Teknologi Platform E4 di BYD YangWang U8, Mobil Bisa Berputar 359 Derajat!

by Firdaus Ali
Teknologi platform E4 di BYD YangWang U8

Teknologi platform E4 di BYD YangWang U8 memungkinkan mobil tersebut bisa berputar 359 derajat. Ini tentunya menjadikan mobil asal Cina ini menjadi satu-satunya yang bisa melakukan putaran 359 derajat dalam keadaan diam di GIIAS 2024.

“E-4 Platform kami tanamkan di BYD Yangwang U8 untuk mengoptimalkan pergerakan kendaraan, sekaligus bekemampuan adaptif sekalipun dalam keadaan darurat pada tenaga yang dihasilkan selama berkendara. Kami harap, display BYD Yangwang U8 bisa memperkenalkan dan memberikan edukasi lebih lanjut tentang kecanggihan E-4 Platform sebagai inovasi terbaru dari tim riset dan pengembangan BYD,” jelas Eagle Zhao, President Director PT BYD Motor Indonesia (23/7).

Hasil R&D Mutakhir dari BYD Teknologi E4 di BYD YangWang U8

E-4 Platform merupakan sistem tenaga revolusioner yang terdiri dari tiga core control. Pertama, empat Motor Independent Drive  untuk menggerakkan setiap roda ditenagai oleh motor listriknya sendiri.

Kedua, Friction control berfungsi membaca kondisi jalan untuk mengoptimalkan kinerja motor sehingga pergerakan akan lebih baik di segala kondisi seperti jalan berpasir, tanjakan curam, dan lainnya. BYD juga menambahkan Body Stability Control pada E-4 Platform untuk penanganan stabilitas demi kenyamanan penumpang saat kendaraan berjalan di medan jalan melalui sensor yang terintegrasi dengan E-4 yang berada di berbagai sudut kendaraan BYD Yangwang U8.

Baca juga  YangWang U8 Pamer Teknologi di GIIAS 2024, Kapan Dijual di Indonesia?

Melalui tiga core control dalam E-4 Platform, BYD juga menghadirkan sistem kendali yang belum pernah ada sebelumnya melalui pergerakan kendaraan, yang mana kendaraan dapat berputar di tempatnya saat mengaktifkan   fitur Tank Turn. E-4 Platform memungkinkan kontrol torsi setiap roda secara presisi, mengaktifkan fitur seperti Tank Turn, dan peningkatan kemampuan off-road.

BYD juga melengkapi E-4 Platform dengan berbagai sensor tersebar di bagian-bagian inti BYD Yangwang U8, di antaranya Integrated Measurement Unit, Wheel Speed Sensor, Steering Sensor, Sensor Kamera, Millimeter Wave Radar, Lidar, Ultrasonic dan banyak sensor lainnya.

Salah satu hal menarik dari platform ini adalah penyertaan sistem kontrol elektronik 800V SiC (Silicon Carbide), yang akan menjadi standar di seluruh produk platform masa depan.

Dibandingkan dengan platform lainnya, E-4 Platform pada BYD U8 menawarkan peningkatan efisiensi maksimum hingga 99,5%, peningkatan kemampuan output sebesar 50%, peningkatan kepadatan daya sebesar 100%, dan peningkatan efisiensi operasional sebesar 3%.  E-4 Platform dapat memaksinalkan control speed hingga mencapai 20.500 rpm, maximum horsepower sebesar 1.100 horsepower dengan puncak kekuatan motor sebesar 220-240 kw.

Baca juga  YangWang U8 Pamer Teknologi di GIIAS 2024, Kapan Dijual di Indonesia?

Berkat E-4 Platform, performa BYD Yangwang U8 lebih bertenaga dengan waktu akselerasi 0-100 km/jam 3,6 detik. Jangkauan CLTC (Comprehensive Long Trip Capability) hingga 1.000 km.

Simak terus Moladin.com & channel Google News Moladin untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika