Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Spesifikasi Mazda EZ-6 Terungkap, Penerus Mazda6 Ini Siap Dijual di Cina

by Ivan
Spesifikasi Mazda EZ-6 yang siap dijual di Cina

Saat kunjungan langsung ke Beijing Auto Show 2024 beberapa waktu lalu, tim Moladin dibuat terperangah dengan sosok penerus Mazda6. Ini dia spesifikasi Mazda EZ-6 yang siap untuk dijual untuk pasar otomotif Cina.

Kiprah Mazda di negeri Tirai Bambu memang bukan kisah semalam. Sudah sejak dulu berbagai mobil Haima dan FAW dibangun berdasarkan platform Mazda. Kini di tahun 2024 hadir Mazda EZ-6 baru yang tidak hanya menggunakan platform hybrid listrik Changan EPA tetapi juga sebagian besar merupakan versi Deepal SL03 buatan Mazda.

Mengulik informasi dari Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi (MIIT) Cina, akan ada tiga versi EZ-6. Dua di antaranya listrik dan satu lagi versi hybrid (EREV).

Dimensi Bodi Spesifikasi Mazda EZ-6

Spesifikasi Mazda EZ-6 memiliki panjang 4.921 mm, lebar 1.890 mm dan tinggi 1.485 mm
Spesifikasi Mazda EZ-6 memiliki panjang 4.921 mm, lebar 1.890 mm dan tinggi 1.485 mm

Harus diakui jika Mazda EZ-6 adalah penerus yang tepat bagi Mazda6. Mobil ini sudah lahir sejak 2002 sebagai penerus dari Mazda Capella. Dan versi terakhirnya merupakan Mazda6 generasi ketiga yang pertama kali rilis tahun 2012.

Artinya hampir 12 tahun model ini tidak mengalami pembaruan desain. Meski kita tahu dalam perjalanannya model ini terbagi dalam versi sedan dan wagon.

Baca juga  Mazda CX-3 dan Mazda6 Disetop Penjualannya
Kelengkapan Mazda EZ-6 versi produksi
Kelengkapan Mazda EZ-6 versi produksi

Nah ketiga varian spesifikasi Mazda EZ-6 alias Mazda6 generasi ke-4 hadir dengan ukuran sama. Panjang mobil mencapai 4.921 mm, lebar 1.890 mm dan tinggi 1.485 mm dan jarak sumbu roda 2.895 mm.

Jika dibandingkan dengan saudara sebasisnya Deepal SL03, maka lebar Mazda EZ-6 sama persis dengan SL03. Meski baik panjang maupun tingginya lebih besar (lebar 4.820 mm dan tinggi 1.480 mm untuk SL03) sedangkan jarak sumbu roda Mazda sebenarnya lebih kecil 5 mm dibandingkan Deepal.

Bobot Mazda EZ-6 dan Desain Eksterior

Bagian belakang spesifikasi Mazda EZ-6
Bagian belakang spesifikasi Mazda EZ-6

Ketiga varian Mazda EZ-6 yang terdaftar di Cina diklaim memiliki kecepatan tertinggi 170 km/jam. Bobot untuk dua versi ful listrik masing-masing 1.855 kg dan 1.962 kg, sedangkan versi hybrid memiliki bobot 1.820 atau 1.862 kg tergantung konfigurasinya. Saat ini mobil tersebut hanya tersedia dengan velg berukuran 19 inci.

Terdapat sedikit perbedaan tampilan bagian depan antara Mazda EZ-6 versi EV dan hybrid. Mazda EZ-6 listrik memiliki gril tertutup sedangkan versi hybrid memiliki desain berongga.

Baca juga  Disuntik Mati di Jepang Simak Harga Mazda6 di Indonesia

Secara keseluruhan desainnya sesuai dengan tampilan model Mazda saat ini. Sementara di buritan terdapat desain lampu belakang yang seoalah-olah menyambung dan terkesan memanjang. Meski kami sendiri kurang suka dengan bagian belakang yang cenderung kaku dan kurang sporty seperti bagian fascia.

Spesifikasi Mazda EZ-6 Jantung Penggerak

Versi produksi Mazda EZ-6 ditawarkan 3 versi yakni 2 full listrik dan 1 hybrid
Versi produksi Mazda EZ-6 ditawarkan 3 versi yakni 2 full listrik dan 1 hybrid

Menariknya spesifikasi Mazda EZ-6 hybrid (EREV) menggunakan mesin JL473QJ yang sama dari Changan dengan Deepal SL03 disbanding menukar range-extender dengan mesin Mazda. Tenaga puncaknya mencapai 70 kW, namun mobil ini sebenarnya digerakkan oleh motor listrik 160 kW yang dipasang di poros belakang.

Ini adalah motor yang kurang bertenaga seperti yang digunakan oleh SL03 versi EREV lama dibandingkan motor 175 kW pada versi SL03 2024.

Sementara Mazda EZ-6 full listrik disokong motor listrik MSED04 di poros belakang yang menurut MIIT diproduksi oleh Changan Mazda Engine Company Limited dan memiliki tenaga puncak 190 kW. Kapasitas baterainya belum diumumkan tetapi diketahui bahwa semuanya akan menggunakan baterai lithium iron phosphate, sedangkan versi EV dipasok oleh CATL.

Baca juga  Model Terbaru Mazda6 Resmi Mengaspal di Indonesia

Spesifikasi Mazda EZ-6 Interior

Interior Mazda EZ-6 di Beijing Auto Show 2024
Interior Mazda EZ-6 di Beijing Auto Show 2024

Kita juga tahu dari Beijing Auto Show bulan lalu bahwa konfigurasi basic interior tidak akan jauh berbeda. Utamanya area dasbor yang dijejali layar tengah mengambang berukuran 14,6 inci, panel instrumen LCD, dan setor dengan bagian bawah dibikin datar.

Untuk tata suara kabin, Mazda EZ-6 didukung sound system Sony, dan jok zero-gravity khusus penumpang depan. Kokpitnya ditenagai oleh chip Qualcomm Snapdragon 8155 dengan sebagian besar fungsi dikontrol melalui layar atau perintah suara.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika