Star Jaya Motor Jogjakarta, Bengkel Spesialis Press Rangka

Moladin – Sejak didirikan pada tahun 2006 lalu, Star Jaya Motor (SJM) Jogjakarta menjadi bengkel yang khusus mengerjakan perbaikan rangka dan kaki-kaki motor. Istilahnya press frame alias sasis, pelek juga fork, juga perawatan motor harian.

Bengkel yang terletak di jalan Besi Jangkang KM 0,2 Girirupo, Besi, Ngaglik, Sleman-Jogjakarta, atau tepatnya di jalan Kaliurang KM 13,5 Sleman-Jogjakarta, sampai saat ini masih jadi bengkel rujukan. Baik itu tim balap motor seputaran Jogja, hingga rujukan beberapa bengkel diler motor resmi di wilayah Sleman dan sekitarnya.

 

Targetnya Kembali Sempurna

Dinahkodai M. Tri Yuwono dengan dibantu 3 orang kru yang berpengalaman, tercatat bengkel ini sehari mampu menangani 10 hingga 12 motor konsumen.

Star Jaya Motor YogyakartaStar Jaya Motor Yogyakarta dalam sehari bisa tangani 10-12 motor konsumen | Foto: Contributor Moladin

Masalah yang biasanya dikerjakan oleh bengkel ini, mulai dari mengalami kerusakan parah pada frame atau rangka, pelek hingga fork atau bagian suspense depan berikut segitiganya.

“Kami mengerjakan press body dengan mesin press MPU 60T. Jadi 100% pengerjaanya tanpa ketok. Sebab kami ingin menjaga kualitas kerjaan yang bagus, agar body motor bisa kembali seperti semula. Juga diharapkan tanpa ada sedikitpun cacat dicat bodynya,” kata Arif Star Jaya Motor (SJM) selaku mekanik bengkel.

 

Honda Beat All New eSP

*Angsuran mulai dari

 

Arif menambahkan saat ini motor yang paling banyak ditangani adalah frame matic dan frame motor kawasaki KLX.

“Biasanya saat musim trabasan banyak pemilik Kawasaki KLX yang bawa motornya kesini. Tentu selain bengkel-bengkel rekan yang sudah biasa menyerahkan urusan frame kesini,” tambahnya.

 

Jasa Pengerjaan Mulai Dari 300rban

Soal jasa, untuk press frame dan segitiga motor matic dan motor sport biasa, bengkel Star Jaya Motor memberikan harga sekitar Rp 350 ribu. Adapun press frame motor bebek umumnya dikasih harga Rp250 ribu. Berbeda dengan motorsport 250 cc keatas seperti Kawasaki Ninja 250, biayanya sekitar Rp 400-500 ribu bila kondisinya sangat parah.

Jasa pengerjaan mulai dari 300rbanJasa pengerjaan mulai dari 300rban | Foto: Contributor Moladin

Sedangkan untuk press pelek racing dikenakan biaya sekitar Rp 20 ribu saja. Kemudian biaya untuk press fork atau sokbreker depan matik, bebek biayanya Rp 150 ribu atau Rp 100 ribu khusus untuk motor tua. Lalu jika terjadi kerusakan komponen di motor sport dikenakan biaya sebesar Rp 150 hingga 200 ribu.

“Proses perbaikan diusahakan dalam satu hari kerja. Bila datang pagi, siang sudah bisa diambil. Atau kalau masuknya siang, sore sudah beres. Tapi semua itu tergantung tingkat kerusakannya. Bila sangat parah kemungkian bisa lebih dari 1 hari,” tutupnya.

 

Yamaha Fino 125 Grande

*DP mulai dari


Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *