Jumat, Mei 31, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

6 Tempat Wisata Hits di Jakarta yang Ramah Mobil

by Firdaus Ali
Tempat wisata di Jakarta

Buat kamu yang menghabiskan waktu liburan di Jakarta, kami akan menginformasikan beberapa tempat wisata hits dan kekinian di Jakarta yang bisa dikunjungi. Perlu kamu ketahui bahwa Ibu Kota Indonesia ini punya wilayah yang sangat luas, jadi jangan anggap isinya cuma perkantoran.

Sebagai tempat berlibur, Jakarta bukan cuma dipenuhi mal, tapi juga berbagai lokasi wisata. Kalau mau melihat pantai, bisa ke Ancol atau sekalian ke Kepulauan Seribu. Sementara bila mau menikmati Jakarta tempo dulu, bisa ke Kota Tua. DKI Jakarta juga memiliki tempat wisata hits yang bisa digunakan sebagai tempat mengetahui budaya dari berbagai daerah di Indonesia, lokasinya ada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Bila kamu mau menuju berbagai tempat keren tersebut sesungguhnya bisa pakai transportasi umum, tapi paling enak tetap naik mobil pribadi. Apalagi di musim liburan, biasanya jalanan Jakarta justru lengang dan inilah waktu yang tepat untuk menikmati aspal mulusnya bersama dengan keluarga. Daripada macet ke Bandung, Bogor, dan wilayah lain, mending liburan di Jakarta.

Mau tahu di mana saja tempat wisata di Jakarta yang nyaman dikunjungi naik mobil bersama keluarga? Berikut ulasannya.

1. Monas

Tempat wisata di Jakarta

Monas

Tempat wisata di Jakarta yang pertama adalah Monas. Belum ke Jakarta, kalau belum ke Monas. Nama Monas adalah singkatan dari Monumen Nasional yang menjadi salah satu kebanggaan penduduk kota Jakarta dan Indonesia.

Walau bukan lokasi liburan baru, tapi Monas tetap hits untuk anak-anak muda. Bisa dikatakan Monas merupakan tempat multifungsi, bukan cuma bersantai, tapi juga mempelajari sejarah. Pasalnya Monas memang dibuat untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Kekaisaran Belanda. Pembangunan dimulai pada 17 Agustus 1961 di bawah perintah presiden Soekarno dan diresmikan hingga dibuka untuk umum pada 12 Juli 1975.

Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan kota Jakarta dari atas puncak Monas setinggi 132 meter. Kemudian kalau mau kuliner masakan khas Jakarta atau Betawi, di pinggir Monas banyak yang berjualan. Harganya pun ramah kantong dan rasanya cukup enak di lidah.

Baca juga  7 Tempat Wisata Hits di Berastagi yang Wajib Disambangi Naik Mobil!

Adapun biaya masuknya Rp 15 ribu. Oh ya, selain bisa menikmati pemandangan kota Jakarta dari puncak Monas, Di bagian dasar dari Monas terdapat sebuah tempat bernama Museum Sejarah Nasional. Museum tersebut terletak di kedalaman 3 meter di bawah Monumen Nasional. Dalam museum ini, menampilkan berbagai informasi sejak zaman prasejarah hingga masa orde baru di Indonesia. 

Tempat parkir mobil di Monas juga luas, jadi tidak perlu takut tidak kebagian parkir. Oleh karenanyalah, lokasi wisata ini dikatakan ramah mobil.

2. TMII (Taman Mini Indonesia Indah)

Tempat wisata di Jakarta

TMII

Tempat wisata hits di Jakarta selanjutnya adalah Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Apalagi beberapa waktu lalu, Taman Mini baru saja mendapat pemugaran, sehingga lebih nyaman untuk dikunjungi sebagai tempat berlibur. Buat yang belum tahu, taman ini beris rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari yang ditampilkan dalam anjungan (rumah adat) daerah berarsitektur tradisional.

Tak hanya itu saja, TMII juga menampilkan aneka busana, tarian, dan tradisi daerah. Di samping itu, di tengah-tengah TMII terdapat sebuah danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia di tengahnya. Ada pula kereta gantung dan berbagai museum, serta Teater IMAX Keong Mas, serta Teater Tanah Airku.

Pengunjung hanya dikenakan harga tiket pintu masuk Rp 25 ribu per orang. Lalu untuk harga tiket mobilnya Rp 25 ribu. Kemudian jika ingin menikmati wahana lain seperti Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga dikenakan tiket Rp 35 ribu, selanjutnya harga tiket masuk Taman Burung harga tiketnya Rp 30 ribu dan Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia, dikenakan tiket masuk 25 ribu.

Berlibur ke Taman Mini dengan mobil merupakan pilihan tepat, lantaran wilayahnya sangat luas. Kemudian banyaknya lokasi tujuan wisata di dalam sana, menjadikan mobil menjadi alat transportasi yang pas untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Baca juga  7 Tempat Wisata Hits di Malang, Ramah Anak dan Enak Naik Mobil!

Taman Mini juga bisa jadi tempat wisata di Jakarta yang hits untuk berolahraga bersama keluarga. Lokasinya yang berada di Jakarta Timur, membuat lingkungannya masih asri dan dipenuhi banyak pepohonan.

3. Ancol & Dufan

Tempat wisata di Jakarta

Dufan

Selanjutnya, tempat wisata hits di Jakarta ada Ancol dan Dufan. Dua tempat wisata ini bersebelahan namun berbeda konsep. Ancol menawarkan wisata pantai dan Dufan menawarkan berbagai wahana yang menantang.

Tiket masuk Ancol dibagi dalam beberapa kategori. Untuk individu, mobil dan motor dikenakan Rp 25 ribu. Sementara untuk bus tiket masuknya Rp 45 ribu. Kemudian jika pengunjung ingin masuk ke wahana SeaWorld yang ada di dalam area Ancol dikenakan biaya tiket Rp 110 ribu (weekdays) dan Rp 130 ribu (weekend).

Jika dirasa ingin berwisata yang lebih menantang, pengunjung Ancol bisa beralih ke Dufan yang lokasinya masih di area Ancol. Adapun untuk harga tiket masuknya yaitu Rp 250 ribu untuk weekdays dan Rp 250 ribu untuk weekend.

Harga tiket Dufan itu terbilang masih kompetitif, sebab nantinya pengunjugn bisa menikmati semua wahana yang ada. Antara lain wahana Ice Age Adventure, Kontiki Artric Adventure, Rumah Riana, The Conjuring House, Hysteria, Paralayang, Tornado, Baling-baling, dan wahana seru lainnya.

4. Kepulauan Seribu

Tempat wisata di Jakarta

Kepulauan Seribu

Tempat wisata di Jakarta selanjutnya adalah Kepulauan Seribu. Yup, Kepulauan Seribu mencakup gugusan beberapa pulau yang menawarkan wisata alam keindahan pantai dan dasar laut. Beberapa pulau tersebut antara lain Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Untung Jawa Pulau Kelapa, Pulau Harapan, dan Pulau Panggang.

Untuk mencapai ke Kepulauan Seribu, pengunjung bisa melakukan penyeberangan dengan kapal melalui Ancol atau Muara Angke. Harga tiketnya variatif, mulai dari Rp 30 ribuan hingga Rp 300 ribuan. Masing-masing dari pulau tersebut menyediakan homestay atau penginapan untuk keluarga. Harganya mulai Rp 750 ribuan per malam.

Baca juga  7 Tempat Wisata di Cirebon, Dari Goa Hingga Restoran

Pulau seribu sesungguhnya lokasi liburan hits yang tidak Jakarta banget. Datang ke sini benar-benar seperti ke daerah lain, karena tidak ada gedung-gedung tinggi. Padahal lokasinya mudah dicapai dan waktu tempuhnya tidak lama, cuma sekitar 1 jam perjalanan dari Ancol atau Muara Angke. BIla naik mobil, tentunya kendaraan kamu ditinggal di pelabuhan.

5. Kebun Binatang Ragunan

Tempat wisata di Jakarta

Ragunan

Nah, jika ingin mengisi liburan bersama keluarga dan memberikan edukasi mengenai dunia Fauna, Kebun Binatang Ragunan bisa menjadi pilihan menarik. Selain itu harga tiket masuknya juga murah, yaitu Rp 4 ribu untuk dewasa dan Rp 3 ribu untuk anak-anak.

Kebun Binatang Ragunan memang tak pernah sepi pengunjung, khususnya di hari libur. Bukan tanpa alasan, harga tiket yang murah, lokasi mudah dijangkau serta koleksi binatang yang cukup lengkap menjadi daya tarik rakyat umum.

Tempat wisata di Jakarta yang bernama Ragunan ini juga memiliki lahan yang sangat luas. Oleh karenanya, kamu bisa sambil berolahraga. Apalagi tempat di sini cukup rimbun dengan pepohonan, udaranya juga masih sejuk, berbeda dibanding wilayah Jakarta kebanyakan.

6. Kota Tua

Tempat wisata di Jakarta

Kota Tua

Jika kamu ingin menikmati suasana bangunan dengan arsitektur Belanda, Kota Tua merupakan tempat wisata di Jakarta yang wajib dikunjungi. Naik mobil ke sini juga nikmat, karena banyak tempat parkir.

Di Kawasan Kota Tua, terdapat bangunan peninggalan pemerintahan Belanda yang masih dirawat dengan baik oleh Pemprov DKI Jakarta. Umumnya tempat ini banyak dimanfaatkan oleh pengunjung untuk berfoto, bahkan seringkali juga digunakan untuk lokasi foto prewedding. Di Kawasan Kota Tua, terdapat penyewaan sepeda onthel lengkap dengan aksesoris topi khas penduduk Belanda saat menjajah Indonesia.

Moladiners, itulah ulasan mengenai beberapa tempat wisata di Jakarta. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika