by

Honda Siapkan SUV Ringkas Terbaru, Rival Rocky-Raize?

Setelah kehadiran BR-V 2022, rupanya pabrikan berlogo H tidak berleha-leha. Kini Honda siapkan SUV ringkas terbaru sebagai strategi selanjutnya.

Bocoran ini kami dapatkan langsung dari Honda, lewat laman Youtube resmi Hondaisme. Tepatnya di video All New Honda BR-V – Digital World Premiere. Di sana ada sosok SUV ringkas yang sedang ditutup kover. Mobil tersebut hadir di akhir video atau tepatnya di menit 13:34.

““Tunggu excitement berikutnya dari kami, itu bisa dilihat kok kisi-kisinya, tunggu saja,” kata Business Innovation and Sales & Marketing Director Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy dalam sesi peluncuran virtual BR-V bersama para wartawan, beberapa waktu lalu.

Walau tertutup kover, namun bisa diketahui bahwa desainnya kental dengan aura SUV. Tampak dari siluet roof rail dan bodi berotot. Bicara dimensi, sekilas terlihat kalau bodinya ringkas atau lebih pendek dari BR-V terbaru.

Dari situlah kami yakin, Honda siapkan SUV ringkas terbarunya. Kemungkinan dengan bodi mungil, mobil itu bakal berada di segmen yang sama dengan Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Baca juga  Jeep Wrangler Xtreme Recon, Pakai Ban Lebar 35 Inci

Ternyata gembar-gembor kehadiran SUV ringkas dari Honda bukan cuma ada di Indonesia. Sebut saja di India dan Jepang, kabar kemunculan mobil ini bahkan telah diberitakan oleh media sejak tahun lalu.

Kemungkinan Hadirnya Honda ZR-V

honda siapkan suv ringkas terbaru - zr-v
Hasil reka gambar Honda ZR-V dari media India

Menurut media India, Honda siapkan SUV ringkas terbaru untuk peluncuran akhir 2021 atau awal 2022. Kemungkinan mobil tersebut bakal bernama ZR-V.

Soal spesifikasi memang belum banyak terungkap jelas. Walau demikian, laman berita otomotif asal jepang, bestcarweb.jp punya prediksinya.

Dari sisi dimensi, sepertinya bakal memiliki panjang 4.100 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.600 mm. Lalu bicara performa mesin, menggendong kubikasi 1.000 cc VTEC turbo yang juga dipakai oleh City generasi lima yang ada di Thailand.

Jantung mekanisnya bisa melontarkan torsi puncak hingga 173 Nm pada 2.000-4.500 rpm dan tenaga maksimal 122 PS pada 5.500 rpm. Istimewa bukan?

Kalau benar performanya begitu hebat, maka ini merupakan SUV ringkas paling bertenaga. Pasalnya rival seperti Nissan Magnite, Toyota Raize, dan Daihatsu Rocky yang sudah meluncur duluan di Indonesia, tidak memiliki torsi dan tenaga sebesar itu.

Baca juga  Mercedes-Benz EQB, SUV Elektrik 7-Seater Terbaru!

Honda ZR-V juga dikatakan bakal memiliki pilihan mesin 1.500 cc hybrid dengan 2 motor elektrik. Nama lainnya adalah ZR-V e:HEV. Menarik?

Bicara fitur, sepertinya ZR-V tidak bakal jauh beda dari BR-V 2022. Honda Sensing siap hadir untuk varian tertingginya.

Semoga saja kemunculan mobil ini tidak lama lagi, supaya pasar SUV di Tanah Air semakin ramai. Kalau persaingan semakin ketat, tentunya akan lebih menarik pasar otomotif di dalam negeri.

Itulah tadi informasi soal Honda siapkan SUV ringkas terbaru bernama ZR-V. Untuk informasi terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru