by

Spesifikasi Toyota Yaris Cross, SUV Ringkas Terbaru!

Spesifikasi Toyota Yaris Cross – Toyota resmi memperkenalkan sport utility vehicle (SUV) teranyarnya, yakni Toyota Yaris Cross untuk pasar Eropa. Meski menggunakan nama Yaris yang lebih dikenal dengan model hatchback. Namun model SUV dan hatchback benar-benar berbeda.

Toyota benar-benar merombak total bodi untuk Yaris Cross, yang kini tampil lebih besar. Secara spesifikasi, dimensi panjang 4.180 mm, lebar 1.765 mm, dan tinggi 1.560 mm. Wheelbase yang ditawarkan masih 240 mm, dengan ground clearance lebih tinggi 30 mm.

SUV terbaru asal Jepang ini mengusung basis TNGA-B yang berukuran lebih kecil dari C-HR. Namun pastinya lebih besar dari varian hatchback.

Secara tampilan terlihat cukup segar, dengan desain yang terbilang sederhana. Namun dengan ciri khas SUV berkat overfender di sekujur bodi.

Eksterior Ala SUV

Spesifikasi Toyota Yaris Cross
Toyota Yaris Cross memiliki tampilan yang lebih gahar

Bagian depan terlihat sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur modern, seperti penyematan LED headlight yang dipadukan dengan gril dengan desain bertumpuk, serta rumah foglam yang dirancang vertikal.

Tampilan Toyota Yaris versi crossover pun terasa semakin gahar berkat sentuhan body-cladding tebal berwarna hitam. Pada bagian belakangnya terlihat dinamis berkat hadirnya LED taillight yang dipadukan dengan roof-spoiler dan bumper tebal.

Baca juga  Diskon Toyota Innova dan Fortuner Tembus Rp100 Juta, Kok Bisa?

Guna mempertegas tampilannya semakin terasa SUV, Toyota Yaris Cross turut dilengkapi dengan pelek yang cukup lebar, berukuran 18 inci dengan motif dual tone.

Menariknya Toyota Yaris Cross memiliki warna baru, bernama Brass Gold.

Tabel Spesifikasi DImensi Toyota Yaris Cross

Aspek Spesifikasi
Mesin Bensin Hybrid
Panjang 4,180 mm 4,180 mm
Lebar 1,765 mm 1,765 mm
Tinggi 1,560 mm 1,560 mm
Jarak Sumbu Roda 2,560 mm  2,560 mm

Interior Kombinasi Hitam dan Cokelat

Interior Toyota Yaris Cross

Beralih ke dalam kabin, Toyota Yaris Cross memiliki dasbor yang memiliki desain sama dengan varian hatchback. Pembedanya, nuansa warna dominan coklat dan hitam, serta dengan sedikit detail berwarna putih.

Selain itu, terlihat Toyota Yaris Cross memiliki interior yang lumayan elegan. Namun terasa cukup menarik, bagi sebuah SUV. Berkat sentuhan ambient-light serta head-unit floating design yang dapat terhubung ke smartphone.

Spesifikasi Mesin Toyota Yaris Cross

Spesifikasi Toyota Yaris Cross
Yaris Cross ditawarkan dalam dua pilihan mesin.

Pada sektor jantung pacunya, Toyota Yaris Cross dibekali dengan mesin bensin berkapasitas 1.500 cc Dynamic Force. Mesin itu menyalurkan tenaga lewat roda depannya dengan pilihan transmisi Direct Shift-CVT dan manual 6-percepatan.

Baca juga  Mobil Baru Toyota 2020: Avanza Crossover atau Raize?

Selain mesin konvensional, Toyota Yaris Cross juga dilengkapi dengan hibrida bernama Toyota Hybrid System II yang dikombinasikan dengan sistem penggerak roda depan atau penggerak empat roda listrik E-Four.

Sebagai informasi tambahan, Toyota Yaris Cross rencananya bakal diproduksi di Toyota Motor East Japan untuk pasar Jepang. Karena diperuntukan untuk pasar Eropa juga, menurut rencana mobil ini juga akan diproduksi di Toyota Motor Manufacturing France.

Jika tidak aral melintang, rencananya Yaris Cross akan meluncur di Jepang pada musim gugur tahun ini, serta di Eropa pada pertengahan 2021 mendatang.

Apakah masuk Indonesia? Sampai sekarang belum ada konfirmasi dari pihak Toyota Astra Motor (TAM).

Tabel Spesifikasi Mesin Toyota Yaris Cross

Aspek Spesifikasi
Mesin Bensin Hybrid
Kapasitas  1,490 cc 1,490 cc
Tenaga  120 PS at 6,600 rpm 91 PS at 5,500 rpm
Torsi 145 Nm at 4,800-5,200 rpm 120 Nm at 3,800-4,800 rpm
Tenaga Motor Listrik Depan    80 PS
Torsi Motor Listrik Depan    141 Nm
Baterai   Lithium-ion
Kapasitas Baterai   4.3 Ah
Transmisi 6-speed MT/CVT  e-CVT
Baca juga  Daftar Harga Toyota Agya, Mulai Rp140 Jutaan

Baca juga: 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 comment

Terbaru