Thursday, October 6, 2022

6 Bocoran Spesifikasi Toyota Innova Zenix, Si Kijang Hybrid!

by Firdaus Ali
Spesifikasi Toyota Innova Zenix

Kali ini, Moladin mengulas bocoran spesifikasi Toyota Innova Zenix. Bukan tanpa alasan, mobil MPV berlabel “Kijang” ini selalu mendapat respons positif di setiap generasinya. Zenix sendiri, disebut-sebut sebagai generasi ke-8 dari keluarga Kijang.

Menariknya, mobil keluarga berjenis Multi Purpose Vehicle (MPV) ini dikabarkan siap mengaspal di Indonesia. Dari informasi yang kami terima, kemungkinannya pada akhir 2022. Istimewanya lagi, santer kabar  Innova Zenix akan menggunakan mesin hybrid.

Semakin dekatnya Toyota Innova Zenix hadir di Indonesia, dibuktikan dengan informasi dari Pangkalan Data Kekayaan Intelektual Indonesia (PDKI). Di sana tercantum nama Innova Zenix yang dimohonkan oleh Toyota Motor Corporation di Jepang. Kemudian, nomor pendaftaran yang tercatat adalah IDM000980875 dengan tanggal pendaftaran 29 Juli 2022. Selanjutnya, untuk nomor permohonannya diketahui DID2020040383.

Meski pihak Toyota Indonesia masih belum buka suara, kehadiran Innova Zenix justru sudah dibocorkan oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita. “Toyota akan memproduksi 10 model hybrid termasuk 5 model Plug in Hybrid, salah satunya merek nasional Kijang Hybrid (2022),” tulis Agus Gumiwang dalam presentasinya dalam acara Investor Daily Summit tahun lalu.

Oh ya, Toyota Innova Zenix ternyata akan dipasarkan juga di tanah Hindustan alias India. Di sana nama Toyota Innova Zenix berubah menjadi Toyota Hycross, bahkan sudah ada penampakan yang yang diduga kuat Hycross yang diselimuti stiker kamuflase sedang melakukan uji jalan.

Nah, biar tidak penasaran lagi, mari kita ulas bocoran spesifikasi Toyota Innova Zenix berikut ini:

banner atas

1. Pakai Sunroof

Masalah Toyota Alphard Gen 2

Toyota Innova Zenix akan memiliki sunroof

Bocoran spesifikasi Toyota Innova Zenix yang pertama adalah dari sisi kehadiran sunroof. Ini memang jadi kekurangan Innova yang dijual sekarang, padahal kompetitor seperti Wuling Cortez dan Kia Carens sudah pakai kaca di bagian atapnya.

Baca juga  Toyota Rush GR Sport, Banyak Ubahannya!

Kehadiran sunroof tentu membuat Innova Zenix semakin kompetitif dibanding rival. Dari dalam kabin, penumpang juga dapat melihat pemandangan alam dengan lebih mudah. Ditambah lagi, sunroof menjadikan kabin terasa semakin lapang.

2. Eksterior Semakin Modern

bocoran Spesifikasi Toyota Innova Zenix

Gambar reka digital Innova Zenix (sumber: Andra Febrian)

Jika dilihat dari beberapa kanal berita otomotif nasional dan internasional, tampilan Innova Zenix secara keseluruhan memang masih mirip dengan Innova Reborn. Namun begitu, jika dilihat secara detail dan seksama, terdapat beberapa ubahan yang membuatnya terlihat lebih modern.

Beberapa seniman juga telah membuatkan reka digital dari Innova Zenix dari berbagai bocoran yang beredar. Dari gambar yang beredar, MPV ini akan memiliki dimensi grill yang lebih besar. Ada pula logo Toyota dengan sentuhan aksen biru untuk mempertegasnya sebagai mobil hybrid.

Selanjutnya, desain headlamp juga tampil agresif dan sudah menggunakan LED. Begitu juga dengan bumpernya, lekukan garisnya simpel menyesuaikan dengan desain grill dan headlamp serta terdapat foglamp dan DRL yang sudah LED.

Untuk bagian belakang tampilannya masih mirip dengan Innova Reborn. Hanya saja bagian lampunya lebih pipih dan terdapat emblem hybrid.

Lalu soal dimensi, sepertinya tidak beda jauh dengan Toyota Innova Reborn. Walau demikian ada kemungkinan untuk jarak sumbu roda dibuat lebih panjang. Sebagai informasi, generasi Innova yang dijual sekarang memiliki dimensi panjang  4.735 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.795 mm, jarak sumbu roda 2.750 mm, serta ground clearance 178 mm.

3. Menggunakan Platform TNGA-C

Spesifikasi Toyota Innova Zenix

Platform TNGA-C

Toyota Innova Zenix dikabarkan juga akan menggunakan platform Toyota New Global Architecture atau TNGA-C. Platform ini sama dengan yang digunakan oleh Toyota Corolla Altis, Toyota C-HR, Toyota Corolla Cross, dan Toyota Voxy.

Baca juga  6 Masalah Toyota Yaris Bekas, Ketahui Sebelum Beli

Kelebihan dari platform TNGA adalah lebih ringan, kemudian monokok. Alhasil saat mobil diajak berkendara di jalanan terasa semakin menyenangkan, karena mudah dikendalikan.

Penggunaan platform TNGA-C di Innova Zenix juga membuka lokasilasi mobil Toyota lain. Baik itu Corolla Altis, C-HR, Corolla Cross, dan Voxy, semuanya sudah dijual di Tanah Air tapi dalam versi impor. Bukan tidak mungkin saat Toyota Innova Zenix diproduksi di Indonesia, produk lainnya juga ikutan dibuat di sini.

4. Penggerak Roda Depan

Mobil matik mogok

Innova Zenix kemungkinan pakai penggerak roda depan

Kemudian bocoran spesifikasi Toyota Innova Zenix yang kami ketahui adalah pakai penggerak roda depan (FWD). Hal tersebut sebenarnya sudah jadi rahasia umum, karena sekarang mobil-mobil Toyota modern sudah mengaplikasikan FWD, bahkan Avanza generasi terbaru juga ikutan.

Gerak roda depan di satu sisi memang dianggap kurang mumpuni untuk melibas jalan tanjakan. Walau demikian di sisi lain sesungguhnya banyak kelebihan FWD jika diaplikasikan ke Innova Zenix, seperti penggunaan komponen yang sedikit sehingga membuat ongkos produksi berkurang. Lalu penggerak roda depan unggul karena lebih hemat BBM, akselerasi lebih mantap, hingga membuat kabin semakin nyaman (tidak ada terowongan gardan di lantai).

5. Mesin Hybrid Jadi Pengganti Diesel

bocoran Spesifikasi Toyota Innova Zenix

Innova Zenix menggunakan mesin bensin hybrid

Bocoran spesifikasi Toyota Innova Zenix selanjutnya adalah dari jantung pacunya. Mobil ini nantinya dikabarkan menggunakan mesin hybrid, istimewa bukan?

Mengenai spesifikasi detail dari Toyota Innova Zenix memang belum ada kepastian dari Toyota Indonesia. Namun begitu, jika dilihat dari mobil hybrid yang sudah dipasarkan di Indonesia seperti Corolla Cross hingga Camry, semuanya menggunakan mesin bensin.

Baca juga  4 Masalah Honda Stream Bekas, Waspadalah!

Untuk kubikasinya, bisa jadi Innova Zenix bakal pakai mesin 1.800 cc yang dikombinasikan dengan motor elektrik seperti di Toyota Corolla Cross Hybrid, Corolla Altis Hybrid, dan C-HR Hybrid. Kemungkinan lain, Toyota mengembangkan mesin baru yaitu hybrid 2.000 cc.

Bagaimana dengan opsi mesin diesel hybrid? Kemungkinannya kecil, lantaran belum ada di mobil Toyota lain sehingga pengembangannya akan mahal. Selain itu kualitas bahan bakar diesel atau solar yang beredar di Indonesia saat ini kurang mendukung. Jadi, besar kemungkinan Innova Zenix Hybrid menggunakan mesin bensin.

Lalu hal menarik lain, varian mesin diesel yang sebelumnya ada di Innova kemungkinan akan hilang. Alhasil cuma ada pilihan mesin bensin dan mesin bensin hybrid di Innova Zenix.

6. Toyota Safety Sense Hadir di Innova Zenix

Spesifikasi Toyota Innova Zenix

Sudah dilengkapi fitur Toyota Saftey Sense

Membahas bocoran spesifikasi Toyota Innova Zenix tanpa mengulas fitur jelas kurang afdhol. Yup, mobil MPV ini nantinya juga dikabarkan akan menyematkan beberapa fitur modern yang sudah ada di lini produk terbaru mereka.

Salah satu fitur andalan terbaru dari Toyota adalah fitur keselamatan TSS (Toyota Saftey Sense). Teknologi ini terintegrasi dengan Pre-Colission System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) with Curve Speed Reduction, Lane Tracing Assist (LTA), hingga Automatic High Beam (AHB).

Lalu tidak ketinggalan, bakal hadir T-Intouch untuk mengintegrasikan mobil dan smartphone secara komprehensif. Di antara kegunaan T Intouch, pemilik mobil bisa menemukan lokasi mobil hanya dengan melihat smartphone (find my car). Ada pula fitur yang memudahkan pencarian kendaraan bila dicui (stolen vehicle tracking).

Moladiners, itulah bahasan mengenai bocoran spesifikasi Toyota Innova Zenix yang kemungkinan akan meluncur di ahir tahun 2022. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

banner bawah

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika