Thursday, February 9, 2023
Banner

Toyota Innova Zenix Hybrid Vs Innova Reborn Diesel, Bagus Mana?

by Firdaus Ali
innova zenix hybrid vs innova reborn diesel

Berikut akan kami ulas mengenai komparasi Toyota Innova Zenix Hybrid vs Innova Reborn Diesel. Di mana, kami lakukan review meliputi drag race, uji konsumsi BBM, hingga uji nanjak.

Toyota Innova Zenix merupakan keluarga Kijang pertama dengan mesin hybrid. Apakah harganya mahal? MPV ini dijual mulai Rp 458 juta (OTR Jakarta) untuk varian 2.0 G HV CVT dan yang termahal Rp 611 juta (OTR Jakarta) khusus varian 2.0 Q HV CVT TSS Modellista. 

Menariknya, adanya Innova Zenix Hybrid nampaknya tidak menyurutkan pamor Innova Reborn diesel. Terbukti, mobil MPV idola keluarga ini masih tetap diproduksi meski hanya varian G.

Nah, biar tidak penasaran hasil komparasi Toyota Innova Zenix vs Innova Reborn diesel? Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Performa Mesin Innova Zenix Lebih Unggul

innova zenix hybrid vs innova reborn diesel - tanjakan

Uji Tanjakan Innova Hybrid vs Innova Diesel

Komparasi Toyota Innova Zenix Hybrid vs Innova Reborn Diesel yang akan kami bahas pertama adalah dari sisi jantung pacunya. Dalam pengujian ini, seperti biasa kami melakukan beberapa pengetesan, mulai dari menanjak, drag race serta konsumsi BBM

Innova Zenix atau Innova Gen 7 menggunakan mesin M20A-FXS berkapasitas 1.987 cc dengan teknologi Dual VVT-i. Di atas kertas bisa melontarkan torsi puncak 187 Nm pada 4.400-5.200 rpm dan tenaga maksimal 152 PS pada 6.000 rpm. Sementara untuk motor elektriknya bisa melontarkan torsi puncak 206 Nm dan tenaga 113 PS.

Kemudian, untuk Innova Reborn Diesel menggunakan mesin 2.400 cc DOHC 4-silinder yang di atas kertas tenaganya 147 hp dan torsi puncak 360 Newton Meter.

Baca juga  Review Toyota Raize 1.0 Turbo, Irit dan Bertenaga!

Pengujian pertama adalah tes menanjak, dimana mobil diisi 7 penumpang dengan total bobot 629 kg. Untuk Innova Reborn Diesel, terbilang mudah melewati tanjakan. Hal itu disebabkan karena torsinya besar serta didukung kapasitas mesin yang juga cukup besar. Kemudian untuk Innova Zenix juga tidak ada masalah melewati tanjakan. Namun, tarikannya tidak seagresif Innova Reborn Diesel.

Selanjutnya kami juga melakukan uji drag race sepanjang 201 meter. Hasilnya, Innova Zenix menjadi pemenangnya dengan raihan waktu 10,7 detik. Semantara itu Innova Reborn Diesel waktunya 11,8 detik.

Kemudian, untuk akselerasinya ternyata Innova Zenix juga mampu mengunguli Innova Reborn Diesel. Padahal di atas kertas, torsi Innova Reborn Diesel lebih besar. Ada pun catatan tarikan 0-100 km/jam untuk Innova Zenix adalah 9,2 detik. Sementara untuk Innova Reborn Diesel catatan waktunya adalah 13,2 detik. Cukup jauh rentang waktunya.

Konsumsi BBM Innova Zenix Vs Innova Reborn Diesel

konsumsi bbm innova zenix hybrid - pom bensin

Innova Hybrid pakai BBM minimal RON 92

Komparasi Toyota Innova Zenix Hybrid Vs Innova Reborn Diesel selajutnya adalah konsumsi BBM. Ternyata Innova Zenix menjadi pemenangnya dengan angka irit untuk rute dalam kota 21 km/liter dan untuk jalan tol 19,1 km/liter.

Sementara itu, konsumsi BBM Innova Reborn Diesel cuma 11,7 km/liter untuk rute dalam kota dan 17,8 km/liter untuk rute jalan tol.

Uji irit ini juga kami lakukan dengan metode full to full. Caranya dengan isi BBM sampai penuh, kemudian ajak kedua Innova beda generasi tersebut sejauh 66,2 Km dengan melewati jalan tol dan nontol secara beriringan. Kecepatan rata-ratanya 46 km/jam.

Baca juga  Biaya Restorasi Kijang Super 3 Pintu, Capai Rp 65 Jutaan!

Ternyata didapatkan hasil yang sangat menarik. Saat diisi bensin lagi hingga penuh, Innova Zenix Hybrid membutuhkan 3,74 liter. Dengan kata lain konsumsi BBM mobil hybrid ini cuma 17,6 km/liter

Sementara Innova Reborn diesel lebih irit dengan membutuhkan solar 3,73 liter. Jadi konsumsi BBM MPV diesel ini tembus 17,7 km/liter.

Kabin Interior Innova Zenix Lebih Mewah & Nyaman

bagasi innova zenix hybrid

Bagasi Innova Zenix lebih lega dibanding Innova Reborn, jok baris ketiga juga bisa dilipat rata lantai

Selanjutnya, pembahasan komparasi Toyota Innova Zenix Hybrid vs Innova Reborn Diesel selanjutnya adalah dari sisi interior. Yup, dalam hal ini Innova Zenix menang telak.

Bukan tanpa alasan, secara tampilan jelas Innova Zenix lebih terlihat mewah. Perpaduan desain konsol tengah, tuas persneling, head unit serta dashboard dan doortrimnya terlihat selaras.

Begitu juga dengan jok baris kedua yang sudah menggunakan model Ottoman yang lebih nyaman untuk penumpang. Namun begitu, kursi Ottoman ini hanya untuk varian tertingginya yaitu Q.

Tak hanya itu saja, di jok baris kedua Innova Zenix juga ada dua layar berukuran besar berukuran 10 inci, khusus untuk varian Q dan V. Fitur dual rear seat entertainment ini bahkan bisa terkoneksi dengan smartphone dan bisa menampilkan gambar dan video yang terpisah satu sama lain.

Baca juga  Peluncuran Wuling Cortez Terbaru, 23 Maret 2022?

Tak lupa, Innova Zenix juga sudah menyematkan panoramic sunroof. Sehingga kabin interior lebih terlihat lapang dan mewah.

Oh ya, untuk kapasitas bagasi dari Innova Zenix adalah 993 liter. Kelebihannya, jok baris ketiga bisa dilipat rata laintai Sementara untuk Innova Reborn Diesel, kapasitas bagasinya cuma 923,7 liter. Kemudian pelipatan jok baris ketiga diangkat ke samping, sehingga membuat ruang bagasi semakin sempit.

Innova Zenix Dilengkapi Fitur TSS 3.0

innova zenix hybrid tampak samping

Innova Zenix Hybrid punya fitur keselamatan canggih

Membahas rivalitas Toyota Innova Zenix Hybrid vs Innova Reborn Diesel tentu kurang menarik tanpa bahas fiturnya. Yup, Innova Zenix sudah mengusung fitur Toyota Saftey Sense 3.0. Dimana teknologi tersebut terintegrasi dengan Pre-Colission System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) with Curve Speed Reduction, Lane Tracing Assist (LTA), hingga Automatic High Beam (AHB).

Ada beberapa hal baru pada TSS 3.0. Pertama, jarak deteksi ke depan menjadi lebih luas baik ke atas maupun ke bawah, dan ke kanan maupun ke kiri. Selain itu, deteksi ke depan kini bisa melihat obyek bergerak lebih luas, bahkan dengan jarak yang lebih dekat. Kedua improvement ini masuk ke dalam aspek teknis pada radar.

Lalu tidak ketinggalan, hadir T-Intouch untuk mengintegrasikan mobil dan smartphone secara komprehensif. Di antara kegunaan T Intouch, pemilik mobil bisa menemukan lokasi mobil hanya dengan melihat smartphone (find my car). Ada pula fitur yang memudahkan pencarian kendaraan bila dicui (stolen vehicle tracking).

Moladiners, itulah ulasan mengenai komparasi Toyota Innova Zenix Hybrid vs Innova Reborn Diesel. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika