Thursday, February 2, 2023
Banner

Tarif Tol Jakarta Bogor Terbaru 2023, Untuk Semua Kendaraan

by Firdaus Ali

Berikut akan kami sampaikan tarif tol Jakarta Bogor Terbaru 2023 untuk semua kendaraan. Di mana tarifnya berbeda-beda tergantung golongan kendaraan, juga jalan yang dilewati.

Bogor merupakan salah satu kota satelit dari Ibu Kota DKI Jakarta. Kalau lewat tol, jarak antara Kota Jakarta ke Bogor cuma sejauh 59 kilometer atau waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Menariknya lagi, tarif tol Jakarta Bogor sangat terjangkau yaitu mulai Rp 7 ribu.

Jarak, waktu tempuh, dan tarif yang tergolong masih ideal itu, tentunya dimanfaatkan oleh masyarakat Bogor yang melakukan aktifitas kerja di Jakarta. Di sisi lain, warga Jakarta yang ingin berlibur singkat, juga memilih lokasi wisata di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor.

Tarif Tol Jagorawi 2023

Tarif tol Jakarta Bogor

Tarif tol Jakarta Bogor. Foto: Istimewa

Untuk menuju Kota dan Kabupaten Bogor dari Jakarta, bisa melalui Jalan Tol Jagorawi. Di mana tol ini menghubungkan antara Jakarta, Cibubur, Citeureup, Bogor hingga Ciawi.

Sehari-hari, Tol Jagorawi digunakan warga Bogor, Depok, Cibubur, untuk ke Jakarta. Sedangkan di akhir pekan atau musim liburan, tol ini biasa digunakan warga Jakarta untuk menuju Puncak, Bogor.

Melansir dari situs resmi Jasa Marga, ruas Tol Jagorawi memiliki panjang 59 kilometer. Pembukaan tol ini dimuali sejak tahun 1978. Jagorawi merupakan salah satu tol tertua di Indoensia.

Oh ya, sistem pembayaran di pintu tol Jagorawi hanya melayani uang elektronik. Oleh karena itu pastikan saldo kartu uang elektronik kamu cukup sebelum masuk ke jalan tol ini. Berikut tarif Tol Jakarta Bogor Ciawi atau Jagorawi.:

  • Golongan 1: Rp 7.000
  • Golongan 2: Rp 11.500
  • Golongan 3: Rp 11.500
  • Golongan 4: Rp 16.000
  • Golongan 5: Rp 16.000

Sebagai informasi, tarif tersebut berlaku baik untuk jarak dekat ataupun jauh. Contohnya jika mobil (golongan 1) masuk dari pintu tol Cibubur keluar di Sentul, maka akan dikenakan tarif Rp 7.000. Begitu juga, jika keluar di pintu tol Ciawi 2, Bogor dan Bogor Selatan, tarifnya sama.

Biaya Tol Jakarta Bogor Lewat JORR

Namun yang kami beberkan di atas adalah tarif Tol Jagorawi. Bila kamu berangkat dari Jakarta, kemudian menggunakan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan Tol Dalam Kota, tentu biayanya akan lebih mahal. Khusus untuk lewat JORR, tarif yang dikenakan adalah sebagai berikut:

  • Golongan 1: Rp 16.000
  • Golongan 2: Rp 23.500
  • Golongan 3: Rp 23.500
  • Golongan 4: Rp 31.500
  • Golongan 5: Rp 31.500

Maka bila ditotal, tarif tol Jakarta Bogor akan berbeda-beda tergantung jalan yang dilewati. Kalau kamu langsung masuk di Jagorawi, tarifnya memang Rp 7.000. Hanya saja kalau dari Jakarta lewat Tol JORR terlebih dulu maka ada tambahan Rp 16.000. Total biaya perjalanan untuk tol dari Jakarta ke Bogor berarti menjadi Rp 23.000.

Biaya Tol Jakarta Bogor Lewat Tol Dalam Kota

Sementara itu, jika kamu dari Jakarta menggunakan Tol Dalam Kota, maka besaran tarifnya adalah sebagai berikut:

  • Golongan 1: Rp 10.500
  • Golongan 2: Rp 15.500
  • Golongan 3: Rp 15.500
  • Golongan 4: Rp 17.500
  • Golongan 5: Rp 17.500

Bila dijumlah, untuk biaya perjalanan tol dari Jakarta ke Bogor lewat Tol Dalam Kota kemudian dilanjutkan dengan Jagorawi, total tarifnya mencapai Rp 17.500.

Dari Jakarta ke Bogor, Keluar Pintu Tol Mana?

Tempat wisata di Bogor

Kebun Raya Bogor

Untuk warga Jakarta yang berniat bepergian menuju Puncak Bogor, bisa melalui jalan tol Jagorawi (Jakarta-Bogor-Ciawi) dan tarif tol Jakarta Bogor hanya Rp 7 ribu untuk kendaraan pribadi atau Golongan 1. Menariknya, semua pilihan keluar jalan tol bisa untuk menuju Bogor, tapi wilayahnya berbeda-beda.

Misalnya kalau kamu dari Jakarta menuju wilayah Sentul atau Kabupaten Bogor, bisa ambil keluar Sentul Selatan. Dari sini kamu bisa mengunjungi berbagai lokasi wisata. Sebut saja ada Sentul City dengan AEON Mall, Pasar Apung Ah Poong, hingga Taman Budaya Sentul City. 

Bila mau menuju wisata alam di Sentul, dari Sentul City juga sudah dekat ke Gunung Pancar atau perjalanan sekitar 15,7 Km. Hanya saja memang jalan menuju Gunung Pancar cukup curam tanjakannya dan tidak terlalu mulus. Jadi lebih baik gunakan mobil berjenis SUV kalau mau ke sana.

Kemudian kalau mau ke Kota Bogor, bisa ambil keluar Bogor/Kebun Raya. Pintu keluar Tol-nya dekat sekali dengan Terminal Baranang Siang dan Kebun Raya Bogor. Lantaran ini pusat kota, kamu juga bisa mengunjungi wisata kuliner khas Bogor dengan mudah.

Bila tujuan kamu mau ke Puncak, bisa ambil keluar Puncak/Taman Safari. Kemudan ambil kiri dan ikuti jalan menanjak. Umumnya Puncak akan macet, terutama di akhir pekan. Keluar Puncak juga bisa kamu jadikan jalan alternatif bila mau ke Cianjur dan Bandung.

Rest Area Tol Jagorawi

Tarif tol Jakarta Bogor

Salah satu rest area di tol Jagorawi. Foto: Istimewa

Meski jarak dari Jakarta ke Bogor tidak terlalu jauh dan bisa ditempuh sekitar 2 jam, namun pihak pengelola jalan tol tetap menyediakan rest area. Tujuannya jelas, menyediakan tempat untuk beristirahat sejenak dan mengisi bahan bakar.

Nah, disepanjang jalan tol dari Jakarta menuju Bogor dan sebaliknya, ada 5 rest area. Berikut informasinya:

Rest area Jagorawi arah Bogor/Ciawi

  • Rest area Cibubur Square

Rest area Cibubur Square berada di KM 10 A. Rest area ini masuk dalam tipe rest area A. Fasilitasnya adalah SPBU, pusat perbelanjaan Cibubur Square, minimarket, ATM Center, toilet, tempat ibadah, restoran, area parkir yang cukup luas, hingga fasilitas pijat refleksi dan spa.

  • Rest area Sentul

Rest area Sentul posisinya di KM 35 A. Di tempat ini menyuguhkan berbagai macam tempat kuliner, Mulai dari restoran cepat saji, restoran masakan khas Sunda, serta ada tempat yang menjual jajanan lokal es dawet dan tahu gejrot.

Selain tempat kuliner, rest area Sentul juga menyediakan toilet, mushala, mini market, ATM serta layanan top up saldo kartu tol elektronik.

  • Rest area Ciawi

Rest area selanjutnya di tol Jagorawi yang mengarah ke Bogor yaitu rest area Ciawi yang terletak di KM 45 A dan masuk dalam tipe rest area A. Adapun fasilitas yang disediakan ada SPBU, area parkir yang luas dan toilet, ATM dan berbagai restoran.

Selain itu, di tempat ini ada juga pusat informasi tempat pariwisata. Dimana masyarakat bisa mendapatkan informasi mengenai tempat-tempat wisata yang ada di Bogor dan sekitarnya.

Rest area Jagorawi arah Jakarta

  • Rest area Bogor

Rest area Bogor terletak di KM 38 B, tepatnya setelah melalui gerbang tol atau Simpang Susun Bogor. Rest area ini terbilang mempunyai fasilitas paling lengkap diantara rest area lain di tol Jagorawi, pasalnya kamu bisa menemukan fasilitas yang penunjang di area komple rest area ini.

Fasilitas tersebut adalah Masjid besar, berbagai restoran dengan menu yang beragam, SPBU, ATM Center, toilet, area parkir yang luas untuk mobil, bis dan truk, serta mini market.

  • Rest area Gunung Putri

Rest area Gunung Putri posisinya di KM 21 B. Adapun fasilitas yang tersedia di rest area ini ada SPBU, food court, ATM, toilet dan lahan parkir yang luas. Selain itu, ada pula Mushala dan beberapa restoran dan mini market.

Moladiners, itulah ulasan mengenai tarif tol Jakarta Bogor serta rest area yang ada di tol Jagorawi. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya. 

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika