Minggu, September 25, 2022

7 Mobil dengan Captain Seat, Pas Buat Mudik

by Tigor Sihombing
mobil dengan captain seat

Mobil dengan captain seat, memang pilihan menarik. Kerena dengan  konfigurasi jok terpisah itu, membuat mobil terasa lebih lega dan nyaman.

Pasalnya, jok mobil captain seat yang berada di baris kedua selalu menyisakan ruangan ruang kosong di tengah-tengah. Ini memudahkan penumpang untuk mengakses ke kursi belakang di baris ketiga. Efeknya, penumpang yang ingin duduk di kursi bangku ketiga, tak perlu repot-repot melipat kursi di baris kedua.

Tidak hanya itu, jok mobil captain seat tentunya sangat nyaman untuk penumpang, karena mudah diatur posisinya untuk mendapatkan ruang kaki yang lebih lega. Belum lagi arm rest yang terdapat di kanan dan kiri lengan, bikin nyaman saat perjalanan.

Itu dari segi fungsi, belum lagi dari segi estetika. Jok mobil dengan captain seat terlihat lebih mewah. “Mobil seperti kabin pesawat, terlihat lebih lega dan anak bisa jalan di tangahnya ketika sedang perjalanan jauh, saat bosan duduk,” kata April, pemilik Wuling Confero S.

Nah saat ini sudah banyak mobil yang dipasarkan di Indonesia sudah menggunakan konfigurasi captain seat. Menariknya jika dahulu mobil dengan captain seat hanya dimiliki oleh kendaraan mewah, sekarang tidak.

Hanya dengan budget di bawah Rp 200 juta kamu sudah bisa mendapatkan mobil dengan captain seat. Mau?

Nah saat ini, Moladin ingin menyampaikan deretan mobil dengan captain seat. Semoga bisa menjadi refrensi kamu dalam menemukan mobil MPV terbaik untuk keluarga. Berikut ulasannya.

1. Wuling Confero

wuling confero

Mobil dengan captain seat yang pertama adalah Wuling Confero. Mobil ini bisa dibilang sebagai pelopor medium MPV yang sudah mengusung captain seat dengan konfigurasi 2+2+3.

Baca juga  Toyota Hilux Facelift Mengaspal, Apa Saja yang Berubah?

Selain itu mobil ini memiliki harga yang terjangkau, namun fitur keselamatan dan keamanan yang ditawarkan malah lebih banyak dari Low MPV di kelasnya.

Untuk ini varian terbarunya adalah New Confero S. Dipasarkan dengan harga termurah Rp 195,7 juta hingga yang tertinggi Rp 220,3 juta.

2. Wuling Cortez

mobil dengan captain seat

Mobil dengan captain seat berikutnya adalah Wuling Cortez. Model sengaja menempatkan model ini lebih tinggi di banding Confero. Baru-baru ini New Cortez mulai resmi dipasarkan.

New Cortez hadir untuk dengan berbagai pembaruan pada fitur dan mnuansa interior. Soal konfigurasi tempat duduknya sama. Model ini memiliki spesifikasi tempat duduk captain seat 2+2+3 dan8 seater 2+3+3.

Untuk harganya, New Cortez dengan captain seat dipasarkan mulai Rp 273,8 juta untuk varian New Cortez CE 1.5T LUX+ dan Rp 310,6 juta untuk New Cortez EX 1.5T LUX+.

3. Toyota Sienta Welcab

mobil dengan captain seat - toyota sienta

Ilustrasi jok Toyota Sienta Welcab

Toyota Sienta juga mobil yang memilki captain seat. Namun hanya type Welcab yang mengusung konsep duduk captain seat.

Konsep Sienta Welcab mengikuti perkembangan kebutuhan mobilitas, ang diutamakan ketika beraktivitas dengan orang tua atau keluarga yang berkebutuhan khusus.

Kursi welcab dapat bergerak keluar dan masuk secara otomatis dengan menggunakan remote. Kursi welcab yang digunakan pada Toyota Sienta merupakan produksi Toyota (genuine part) dan ditempatkan pada baris kedua sebelah kiri sebagai New Captain Seat Welcab, lengkap dengan sandaran tangan pada sisi kanan kursi, sandaran kepala, dan sandaran kaki.

Baca juga  SUV Hybrid Kolaborasi Toyota dan Suzuki, Vitara Terbaru!

Kursi welcab juga menawarkan fitur yang memberikan fleksibilitas lebih baik lagi dengan adanya fitur New Rotation dan Side Lift, kursi welcab bisa diputar mengarah ke luar pintu.

Sementara kursi baris kedua di sebelah kanan didesain sebagai captain seat yang dilengkapi dengan sandaran tangan pada sisi kiri kursi.

Sayang untuk harga Sienta Welcab lumayan mahal, yakni mencapai Rp 405 juta. Jika dibandingkan dengan varian termurah (bukan captain seat) harganya Rp 312 juta. Selisih hampir Rp 100 juta, untuk sebuah kursi putar. 

4. Suzuki APV Arena

mobil dengan captain seat

APV pun sudah dilengkapi capain seat untuk varian tertinggi

Berikutnya adalah Suzuki APV Arena. Mungkin diantara kamu banyak yang sudah melupakan MPV legendaris dari Suzuki yang terkenal muat banyak penumpang ini.

Tapi kenyataannya mobil ini masih dipasarkan dan variannya terbilang lengkap. Sebagai MPV, APV menyesuaikan diri untuk kebutuhan modern.

Makanya model ini memilki konfigurasi tempat duduk 7 seater captain seat. APV Arena yang mengusung konsep captain seat hanya type tertinggi yakni SGX-MT dan varian lainnya adalah APV New Luxury. Kedua model kendaraan Suzuki ini dibanderol Rp 238 dan Rp 258 juta.

5. Hyundai Staria

hyundai staria vs toyota alphard

Interior Hyundai Staria Signature 7, hadir dengan bangku baris kedua seperti kursi pesawat first class

Mobil dengan captain seat berikutnya adalah Hyundai Staria. Hyundai Staria yang dipasarkan di Indonesia ada dua type. Siganture 7 seater dan  Signature 9 seater.

Adapun perbedaannya pada Hyundai Staria Signature 7 seater, pada kursinya menggunakan bahan nappa leather. Selain itu menggunakan Premium Relaxation Seats di baris kedua yang dapat direbahkan dan digeser secara otomatis.

Baca juga  15 Jenis-jenis mobil di Indonesia & Pasaran Harga

Sedangkan 9 seater ditambah dengan kursi Swiveling Independent Seat dimana baris kedua dapat diputar 180 derajat untuk dapat berhadapan dengan penumpang di baris ketiganya.

Karena fungsinya ini, tipe Signature 9 dapat dioptimalkan untuk kendaraan perusahaan atau dijadikan sebagai tempat pertemuan bisnis di dalam mobil ataupun mobil keluarga dengan jumlah yang banyak.

Hyundai Staria dipasarkan mulai harga Rp 888 juta hingga Rp 1,02 miliar on the road Jakarta.

6. Toyota Voxy

mobil dengan captain seat

Toyota Voxy memiliki konfigurasi captain seat di baris kedua

Mobil dengan captain seat berikutnya adalah Toyota Voxy. MPV ini hadir dalam satu varian, dan dibanderol Rp 562 juta. Toyota Voxy mengadopsi  konfigurasi tempat duduk 7 penumpang dan 8 penumpang.

Untuk 7 penumpang terdapat captain seat pada baris kedua. Sementara 8 penumpang mampu menampung 3 orang di barisan kedua. Unutk Indonesia hanya ada varian 7 seater, sedangkan 8 seater untuk pasar Jepang.

7. Toyota Alphard

interior toyota alphard

Interior Alphard begitu nyaman dengan captain seat

Mobil dengan captain seat berikutnya adalah Toyota New Alphard. Seri Toyota New Alphard terbaru mengusung tagline “Unrivalled Comfort for the Journey Ahead”. Jika diterjemahkan secara bebas, maka berarti “Kenyamanan Tak Tertandingi untuk Perjalanan ke Depan.”

Wajar dong kalau captain seatnya dibuat sedemikian rupa agar nyaman diduduki. Pada bagian second-row, model jok mobil Alphard menggunakan captain seat.

Berkat model captain seat ini, penumpang di baris kedua juga bisa mendapatkan personal space. Model ini bisa kamu temukan pada tipe Alphard 2.5 G.

Sealin itu seperti di pesawat, captain seat Alphard juga memiliki arm dan leg rest. Belum lagi pengaturan kursinya dilakukan secara elektrik.

Demikian ulasan terkait mobil dengan captain seat. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika