Selasa, April 30, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

6 Spesifikasi dan Harga Volvo XC60 2023, GLC dan X3 Minggir Dulu!

by Tigor Sihombing
spesifikasi dan harga volvo xc60 phev 2023 - tampak belakang

Kali ini Moladin akan membahas soal spesifikasi dan harga Volvo XC60 2023. Di Indonesia, mobil SUV asal Swedia tersebut bersaing dengan beberapa line-up SUV Premium, seperti Mazda CX-60, BMW X3, dan Mercedes-Benz GLC.

Walau tidak terlalu populer, Volvo XC60 Recharge punya potensi untuk menjadi pilihan logis di kelas SUV premium. Hal ini lantaran banderol yang terjangkau yaitu cuma Rp 1,362 miliar. Kelebihannya sudah pakai penggerak AWD. Performa mesin mobil Volvo ini juga buas dengan kubikasi 1.969 cc plug-in hybrid (PHEV), bisa menghasilkan torsi puncak 709 Nm dan tenaga 460 hp.

Kelebihan Volvo XC60 2023 juga ada di head unit vertikal ukuran besar 12,3 inci terintegrasi Google Built-in yang bisa mengakses fitur Google Maps untuk navigasi, hingga Google Assistant untuk pengaturan dengan perintah suara. Hadir pula sistem audio premium, menggunakan 15 Speaker hi-fi Bowers & Wilkins.

Mau tahu lebih detail soal spesifikasi dan harga Volvo XC60 Recharge berteknologi PHEV ini? Berikut akan kami ulas secara detail, plus perbandingan dengan para kompetitor seperti BMW X3, Mercedes-Benz GLC, dan Mazda CX-60:

1. Eksterior Gagah Khas ‘Tank Swedia’

spesifikasi dan harga volvo xc60 phev 2023 - eksterior

Bodi mengotak menguatkan aura SUV di Volvo XC60 terbaru 2023

Spesifikasi Volvo XC60 di bagian eksterior sangat menawan. Mobil hybrid ini memiliki dimensi yang proporsional untuk sebuah SUV Premium. Di atas kertas memiliki bodi dengan dimensi panjang 4.708 mm, lebar 2.117 mm, dan tinggi 1.658 mm.

Volvo XC60 memiliki desain eksterior yang menarik dan elegan. Garis-garis yang halus dan aerodinamis memberikan SUV ini tampilan yang modern dan dinamis, meski bodinya terlihat sangat bongsor.

Baca juga  Booking Fee BR-V Terbaru di Diler Honda, Cuma Segini!

Grille depan yang khas dengan logo Volvo di tengah memberikan identitas merek yang kuat. Lampu depan Full-LED dengan desain tajam juga menambah daya tarik pada bagian depan kendaraan ini.

Kaki-kakinya tampil kokoh menggunakan ban berukuran 235/55 dengan velg 19 inci. Di atapnya juga ada roofrail yang bisa menjadi dudukan untuk roofrack dan roofbox.

2. Interior Mewah Ala Scandinavia

spesifikasi dan harga volvo xc60 phev 2023 - interior

Jok Nappa Leather membuat duduk di Volvo XC60 menjadi nyaman

Bicara spesifikasi untuk interior Volvo XC60 2023 sangatlah istimewa. Ada jok berbahan Perforated Fine Nappa Leather. Lalu pengaturannya sudah full elektrik.

Hadir pula aksen kayu atau driftwood yang menampilkan aura eksklusif kemewahan khas scandinavia. Bagian tuas persneling, berdesain kristal dari hasil buah tangan pengrajin kaca Swedia di Orrefors. Keberadaan ornamen itu, tentu menambah sentuhan premium pada kabin mobil.

Tidak hanya memikirkan material dan ornamen, Volvo XC60 juga memperhatikan tata ruang dan pencahayaan. Di atap ada panoramic sunroof yang bisa membiarkan sinar matahari masuk ke kabin, sehingga menciptakan kesan luas dan terang secara alami.

Soal kapasitas penumpangnya, interior SUV Swedia ini bisa menampung 5-orang. Sayangnya di jok tengah bagian belakang, tidak tersedia head rest. Alhasil orang yang duduk di sana akan kurang nyaman. Kemudian bagasinya sangat luas, bisa menampung barang hingga 468 liter.

3. Performa Mesin XC60 Istimewa dengan Plug-in Hybrid

spesifikasi dan harga volvo xc60 phev 2023 - mesin

Mesin 1.969 cc turbo milik XC60 PHEV dapat kombinasi baterai lithium dan motor elektrik

Dalam hal performa, Volvo XC60 dilengkapi dengan mesin bensin 1.969 cc turbo dengan kombinasi motor elektrik. Jantung mekanis plug-in hybrid (PHEV) tersebut sanggtup menghasilkan torsi puncak hingga 709 Nm dan tenaga 460 hp. 

Baca juga  Hyundai Palisade, SUV Mewah yang Siap Masuk Indonesia

Bila dibanding dengan kompetitor, performa Volvo XC60 PHEV paling buas. Pasalnya BMW X3 xDrive30i M Sport hanya bisa menghasilkan tenaga 252 hp, Mazda CX-60 dengan 280 hp, Mercedes-Benz GLC 300 AMG Line cuma 258 hp.

Kemudian Volvo XC60 2023 menggunakan penggerak semua roda atau all wheel drive (AWD). Hadir pula transmisi 8-percepatan Geartronic. Alhasil kombinasi semua itu bisa menghasilkan akselerasi 0-100 cuma 4,8 detik. Top speed 180 km/jam.

Terkait baterai lithium ion di XC60 PHEV, kapasitasnya mencapai 18,8 kwh dan diklaim bisa melaju full elektrik hingga 88,7 km. Jadi kehadiran teknologi hybrid ini bisa menghemat konsumsi BBM-nya bukan? 

4. Fitur Keselamatan Terlengkap

Spesifikasi Volvo XC60

Adaptive Cruise Control sudah hadir di Volvo XC60 Recharge

Volvo yang dijuluki sebagai “Tank Swedia” ini dikenal dengan komitmen mereka terhadap keselamatan, dan XC60 tidak terkecuali. SUV ini dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti sistem pengereman darurat otomatis dengan deteksi pejalan kaki dan pengendara sepeda.

Ada pula pengawas titik buta alias blind spot, peringatan tabrakan, sistem kamera 360 derajat, parkir otomatis, adaptive cruise control, line keeping aid, cross traffic alert, hingga rain sensor. Istimewa bukan?

5. Head Unit Google Built-in dan 15 Speaker Bowers & Wilkins

spesifikasi dan harga volvo xc60 phev 2023 - speaker bowers wilkins

15 Speaker Bowers & Wilkins jadi andalan audio Volvo XC60

Kelebihan Volvo XC60 PHEV 2023 tampak juga dari fitur-fitur kenyamanannya. Hadir head unit vertikal ukuran 12,3 inci yang terintegrasi Google Built-in. Alhasil kamu dengan mudah mengakses fitur-fitur seperti Google Maps dan Google Assistant.

Baca juga  Volvo Balik Ke Indonesia, Cuma Jual Mobil Listrik?

Bicara Google Maps, berfungsi memberikan navigasi superior dengan info lalu lintas real-time dan petunjuk rute otomatis. Sementara Google Assistant mempermudah akses rute dan hiburan dengan perintah suara. Selain itu ada Google Play yang membawa berbagai macam hiburan digital ke kendaraan.

Tidak selesai di sana, Volvo XC60 terbaru juga sudah memiliki sistem audio premium dengan 15 speaker dari Bowers & Wilkins. Dirancang untuk mereka yang menginginkan keunggulan performa suara. Beberapa mode musik bisa dipilih: Studio, Individual Stage, Concert Hall, dan Jazz Club. Hadir pula wireless phone charging, air purifier, hingga head up display.

6. Harga Volvo XC60 PHEV 2023

Spesifikasi Volvo XC60

Harga Volvo XC60 sangat terjangkau untuk mobil Eropa

Dengan spesifikasi tersebut, harga Volvo XC60 PHEV 2023 tembus Rp 1,362 miliar. Bila dibanding para kompetitor asal Eropa, SUV Swedia ini sangat terjangkau. Cek saja BMW X3 xDrive30i M Sport yang dijual Rp 1,44 miliar, lalu Mercedes-Benz GLC 300 4Matic AMG Line CKD Rp 1,425 miliar. Volvo XC60 cuma kalah murah dari merek Jepang yaitu Mazda CX-60 Rp 1,188 miliar.

Walau demikian kelebihan Volvo XC60 sebagai sebuah SUV sangatlah banyak, sebut saja pakai teknologi plug-in hybrid. Jadi bukan cuma bisa isi bensin, tapi mobil ini dapat dicas baterainya dengan colokan listrik. Ini juga menajdikan performanya paling buas dibanding yang lain sekaligus irit BBM.

Di Indonesia, Volvo juga memiliki beberapa pilihan SUV PHEV lain. Ada Volvo XC40 dan XC90. Demikian ulasan terkait spesifikasi dan harga Volvo XC60 terbaru 2023. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika