53Nm/5.500rpm. Namun, dari sisi irit, Vega Force lebih unggul. Konsumsi BBM motor ini sekitar 55,6 Kpl.

Kelebihan lain dari motor bebek ini, harganya lebih murah. Yamaha Vega Force dibanderol Rp 16 jutaan.

Fitur Vega Force juga tidak beda jauh dari Jupiter Z1. Pabrikan garpu tala memberi kunci kontak bermagnet untuk mencegah maling. Kemudian sistem pencahayaan masih bohlam. Ada pula rem cakram di roda depan, sementara yang belakang masih tromol.

6. Honda Revo X

motor bebek irit honda revo x
Kelebihan Honda Revo X adalah konsumsi bbm irit, tembus 62 Kpl

Revo X dan Revo Fit, sama-sama masuk ke dalam rekomendasi motor bebek irit. Hal ini wajar, lantaran keduanya berbagi platform mesin serta rangka yang serupa. Bedanya hanya ada di tampilan, fitur, dan harga.

Honda Revo X, kelebihannya adalah bertampang sportif dengan pelek palang dan sayap bodi dengan aksen kisi-kisi udara. Kemudian dari sisi fitur, Revo X memiliki kunci kontak bermagnet yang bisa mencegah maling.

Kemudian untuk fitur lain, tidak ada beda. Misalnya saja suspensi depan pakai teleskopik dan belakang jenis ganda. Kemudian ukuran roda, sama-sama 70/90-17 inci di depan dan 80/90-17 inci di belakang. Tidak ketinggalan untuk pengereman telah pakai cakram di roda depan, serta tromol di belakang.

Dengan berbagai kelebihan tersebut, harga Honda Revo X Rp 16,605 juta (OTR Jakarta). Lebih mahal Rp 2 juta dibanding Revo Fit. Terkait pilihan warna, Revo X punya dua opsi: attractive red dan quantum black.

7. TVS Neo XR

TVS Neo XR
Salah satu keunikan TVS Neo XR sudah dilengkapi fitur power charger untuk mengisi daya smartphone saat berkendara

Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau di Indonesia ada merek motor TVS, bahkan mereka jual jenis bebek juga. Motor bebek TVS bernama Neo XR dengan kapasitas mesin 109,7 cc. Kemampuannya menghemat bahan bakar, sekitar 43 Kpl.

Salah satu kelebihan dari motor TVS Neo XR, harganya sangat terjangkau mulai Rp 10 jutaan. Kemudian untuk fitur-fitur yang dipunya adalah power charger untuk mengisi daya smartphone ketika berkendara. Tidak ketinggalan iEcono yang mampu memberi informasi soal gaya berkendara hemat bahan bakar.

Kemudian soal mesinnya sendiri, bisa mengeluarkan torsi puncak hingga 8,5 Nm pda 4.500 rpm dan tenaga maksimal 8,5 hp pada 8.000 rpm. Sistem transmisi yang jadi padanannya 4-percepatan manual.

Itulah tadi rekomendasi motor bebek irit dan murah yang dijual di Indonesia. Mana yang paling kamu suka?

Baca juga:

Alasan Beli Motor Bebek Irit Dibanding Motor Matik

motor bebek irit
Kelebihan motor bebek dibanding motor matik, salah satunya harga yang terjangkau

Kenapa masih tertarik beli motor bebek di zaman sekarang? Padahal ada motor matik yang lebih praktis.

Salah satu alasan paling kuat, motor bebek lebih tangguh untuk melahap tanjakan. Hal tersebut dikarenakan penggunaan sistem penggerak yang menggunakan rantai dan gir.

Kemudian motor bebek juga tangguh, lantaran pakai suspensi belakang jenis ganda. Beda dengan motor matik yang kebanyakan pakai suspensi tunggal, terlebih untuk varian entry level seperti Honda Beat, Yamaha Mio, dan Suzuki Nex II.

Ground clearance kuda besi jenis bebek pun lebih tinggi. Penyebabnya adalah ukuran roda 17 inci layaknya motor sport. Sementara motor matik lebih identik dengan roda kecil, biasanya cuma 14 inci paling besar.

Terakhir yang tidak kalah penting, harga motor bebek jauh lebih murah dari motor matik. Ambil contoh Honda Revo Fit yang pakai kapasitas 110 cc dijual cuma Rp 14 jutaan. Sementara Honda Beat dengan mesin berkubikasi serupa, banderolnya mulai Rp 16 jutaan.

Setelah mengetahui alasan di atas, masihkah kamu meragukan kemampuan motor bebek? 

Comment

Leave a Reply

Terbaru