Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Spesifikasi Jeep Avenger: SUV Listrik Pertama, Dijual 2023!

by Baghendra Lodra
jeep avenger 4x4 - tampak belakang

Akhirnya Jeep Avenger tampil di panggung Paris Motor Show 2022. Ini merupakan mobil listrik pertama Jeep yang tampil langsung di depan publik.

Kehadiran Avenger adalah langkah awal dari rencana besar Jeep untuk sepenuhnya beralih ke mobil listrik. Pasalnya dalam portofolio merek asal Amerika tersebut, sudah ada dua produk lain yang juga bertenaga baterai siap untuk meluncur dalam waktu dekat.

Avenger sendiri merupakan SUV ringkas, tapi memiliki kemampuan on-road dan off-road yang istimewa. Menariknya lagi daya jelajahnya dalam kondisi baterai penuh cukup jauh, mencapai 550 Km.

“Ini akan menjadi pintu masuk untuk berbagai mobil listrik Jeep di kelas SUV dan kami harap ini bisa jadi model terlaris pada 2024,” kata Head of Jeep Europe di Stellantis, Antonella Bruno.

Lebih istimewanya lagi, Avenger bukan cuma ditujukan untuk Paris Motor Show 2022, tapi siap dijual. Rencananya pemesanan mulai dibuka pada Januari 2023. Ingin tahu lebih detail soal spesifikasi Jeep Avenger? Berikut bahasan detailnya:

Eksterior Gagah Khas SUV

jeep avenger - tampak samping

Velg 18 inci hadir di Avenger

Di atas kertas, spesifikasi Jeep Avenger untuk dimensinya cukup ringkas. Dalam rilis resmi, dikatakan bahwa panjangnya cuma 4,08 meter.

Walau demikian untuk ground clearance, mencapai 200 mm. Inilah yang membuat SUV listrik dari Jeep tersebut bisa bermain di medan offroad ringan. Apalagi ditambah approach angle 20 derajat, break over 20 derajat, dan departure angle 32 derajat. Spesifikasi tersebut meminimalkan kemungkinan untuk bodi bawahnya bersinggungan dengan jalan yang bergelombang.

Baca juga  Test Drive Xpander Cross di Bali: Tidak Limbung! (Bag.1)

Aura gagah SUV terungkap lewat kehadiran 7-slot grille khas Jeep yang berevolusi dari vertikal, kini lebih mengotak, lantaran punya efek ke peningkatan efisiensi. Lalu bagian kaki-kaki ada roda besar dengan velg 18 inch.

Tampilan Jeep Avenger juga sangat modern dengan pilar C yang terkesan mengambang. Hadir pula warna eksterior two tone dengan atap hitam.

Performa Jeep Avenger, Pakai Penggerak Roda Depan

avenger fwd

Avenger yang akan dijual pada Januari 2023 adalah versi FWD atau penggerak roda depan

Bicara spesifikasi Jeep Avenger untuk penggeraknya, pakai baterai 54 kWh dan electric powertrain 400 Volt. Di atas kertas bisa menghaislkan 260 Nm dan tenaga 156 hp.

Soal daya jelajahnya, dalam kondisi baterai penuh bisa membawa Avenger melaju hingga 550 km. Lalu untuk pengisian dayanya, dari 0-100 persen butuh 5,5 jam.

Bicara ketangguhan baterai buatan Jeep, tidak perlu diragukan. Sudah diuji sejauh 2 juta Km. Lalu khusus di Avenger, ada tambahan skid plate di bawah bodi dan ground clearance tinggi untuk melindunginya saat sesi offroad.

Sayangnya untuk penggerak, Avenger belum pakai empat roda, melainkan hanya dua roda yaitu di depan (FWD). Walau demikian, ini merupakan Jeep pertama dengan penggerak roda depan yang memiliki standar fitur Selec-Terrain dan Hill Descent Control. Keduanya dikombinasikan dengan ground clearance tinggi diklaim membuat kemampuan offroad dari SUV listrik ini istimewa.

Baca juga  Volvo XC40 Recharge Sudah Bisa Dipesan!

Fitur Selec-Terrain memiliki enam mode berkendara: normal, eco, sport, snow, mud, dan sand. Dengan demikian berbagai medan jalan bisa ditembus dengan penyesuaian berbeda.

Kemampuan Off-road Istimewa Hadir di Avenger 4×4 Concept

jeep avenger - tampak depan

Jeep menghadirkan Avenger 4×4 Concept di Paris Motor Show 2022

Walau untuk saat ini yang akan dipasarkan hanya versi FWD, tapi Jeep juga menampilkan Avenger 4×4 Concept di Paris Motor Show 2022. Ubahannya ada di penggunaan tow hooks, bumper lebar, hingga ban yang lebih besar.

Semua tambahan tersebut meningkatkan kemampuan off-road dari Jeep Avenger jadi semakin istimewa. Keunggulannya ada di approach angle yang mencapai 21 derajat, departure angle 34 derajat, dan breakover angle 20 derajat.

Ada pula lampu tamabahan untuk menjelajah saat malam hari. Kemudian di atas ditambahkan roof rail yang bisa untuk mengangkut barang.

Sayangnya soal performa motor elektrik 4×4 di mobil ini tidak diumumkan secara detail. Meski begitu, laman motor1 memprediksi bahwa Avenger dengan pengerak 4×4 akan tercipta dengan menambahkan motor elektrik di roda belakang Avenger FWD. Kemudian soal kemampuannya kemungkinan bisa melontarkan torsi hingga 500 Nm dan tenaga 300 hp.

Interior Modern dan Banyak Tempat Penyimpanan Barang

jeep avenger - interior

Interior SUV listrik Avenger yang modern, tersinspirasi Jeep Wrangler

Sebagai SUV listrik, Avenger tentu memiliki interior modern. Desainnya sederhana, terinspirasi dashboard kepunyaan Jeep Wrangler.

Baca juga  Resmi Dijual, Harga Renault Kiger yang Termahal!

Kemudian untuk head unit, pakai ukuran 10,25 inci layar sentuh. Panel instrumennya juga sudah full digital.

Bicara kenyamanan, jok Avenger telah dibalut kulit dan bisa diatur posisinya secara elektrik. Hadir pula fungsi pijat yang membuat rileks pengemudi dan penumpang. Hadir pula ambient light dan sunroof sebagai fitur modern lain.

Kelebihan lain dari Jeep Avenger adalah meski dimensinya ringkas, tapi di interiornya banyak tempat penyimpanan. Sebut saja di bagian depan bisa menampung barang 34 liter. Lalu konsol tengahnya bisa diposisikan maju dan mundur sesuai kebutuhan.

Lalu untuk bagasinya bisa menampung barang hingga 380 liter, dikalim sebagai yang terbaik di kelasnya. Ditambah lagi bagasi Avenger bisa dibuka secara otomatis lewat fitur hands-free power lifgate yang memudahkan proses masuk barang.

Harga Jeep Avenger

jeep avenger - jalan

Avenger siap dijual pada Januari 2023 untuk pasar Eropa

Setelah mengetahui spesifikasi Jeep Avenger, kira-kira berapa harga yang pantas? Jeep sendiri belum mengumumkannya, tapi berbagai media berspekulasi banderolnya mulai dari £36.000 atau setara Rp 630 jutaan. Walau demikian, kalau masuk Indonesia tentu bisa dijual lebih mahal lagi, lantaran pajak.

Pertama-tama Jeep Avenger akan dijual di Eropa pada Januari 2023. Walau demikian, saat ini konsumen yang tertarik sudah bisa mendaftarkan dirinya di laman Jeep Inggris. Semoga saja, setelah itu Avenger bisa masuk Indonesia.

Itulah tadi bahasan soal spesifikasi Jeep Avenger dan informasi harganya. Untuk kabar terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

 

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika